... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Peduli Derita Muslim Rohingya di Myanmar, Ini Aksi Murid SD Luqman Al-Hakim

KIBLAT.NET, Surabaya – Kaum Muslimin Rohingya kembali menuai tindakan tak berperikemanusiaan. Tindakan keji ini terulang kembali sejak Rabu, 16 November 2016. Tentara Myanmar melakukan pembakaran pada manusia tak berdosa tanpa ada belas kasihan, membantai wanita dan anak- anak.

Menyikapi terjadinnya umat Muslim Rohingnya Myanmar yang saat ini ditindas, salah satu sekolah dasar (SD) Luqman Al-Hakim, Surabaya, Jawa Timur turut berperan dalam penggalangan dana.

Syamsul Alam Jaga, Wakasek SD Luqman Al-Hakim yang dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya mengatakan, bahwa tujuan diadakan untuk melatih kepekaan sosial terhadap siswa-siswi, aplikasi pembelajaran, berempati suasana dengan sesama muslim dan peduli dengan bencana sosial.

“Event ini sebagai bentuk kepedulian dan faktor kemanusiaan, terutama kepada umat Muslim Rohingya yang saat ini membutuhkan pertolongan,” jelasnya, Selasa, (07/12/2016) di halaman bermain sekolah.

Dan sampai saat ini, ucap Syamsul, demikian beliau disapa, dana yang telah dihimpun mencapai Rp 17.623.000. Menurutnya, donasi ini akan diberikan kepada kaum Muslimin Rohingya.

lh2

Selain siswa/i, Majlis taklim Orang tua/Wali Murid ‘Az Zahrah’ dan Muslimat Hidayatullah (Mushida) Jawa Timur juga turut menyumbang.

“Donasi ini kami salurkan lewat Lembaga Amil Zakat Nasional, Baitul Maal Hidayatullah Jawa Timur yang terpercaya,” kata lelaki asal Sulawesi ini.

Sebagaimana diketahui dari berbagai informasi, terhitung 30 orang wanita dan kanak- kanak dikurung di sebuah bangunan. Kemudian mereka dibakar hidup-hidup. Kejadian tersebut tepatnya terjadi di Kampung yay Kahe Chaung Khwa Sone. Kampung tersebut terletak di sebelah utara Maungdaw.

BACA JUGA  Penghuni Lapas di Bali Terima Daging Kurban dari Pemuda Al Fath Tabanan

Hingga kini deretan korban tak terhitung lagi. Banyaknya etnis Rohingya berjatuhan tanpa alasan yang jelas. Dalam hal ini pembantaian terhadap kaum Rohingya termasuk genocida atau lebih dikenal dengan pembersihan etnis.

Sementara itu, Muhammad Fatih salah seorang siswa SD Luqman Al-Hakim mengungkapkan, ingin berbagi dengan sesama Muslim yang sedang dilanda kesusahan tersebut.

“Kami ingin berbagi dengan mereka supaya mereka tidak lagi kesusahan dengan musibah yang saat ini sedang dihadapi oleh mereka,” ujarnya.

 

Kiriman: Andre Rahmat
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Melihat Pemberitaan 212: Cerdas Membaca Ideologi, Menjadi Pembaca Digdaya

Pembingkaian media sangat terkait dengan ideologi media itu. Apa yang ditonjolkan, apa yang disembunyikan, akan menunjukkan posisi media dan ideologi media. Cara paling mudah ialah dengan melihat headline surat kabar nasional dan daerah. Headline adalah berita terpenting dan disimpan di halaman pertama. Halaman depan adalah etalase media cetak.

Rabu, 07/12/2016 19:51 0

Indonesia

Dalam 2 Hari, Petisi Boikot MetroTV Sudah Ditandatangani 85.000 Orang

Sebanyak 85.060 orang telah menandatangani petisi boikot Metro TV. Petisi yang baru dibuat pada Senin, (05/12) ini langsung menuai 80ribu dukungan hanya dalam satu hari.

Rabu, 07/12/2016 19:40 2

Indonesia

Beredar Petisi Ajakan Masyarakat untuk Boikot MetroTV

Setelah maraknya gelombang aksi bela Islam 411 dan 212, terjadi perang opini di tengah masyarakat. Sejumlah media gencar memberitakan aksi bela Islam dari berbagai sudut pandang. Namun, sejumlah media mainstream justeru mendapat kecaman dari masyarakat. Kini, beredar petisi untuk memboikot media seperti MetroTV.

Rabu, 07/12/2016 19:00 4

Iran

Oposisi Iran: Garda Revolusi Bangun Markas Komando di Aleppo

Dewan Nasional Perlawanan Nasional oposisi Iran mengatakan bahwa Garda Revolusi membangun markas komando di dekat kota Aleppo, Suriah.

Rabu, 07/12/2016 17:45 0

Suriah

Pesawat Iran Ramai di Damaskus, Diduga Membawa Alutsista

Aktivitas penerbangan di bandara Damaskus meningkat dalam dua pekan terakhir. Terutama penerbangan Iran, yang meningkat dua kali lipat.

Rabu, 07/12/2016 16:39 0

Indonesia

Panglima TNI Khawatir Dana Pemberantasan Terorisme Dibiayai Asing

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengungkapkan kekhawatirannya atas dana pemberantasan terorisme di Indonesia yang dibiayai oleh asing. Dan yang terbesar adalah dari Australia. "Terorisme di Indonesia anggaran paling besar masuknya dari Australia. Baru Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina," ungkapnya.

Rabu, 07/12/2016 16:19 0

Indonesia

HMI Akan Selidiki Dalang Pencatut Atributnya di ‘Parade Kita Indonesia’

Pengurus Besar Humpunan Mahasiswa Islam (PB-HMI) menyayangkan adanya massa Parade Kita Indonesia, pada Ahad (4/12/2016) di Car Free Day seputar kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang menggunakan atribut HMI secara ilegal.

Rabu, 07/12/2016 15:48 0

Indonesia

Komnas HAM: Masih Terjadi Pelanggaran dalam Penindakan Terorisme

Roichatul Aswidah menegaskan bahwa masih ada pelanggaran yang dilakukan aparat hukum dalam upaya penindakan terorisme.

Rabu, 07/12/2016 14:52 0

Indonesia

Video Amatir Sesaat Pasca Gempa Aceh

Aceh diguncang gempa pada Rabu (07/12) pukul 05.30 WIB. Gempa dirasakan kuat oleh warga, dan terasa di daerah Bireun, Sigli, dan pesisir Aceh bagian utara serta timur.

Rabu, 07/12/2016 14:23 0

Rohah

Kisah Si Penjilat Penguasa

Suatu hari Ibnu Qais Ar-Ruqyat mendatangi Abdullah bin Zubair. Ketika itu Abdullah bin Zubair menjabat sebagai gubernur Mekkah. Ibnu Qais berkata, “Berilah aku sebagian dari harta Allah.”

Rabu, 07/12/2016 13:30 0

Close