... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

“Pertempuran Speaker” Antara ISIS dan Militer Irak di Mosul

KIBLAT.NET, Mosul – Pertempuran di kota Mosul antara Daulah Islamiyah (ISIS) dan pasukan nasional Irak yang didukung milisi Syiah masih terus bergulir. Ada fenomena unik di tengah sengitnya pertempuran kedua kekuatan ini.

Warga Mosul mengungkapkan, seperti dilansir Arabi21.com, Selasa (06/12), kedua pasukan tidak menghentikan pertempuran meskipun dalam masa-masa istirahat. Tentunya, perang yang meraka lakukan tidak menggunakan senjata namun dengan cara lain; pengeras suara atau speaker.

Pasukan ISIS menggunakan speaker masjid-masjid di wilayah yang dikuasai untuk menginformasikan operasi “bom bunuh diri” dan pertempuran. Di sisi lain, pasukan Irak melalui speaker di mobil-mobil militer dan markas mereka memutar lagu-lagu patriotik untuk memompa semangat tempur.

Maufiq Ali Al-Ubaydi, salah satu pengungsi dari lingkungan Al-Masharif di Mosul Utara, menuturkan bahwa seluruh warga bahkan pasukan keamanan mengetahui dekatnya serangan bom mobil yang dikemudian seorang pejuang ISIS melalui teriakan takbir yang menggema dari masjid-masjid yang dikontrol ISIS. Beberapa menit kemudian terdengar suara ledakan besar.

“Saya tidak mengetahui apakah ISIS berhasil mencapai sasaran atau tidak. Akan tetapi, kami yakin setiap ledakan seperti ini menghancurkan sejumlah rumah dan menimbulkan korban tewas,” ujarnya.

Di lain sisi, lanjut pria 45 tahun ini, militer Irak memutar keras lagu-lagu nasionalisme melalui speaker untuk membangkitkan semangat tempur pasukan. Dengan speaker itu, militer juga mengancam pasukan ISIS.

BACA JUGA  Pakar Jihadis Irak Tewas Ditembak Orang Misterius

Masjid-masjid di wilayah ISIS juga menyerukan warga untuk berjihad dan mendonorkan darah.

Menurut pengakuan warga, keselamatan mereka terancam akibat pertempuran sengit kedua kekuatan tersebut. Militer Irak dan ISIS tidak menghiraukan sipil dalam setiap operasi militer.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Arabi21.com


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on ““Pertempuran Speaker” Antara ISIS dan Militer Irak di Mosul”

  1. Andi Sardono

    Semoga umat Islam di Indonesia tahu bahwa kelompok ISIS dan kelompok radikalis lainnya adalah agen politik asing untuk memecah belah suatu bangsa dan menimbulkan kekacauan di sana – sini. So, kalau mengaku anti imperialis, anti kapitalis, ya jangan dukung dan jangan gabung kelompok ISIS dan semua kelompok radikalis itu.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Kisah Haru Member Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC): Hingga Bernafasnya Sang Buah Hati

“Bu, bayinya harus dirujuk ke rumah sakit. Peralatan medis di sana akan lebih lengkap,” kata bidan. Ia tak mengerti, tapi Lisnawati hanya mengangguk-angguk. Cara apa saja, tolong, yang penting putraku selamat...

Rabu, 07/12/2016 11:26 0

Indonesia

Ini 3 Ideologi Tandingan versi Kapolri untuk Memberantas Terorisme

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa penangkapan terhadap para terduga teroris belum tentu bisa menyelesaikan masalah terorisme di Indonesia. Menurutnya, perkembangan terorisme di Indonesia tak lepas dari penyebaran paham dan ideologi radikal. Tito mengatakan, pencegahan dan pemberantasan terorisme juga harus dibarengi dengan perlawanan terhadap penyebaran ideologi radikal. Artinya, radikalisme juga harus diperangi dengan ideologi tandingan.

Rabu, 07/12/2016 11:01 1

Indonesia

BMH Jatim Gelar Baksos untuk Korban Banjir Sungai Bengawan Solo

Baitul Mal Hidyatullah (BMH) Jawa Timur menggelar aksi bakti sosial untuk membantu korban banjir luapan sungai Bengawan Solo yang merendam kota Bojonegoro dan Tuban pekan ini

Rabu, 07/12/2016 08:13 0

Indonesia

Penyelesaian Kasus Ahok, Begini Janji Jaksa Agung

Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan bahwa pihak kejaksaan akan menangani kasus Ahok dengan benar. Artinya, sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selasa, 06/12/2016 18:45 0

Indonesia

Komisi III Minta Kejagung Gunakan Jaksa Terbaik dalam Kasus Ahok

Anggota Komisi III DPR RI, Abu Bakar Al-Habsy memandang saat ini masyarakat sedang menghadapi peristiwa yang tidak terlalu sulit penyelesaiannya. Yaitu penistaan agama oleh Ahok.

Selasa, 06/12/2016 18:02 0

Indonesia

Sebut Aksi Bela Islam terkait Politik, Pengamat Terorisme Diteriaki

Salah satu yang menjadi narasumber adalah pengamat terorisme, Nasir Abbas. Di tengah-tengah materinya, ia menyebut bahwa seluruh aksi damai yang dilakukan umat Islam Indonesia selama ini berhubungan dengan politik.

Selasa, 06/12/2016 15:26 0

Rohah

Debat Hebat Hakim dengan Khalifah

Kemudian Syuraik berkata, “Orang zindiq memiliki tiga ciri, yaitu meninggalkan shalat berjamaah, suka mendengar nyanyian, dan meminum minuman memabukkan.”

Selasa, 06/12/2016 14:10 0

Analisis

Trump Menarik Dukungan, Akankah Kelompok Oposisi “Moderat” Merapat ke Al-Qaidah dan Saudi?

Presiden terpilih AS, Donald Trump sejak diumumkan menang dalam pilpres yang lalu secara jelas menyatakan bahwa ia berniat akan mengubah kebijakan AS di Suriah.

Selasa, 06/12/2016 13:40 0

Indonesia

Silaturrahim Pasca 212, UBN: Allah Membuat Iri dan Menyesal Mereka yang Tidak Ikut Aksi

Shalawat dan Takbir selimuti ratusan orang yang hadir di dalam masjid. Tangis pilu dari para hadirin pun menetes ketika Ustadz Bachtiar membacakan shalawat atas Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.

Selasa, 06/12/2016 12:44 0

Video Kajian

Tips Menuntut Ilmu Ala Ibnu Abbas [Ust. Taqiyyudin, Lc.]

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki ataupun perempuan. Bahkan banyak sekali dalil-dalil syar’i yang menyatakan keutamaan menuntut ilmu

Selasa, 06/12/2016 10:04 0

Close