... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kuatkan SDM, Indonesia Siap Peran Aktif dalam ASEAN Logistics Connectivity

KIBLAT.NET, Yangon – ASEAN Federation of Forwarders Associations (AFFA) mengadakan konferensi dan Rapat Umum Tahunan AFFA yang ke 26 di Yangon, Myanmar pada tanggal 1-2 Desember 2016.

Pada rapat ini dibahas beberapa hal mengenai perkembangan implementasi national single window di masing-masing negara, dan langkah-langkah organisasi yang akan diambil oleh AFFA sebagai entitas dibawah naungan ASEAN yang beranggotakan sepuluh negara ASEAN di dalam menghadapi “ASEAN connectivity toward 2025”.

Dalam rapat tahunan terpilih Chairman AFFA yang baru periode 2016-2018, Yukki Nugrahawan Hanafi, yang juga merupakan Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI). Yukki menyatakan Indonesia ke depannya akan lebih aktif dan berkontribusi untuk ASEAN Logistics Connectivity.

“Dengan adanya pertemuan ini, kami terus berkomitmen untuk menjadi bagian dari yang berkontribusi pada ASEAN Logistics Connectivity. ASEAN merupakan wilayah regional yang memiliki potensi perdagangan mendekati 1 triliun dollar AS sepanjang 2007-2014. Dan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi besar di ASEAN dengan populasi lebih dari sepertiga dari negara-negara ASEAN punya peran penting di dalam persiapan dan perkembangan ASEAN kedepan,” kata Yukki di Yangon, Myanmar.

Dari segi kemudahan dalam melakukan bisnis, Indonesia berada di rangking ke 91, dibandingkan Vietnamm(82), Brunei Darussalam (72), Thailand (46) dan Malaysia (23). Hal ini juga menjadi tambahan keprihatinan pelaku bisnis logistik, seiring dengan turunnya sepuluh peringkat Logistics Performance Indeks (LPI) Indonesia menjadi ke 63 di tahun 2016.

BACA JUGA  Pengakuan Tentara Myanmar: Kami Diperintah Membunuh Muslim Rohingya

“Perlu digarisbawahi juga bahwa sebagai negara yang sudah melakukan inisiatif implementasi national single window sejak 2007, perkembangan nya masih tertinggal jauh dari Singapore, Thailand bahkan Myanmar. Perbaikan akan hal ini perlu kerjasama semua pihak, baik pemerintah maupun pelaku usaha agar efektifitas dan efisiensi di dalam menekan logistik biaya tinggi dapat terwujud,” ujar Yukki.

Lebih lanjut, Yukki menjelaskan, sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci dari kesiapan ASEAN menghadapi tantangan dalam bisnis khususnya di bidang logistik. Untuk itu, AFFA berkomitmen membuat institusi pendidikan dan pelatihan SDM berstandar ASEAN.

“AFFA juga melihat sumber daya manusia (SDM) sebagai hal kunci dalam kesiapan ASEAN menghadapi tantangan kedepan, khususnya SDM di bidang logistik. Oleh karena itu di dalam rapat kali ini ditetapkan bahwa AFFA akan membuat institusi pendidikan dan pelatihan SDM logistik yang berstandard ASEAN sebagai tahap berikutnya setelah pembahasan anggota AFFA lebih dari sepuluh tahun,” imbuhnya.

Dalam hal ini, sambung Yukki Indonesia patut bangga, pasalnya, ALFI menjadi satu-satunya asosiasi logistic dan forwarder yang memiliki perhatian khusus dalam peningkatan kualitas SDM.

“Indonesia patut berbangga, bahwa ALFI sebagai satu-satunya asosiasi logistik dan forwarder di Indonesia telah melihat pentingnya peningkatan kualitas SDM dengan berdirinya ALFI Institute sejak tahun 1999,” tutup Yukki.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Kisah Haru Member Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC): Hingga Bernafasnya Sang Buah Hati

“Bu, bayinya harus dirujuk ke rumah sakit. Peralatan medis di sana akan lebih lengkap,” kata bidan. Ia tak mengerti, tapi Lisnawati hanya mengangguk-angguk. Cara apa saja, tolong, yang penting putraku selamat...

Rabu, 07/12/2016 11:26 0

Indonesia

Ini 3 Ideologi Tandingan versi Kapolri untuk Memberantas Terorisme

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa penangkapan terhadap para terduga teroris belum tentu bisa menyelesaikan masalah terorisme di Indonesia. Menurutnya, perkembangan terorisme di Indonesia tak lepas dari penyebaran paham dan ideologi radikal. Tito mengatakan, pencegahan dan pemberantasan terorisme juga harus dibarengi dengan perlawanan terhadap penyebaran ideologi radikal. Artinya, radikalisme juga harus diperangi dengan ideologi tandingan.

Rabu, 07/12/2016 11:01 1

Indonesia

BMH Jatim Gelar Baksos untuk Korban Banjir Sungai Bengawan Solo

Baitul Mal Hidyatullah (BMH) Jawa Timur menggelar aksi bakti sosial untuk membantu korban banjir luapan sungai Bengawan Solo yang merendam kota Bojonegoro dan Tuban pekan ini

Rabu, 07/12/2016 08:13 0

Indonesia

Penyelesaian Kasus Ahok, Begini Janji Jaksa Agung

Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan bahwa pihak kejaksaan akan menangani kasus Ahok dengan benar. Artinya, sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selasa, 06/12/2016 18:45 0

Indonesia

Komisi III Minta Kejagung Gunakan Jaksa Terbaik dalam Kasus Ahok

Anggota Komisi III DPR RI, Abu Bakar Al-Habsy memandang saat ini masyarakat sedang menghadapi peristiwa yang tidak terlalu sulit penyelesaiannya. Yaitu penistaan agama oleh Ahok.

Selasa, 06/12/2016 18:02 0

Indonesia

Sebut Aksi Bela Islam terkait Politik, Pengamat Terorisme Diteriaki

Salah satu yang menjadi narasumber adalah pengamat terorisme, Nasir Abbas. Di tengah-tengah materinya, ia menyebut bahwa seluruh aksi damai yang dilakukan umat Islam Indonesia selama ini berhubungan dengan politik.

Selasa, 06/12/2016 15:26 0

Rohah

Debat Hebat Hakim dengan Khalifah

Kemudian Syuraik berkata, “Orang zindiq memiliki tiga ciri, yaitu meninggalkan shalat berjamaah, suka mendengar nyanyian, dan meminum minuman memabukkan.”

Selasa, 06/12/2016 14:10 0

Analisis

Trump Menarik Dukungan, Akankah Kelompok Oposisi “Moderat” Merapat ke Al-Qaidah dan Saudi?

Presiden terpilih AS, Donald Trump sejak diumumkan menang dalam pilpres yang lalu secara jelas menyatakan bahwa ia berniat akan mengubah kebijakan AS di Suriah.

Selasa, 06/12/2016 13:40 0

Indonesia

Silaturrahim Pasca 212, UBN: Allah Membuat Iri dan Menyesal Mereka yang Tidak Ikut Aksi

Shalawat dan Takbir selimuti ratusan orang yang hadir di dalam masjid. Tangis pilu dari para hadirin pun menetes ketika Ustadz Bachtiar membacakan shalawat atas Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.

Selasa, 06/12/2016 12:44 0

Video Kajian

Tips Menuntut Ilmu Ala Ibnu Abbas [Ust. Taqiyyudin, Lc.]

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki ataupun perempuan. Bahkan banyak sekali dalil-dalil syar’i yang menyatakan keutamaan menuntut ilmu

Selasa, 06/12/2016 10:04 0

Close