... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

5 Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Membantu Aleppo

Foto: Jasad berserakan di Aleppo Timur

KIBLAT.NET Aleppo tubaad (حلب_تباد), itulah tagar yang menjadi trending topic di tanah Arab. Tagar itu berarti Aleppo sedang dibinasakan. Bagaimana tidak, dalam sebuah laporan yang dilansir oleh wartawan Al-Jazeera, saat ini rakyat Aleppo  timur hanya menduduki daerah seluas 5 kilometer persegi. Padahal jumlah mereka yang tersisa masih ribuan, bahkan puluhan ribu.

Mereka dibombardir oleh pasukan Rusia dari udara, sementara dari darat pasukan rezim dan milisi Syiah menyisir mereka pada setiap jengkal tanah Aleppo. Di dalam sebuah rekaman video yang dilansir Al-Jazeera terlihat seorang kakek dengan menyeru masyarakat dunia untuk mendengar rintihan mereka. Tak ada makanan, tak ada air dan tak ada apa-apa, begitu kata beliau. Belum lagi video yang menayangkan mayat penduduk Aleppo bergelimpangan di jalan-jalan.

Setiap mata yang memandang itu tentu sedih dan tesayat hatinya. Apalagi jika dia seorang muslim. Sudah selayaknya seorang muslim membantu saudaranya sesama muslim. Karena muslim itu bersaudara. Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu muslim Aleppo :

1. Berdoa

Doa adalah senjata terkuat seorang mukmin. Karena saat berdoa dia menyeru kepada Zat yang Maha Kuat dan Perkasa, Zat yang Maha berkehendak. Di dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa tidak ada yang mampu merubah takdir kecuali doa.

Saat kita sebagai muslim terkendala jarak dan keadaan untuk membantu secara langsung saudara kita di Aleppo, maka doa menjadi salah satu pilhan kita. Karena mendoakan saudara muslim adalah kewajiban bagi muslim lainnya. Terlebih jika yang didoakan dalam keadaan lemah dan terjepit.

Untaian doa yang mengetuk pintu langit, tetesan air mata, rintihan kesedihan di malam hari bisa  menjadi sarana diringankannya beban saudara Aleppo kita. Bukankah do’a seorang muslim bidzohril ghoib (tanpa diketahui) termasuk doa yang mustajab? Oleh karena itu, marilah kita senantiasa mendoakan saudara Aleppo kita di setiap kondisi mustajab.

BACA JUGA  Omnibus Law: Pesta Oligarki di Tengah Pandemi

2. Qunut nazilah
Qunut nazilah adalah doa qunut yang dilantunkan setelah ruku’ pada rekaat terakhir di lima waktu sholat. Qunut nazilah disunnahkan saat ada kaum muslimin yang tertimpa musibah. Rasulullah SAW pernah melakukan qunut nazilah mendoakan kehancuran kepada pembesar-pembesar Qurasiy. Qunut nazilah pada dasarnya masuk dalam keumuman doa, akan tetapi qunut nazilah disyariatkan jika ada sebab tertentu. Qunut nazilah biasanya berisi doa agar diangkatnya musibah dari umat Islam dan dihancurkannya musuh-usuh Islam.

Kondisi saudara Aleppo kita, sudah lebih dari cukup untuk membuat kita melakukan doa qunut di setiap masjid dan setiap waktu. Agar Allah menyegerakan kekalahan kepada para durjana dan menolong saudara Aleppo kita. Adalah Syaikh Salman Audah, Haiah kibarul ulama (Dewan ulama senior) Arab Saudi dan para ulama lainnya telah meyerukan kepada imam-imam masjid untuk melakukan qunut nazilah terhadap rakyat Aleppo.

3. Berinfak dan Menghimpun Dana

Umat Islam adalah umat yang dermawan. Hal ini merupakan teladan dari generasi awal kita. Sifat ini pulalah yang masih menghiasi umat Islam. Kita bisa saksikan bagaimana rakyat Suriah masih bertahan lewat donasi umat Islam dari seluruh penjuru bumi padahal mereka diperangi oleh Negara-negara besar dunia seperti Rusia, Amerika, Iran dan rezim Suriah sendiri.

Berinfak untuk mereka adalah bukti jujurya kepedulian. Terlebih rakyat Suriah, khususnya Aleppo amat sangat membutuhkan uluran tangan kita. Musim dingin, tak ada atap untuk berteduh, blokade yang berkepanjangan ditambah rumah sakit yang hancur lebur, cukup memberikan gambaran kepada kita akan sulitnya kondisi mereka. Mudah-mudahan dengan uluran tangan kita sedikit kesulitan mereka bisa terbantu.

Di samping donasi dari kantong pribadi, kita juga seharusnya melakukan gerakan penghimpunan dana untuk mereka. Baik itu dengan bekerja-sama dengan lembaga-lembaga kemanusiaan yang sudah terpercaya ataupun dengan turun ke lampu-lampu merah mengedarkan kardus donasi untuk mereka.

4. Menyebarkan Berita Tentang Aleppo

Kita hari ini berada di era sosial media. Tak jarang pula kita temui sebuah gerakan di dunia nyata bersumber dari dunia maya. Seperti revolusi Mesir yang menurunkan Husni Mubarak berawal dari dunia maya. Cukup dengan like, komentar  dan share.

BACA JUGA  Omnibus Law: Pesta Oligarki di Tengah Pandemi

Sejatinya hal itu juga bisa kita lakukan untuk membantu saudara kita di Aleppo. Yaitu dengan meng-like, mengomentari dan menyebarkan setiap berita tentang mereka di sosmed kita. Semakin banyak yang menyebar, maka opini masyarakat dunia akan terbentuk. Mudah-mudahan dengan semakin banyak umat yang tahu, semakin banyak juga doa yang teruntai dan semakin banyak pula hati yang tergerak untuk membantu mereka baik dengan jiwa maupun harta.

5. Melakukan Protes dan Aksi Solidaritas

Umat Islam satu tubuh. Jika yang satu merasakan sakit, maka yang lainnya akan ikut merasakan. Rasa sakit, sedih dan pilu yang dirasakan rakyat Suriah seharusnya juga kita rasakan di manapun kita berada. Di antara bentuk usaha yang bisa kita lakukan adalah melakukan protes kepada kedutaan Suriah yang ada di setiap Negara. Semoga dengan protes yang terus menerus dan di banyak tempat, bisa memmberikan tekanan kepada rezim Suriah agar menghentikan aksi blokade mereka terhadap rakyat Aleppo.

Di samping kedutaan Suriah, kedutaan Rusia dan Iran seharusnya juga menjadi sasaran protes. Karena negara-negara tersebut di atas memiliki andil besar dalam musibah yang menimpa Aleppo sat ini. Selain aksi protes, hal yang bisa kita lakukan lainnya adalah aksi solidaritas. Yang dengan aksi tersebut kita mengajak teman, saudara, kolega dan masyarakat untuk peduli terhadap bencana kemanusiaan yang menimpa Aleppo.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk saudara Aleppo kita. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa menjadi uzur di hadapan Allah nantinya saat kita ditanya tentang apa yang telh kita lakukan untuk saudara muslim Aleppo kita. Wallahu a’lam bissowab.

Penulis : Arju


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

4 comments on “5 Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Membantu Aleppo”

  1. niar

    Saya ingin menanyakan kbenaran tulisan. Bnarkah yg anda tulis itu “saat ini rakyat Aleppo timur hanya menduduki daerah seluas 5 meter persegi. Padahal jumlah mereka yang tersisa masih ribuan, bahkan puluhan ribu.” apa benar? Rasanya tempat hnya sluas 5m prsegi utk ribuan org agak aneh. Ini salah ketik ato bgaimna ya? Tlong utk britanya diprtanggungjwabkan. Jazakumullah

  2. Ridwan Abdurohim

    Marilah menaruh rasa peduli terhadap saudara kita rakyat Aleppo yang sedang dibinasakan oleh rezim yg tidak mempunyai rasa kemanusiaan, janganlah kita berdiam diri saja, perlihatkanlah kepedulian kita dengan 5 cara yang diatas,semoga Alloh Subhanahu Wata’ala tidak meridhoi tindakan anarkis mereka yang telah membantai rakyat Aleppo.

  3. Aisyah

    Baca yang teliti om… Itu 5km persegi…..

  4. Raiqah

    5km persegi……

    Teliti sebelum berkomentar

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Ada Kerjasama Internasional di Balik ‘Festival Kematian’ di Aleppo

Semua malapetaka itu terjadi atas restu dan dukungan Amerika. Aleppo merupakan salah satu peradaban tertua dan paling terkenal di dunia. Kota ini, yang dibangun sejak puluhan abad yang lalu, baru-baru ini mengalami penghancuran oleh tangan-tangan jahat yang kuat dari musuh umat manusia, dan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Rabu, 14/12/2016 18:34 0

Indonesia

Akhir Tahun 2016 Laznas BMH Gelar Rakernas XIII

Akhir tahun ini Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XIII di Depok pada Senin hingga Rabu (19-21/12/2016) mendatang.

Rabu, 14/12/2016 18:16 0

Indonesia

Soal Rohingya, Hasan Kleib: Reaksi Militer Myanmar Sudah Tak Wajar

Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri RI, Hasan Kleib mengatakan bahwa pembantaian oleh militer Myanmar terhadap Muslim Rohingya sudah jauh dari kewajaran.

Rabu, 14/12/2016 17:35 0

Suriah

Tak Sampai Sehari, Rezim Assad Rusak Gencatan Senjata di Aleppo

Hanya hitungan jam, rezim Assad dan Iran yang didukung milisi Syiah telah melanggar gencatan senjata di Aleppo Timur.

Rabu, 14/12/2016 16:50 0

Foto

Dari Eropa hingga Gaza, Aksi Protes atas Pembantaian di Aleppo Mengemuka

Penderitaan warga Aleppo turut dirasakan oleh mereka yang memiliki empati kemanusiaan tinggi. Sejumlah warga dari beberapa wilayah di dunia hari Selasa (13/12), menggelar aksi protes atas pembantaian yang dilakukan Rezim Assad dan sekutu-sekutunya

Rabu, 14/12/2016 16:35 1

Rohah

Menguji Kecerdasan Sahabat Ali

Ali menjawab, “Karena rakyatnya Abu Bakar ialah aku dan orang-orang yang semisal denganku, sementara rakyatku ialah kamu dan orang-orang yang semisal denganmu!”

Rabu, 14/12/2016 16:00 0

Turki

Turki Bangun 89 Pos Militer Baru di Perbatasan Iraq dan Suriah

Perbatasan Turki dan Suriah memanjang sejauh 900 km. Sejauh ini 66 pos militer baru di perbatasan Turki-Suriah telah dibangun.

Rabu, 14/12/2016 15:30 0

Indonesia

Pengamat Ungkap Sederet Kemunduran Jakarta di Bawah Pimpinan Ahok

Direktur Network for South East Asian Studies (NSEAS), Muchtar Effendi Harahap menegaskan bahwa DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok mengalami kemunduran dari berbagai aspek. Misalnya dari jumlah pengangguran meningkat, dan kemiskinan yang tidak berkurang.

Rabu, 14/12/2016 14:45 0

Arab Saudi

Grand Mufti Saudi Serukan Qunut Nazilah untuk Muslim Aleppo

Grand Mufti Kerajaan Saudi sekaligus Ketua Dewan Ulama Senior dan Departemen Penelitian dan Ifta Ilmiah, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syaikh, menyeru para imam-imam masjid untuk melakukan qunut nazilah mendoakan umat Islam yang terzalimi di Aleppo

Rabu, 14/12/2016 14:37 0

Suriah

Dewan Sipil: Pemandangan di Aleppo Timur Seperti “Neraka”

Dewan Pertahanan Sipil menggambarkan situasi di Aleppo Timur saat ini seperti "neraka". Mobil Ambulan tidak bisa mengevakuasi jasad warga dan pejuang yang bertebaran di jalan-jalan kota yang terkepung itu

Rabu, 14/12/2016 13:57 0

Close
CLOSE
CLOSE