... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

BMH Jatim Gelar Baksos untuk Korban Banjir Sungai Bengawan Solo

KIBLAT.NET, Tuban – Baitul Mal Hidyatullah (BMH) Jawa Timur menggelar aksi bakti sosial untuk membantu korban banjir luapan sungai Bengawan Solo yang merendam kota Tuban pekan ini. Dilaporkan lima ribu lebih rumah warga terendam akibat bencana ini.

“Kegiatan ini diadakan dalam rangka menanggulangi kondisi terpuruk akibat banjir,” kata Andi, Manajer Gerai Tuban, BMH Jatim, Senin (05/12/2016) kemaren, dalam rilisnya kepada Kiblat.net.

“Selian itu kehadiran BMH untuk meringankan beban korban banjir,” tambah lelaki kelahiran Bojonegoro ini.

Baksos ini sendiri dilaksanakan di Dusun Sugihan, Ds. Sumberejo, kec. Rengel Kab. Tuban. Bantuan yang diberikan berupa makanan pokok dan mie instan.

Meski bantuan yang diberikan tidak seberapa, warga menyambut bahagia pelaksanaan baksos ini. Banjir yang melanda telah menghalangi warga melakukan aktivitas mencari nafkah.

“Terima kasih kepada BMH Tuban yang sudah berkenan turut berkontribusi dalam membantu meringankan beban korban banjir,” ujar salah satu korban banjir di wilayah Tuban.

Hujan deras yang merata di bagian hulu dan tengah sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah dan Jawa Timur berdampak pada naiknya debit air hingga menyebabkan banjir. Sebanyak 6.979 rumah di Bojonegoro dan Tuban dikabarkan terendam banjir yang melanda sejak 29 November belum lama ini.

Diketahui, Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Selain itu, Bengawan dalam bahasa Jawa berarti sungai yang besar. Sungai ini panjangnya sekitar 548,53 km.

BACA JUGA  Via Telepon, Jokowi Ucapkan Selamat Idul Adha ke Erdogan

Luapan Sungai Bengawan Solo juga telah menyebabkan banjir di wilayah kabupaten Tuban sejak 26 November lalu dan menyebabkan 3.569 rumah tergenang banjir, jalan tergenang sejauh 61.065 meter, dan lahan pertanian terendam seluas 2.111 hektar.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Rilis Laporan Tak Sesuai Keinginan AS, Seluruh Staf PBB Akan Diusir

Selama 15 tahun perang di Afghanistan, pernyataan-pernyataan yang dirilis Pentagon tidak pernah sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

Rabu, 07/12/2016 07:50 0

Suriah

Misi di Suriah, Dua Kali Jet Tempur Rusia Jatuh Akibat Gagal Mendarat

Jet tempur Rusia Sukhoi 33 kembali jatuh saat berusaha mendarat di kapal induk "Admiral Kuznetsov" di Laut Mediterania, Ahad (05/12).

Selasa, 06/12/2016 16:13 0

Arab Saudi

Mengungkap Tragedi Aleppo, Inilah Penuturan Syaikh Al-Arifi

Pernyataan ini muncul sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi penduduk Aleppo yang saat ini terus menerus digempur Rezim Alawiyah Bashar Assad dan sekutunya.

Selasa, 06/12/2016 14:45 0

Rohah

Debat Hebat Hakim dengan Khalifah

Kemudian Syuraik berkata, “Orang zindiq memiliki tiga ciri, yaitu meninggalkan shalat berjamaah, suka mendengar nyanyian, dan meminum minuman memabukkan.”

Selasa, 06/12/2016 14:10 0

Analisis

Trump Menarik Dukungan, Akankah Kelompok Oposisi “Moderat” Merapat ke Al-Qaidah dan Saudi?

Presiden terpilih AS, Donald Trump sejak diumumkan menang dalam pilpres yang lalu secara jelas menyatakan bahwa ia berniat akan mengubah kebijakan AS di Suriah.

Selasa, 06/12/2016 13:40 0

Suriah

ISIS Tunjuk Pengganti Abu Muhammad Al-Adnani

aulah Islamiyah atau lebih dikenal ISIS, Senin (05/12), untuk pertama kalinya mengumumkan juru bicara baru sepeninggal Abu Muhammad Al-Adnani

Selasa, 06/12/2016 11:41 0

Suriah

Ini Penjelasan Fath Al-Syam Soal Penyerbuan Gudang Senjata Faksi Lain di Aleppo Timur

Jabhah Fath Al-Syam memberi penjelasan terkait tuduhan penyerangan gudang senjata faksi Jaisyul Islam dan Faylaq Al-Syam di Aleppo Timur yang terkepung

Selasa, 06/12/2016 10:49 0

Video Kajian

Tips Menuntut Ilmu Ala Ibnu Abbas [Ust. Taqiyyudin, Lc.]

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki ataupun perempuan. Bahkan banyak sekali dalil-dalil syar’i yang menyatakan keutamaan menuntut ilmu

Selasa, 06/12/2016 10:04 0

Wilayah Lain

Djibouti Izinkan Saudi Bangun Pangkalan Militer di Wilayahnya

Menteri Luar Negeri Djibouti Mahmoud Ali Youssouf menyambut kehadiran militer Saudi di wilayah negaranya.

Selasa, 06/12/2016 09:46 0

Rusia

Dua Dokter Militer Rusia Tewas di Aleppo

Departemen Pertahanan Rusia mengumuman, Senin (05/12), dua dokter militernya tewas dan sejumlah lainnya luka-luka akibat serangan oposisi Suriah yang menargetkan "rumah sakit lapangan militer" di Aleppo.

Selasa, 06/12/2016 08:41 0

Close