... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Trump Menarik Dukungan, Akankah Kelompok Oposisi “Moderat” Merapat ke Al-Qaidah dan Saudi?

Foto: Oposisi Suriah

KIBLAT.NET, Washington – Presiden terpilih AS, Donald Trump sejak diumumkan menang dalam pilpres yang lalu secara jelas menyatakan bahwa ia berniat akan mengubah kebijakan AS di Suriah. Menurutnya, pemerintah mendatang sangat berharap untuk bisa mengakhiri program CIA dalam melatih dan mempersenjatai kelompok-kelompok oposisi “moderat”. Trump mengatakan, AS tidak tahu siapa sebenarnya kelompok-kelompok “moderat” itu, dan memilih untuk fokus memerangi ISIS.

Di Suriah, kelompok oposisi juga telah mendengar mengenahi rencana kebijakan tersebut bahwa kemungkinan mereka akan kehilangan dukungan Amerika melalui CIA, yang selama ini membuat mereka setidaknya menjadi eksis dan relevan dalam perang sipil di Suriah. Oleh karena itu, disinyalir kelompok-kelompok “moderat” saat ini mulai berpaling ke Arab Saudi, termasuk bahkan ada yang berpaling dan mendekati al-Qaidah.

Selama ini pula, meskipun AS menganggap kelompok-kelompok tersebut sebagai “moderat”, faktanya sebagian besar mereka sangat dekat dengan al-Qaidah. Beberapa elemen FSA bahkan bertindak lebih dari sekedar sayap/pasukan pendukung al-Qaidah, yaitu JN yang kini berubah menjadi JFS, dengan cara menyalurkan senjata-senjata dari AS ke kelompok-kelompok “moderat” hingga Islamis.

Dalam perspektif CIA sendiri, hal itu bukan masalah yang besar, mengingat mereka juga berkepentingan supaya perang akan berlangsung terus menerus. Demikian juga (kemungkinan) hal itu tidak mengkhawatirkan bagi Arab Saudi, karena mereka menganggap Suriah sebagai arena perang proksi melawan Syiah Iran.

BACA JUGA  Peran Mufti Saudi dalam Bangkitnya Islamis di Turki

Namun demikian, ada pertanyaan besar seberapa jauh langkah tersebut akan mampu membuat perubahan bagi kelompok-kelompok ex-dukungan Amerika, mengingat CIA lah yang selama ini menyelundupkan senjata dari Arab Saudi untuk mereka, dan di waktu yang sama mereka sudah sedemikian dekat dengan al-Qaidah.

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: Antiwar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Silaturrahim Pasca 212, UBN: Allah Membuat Iri dan Menyesal Mereka yang Tidak Ikut Aksi

Shalawat dan Takbir selimuti ratusan orang yang hadir di dalam masjid. Tangis pilu dari para hadirin pun menetes ketika Ustadz Bachtiar membacakan shalawat atas Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam.

Selasa, 06/12/2016 12:44 0

Suriah

ISIS Tunjuk Pengganti Abu Muhammad Al-Adnani

aulah Islamiyah atau lebih dikenal ISIS, Senin (05/12), untuk pertama kalinya mengumumkan juru bicara baru sepeninggal Abu Muhammad Al-Adnani

Selasa, 06/12/2016 11:41 0

Suriah

Ini Penjelasan Fath Al-Syam Soal Penyerbuan Gudang Senjata Faksi Lain di Aleppo Timur

Jabhah Fath Al-Syam memberi penjelasan terkait tuduhan penyerangan gudang senjata faksi Jaisyul Islam dan Faylaq Al-Syam di Aleppo Timur yang terkepung

Selasa, 06/12/2016 10:49 0

Video Kajian

Tips Menuntut Ilmu Ala Ibnu Abbas [Ust. Taqiyyudin, Lc.]

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki ataupun perempuan. Bahkan banyak sekali dalil-dalil syar’i yang menyatakan keutamaan menuntut ilmu

Selasa, 06/12/2016 10:04 0

Wilayah Lain

Djibouti Izinkan Saudi Bangun Pangkalan Militer di Wilayahnya

Menteri Luar Negeri Djibouti Mahmoud Ali Youssouf menyambut kehadiran militer Saudi di wilayah negaranya.

Selasa, 06/12/2016 09:46 0

Rusia

Dua Dokter Militer Rusia Tewas di Aleppo

Departemen Pertahanan Rusia mengumuman, Senin (05/12), dua dokter militernya tewas dan sejumlah lainnya luka-luka akibat serangan oposisi Suriah yang menargetkan "rumah sakit lapangan militer" di Aleppo.

Selasa, 06/12/2016 08:41 0

Suriah

Rusia Ancam Perlakukan Oposisi yang Bertahan di Aleppo Timur Seperti Teroris

Rusia kembali menggunakan kekuatan diplomasinya untuk mengeluarkan para pejuang Suriah dari Aleppo Timur, yang terkepung.

Selasa, 06/12/2016 07:58 0

Indonesia

Koordinator Tim Medis: Aksi 212 Menyatukan Dokter Se-Nusantara

Aksi 212 mewujudkan hubungan persaudaraan antar dokter se-Nusantara. Demikian yang diungkapkan dr. Sholeh selaku koordinator Tim Medis Aksi Bela Islam III pada Jum'at 2 Desember lalu.

Senin, 05/12/2016 21:00 0

Indonesia

Jelang Persidangan Kasus Ahok, Pemuda Muhammadiyah Surati Komisi Yudisial

"Pesan utamanya tentu adalah memastikan proses peradilan tidak terjadi akrobat hukum, terutama di kejaksaan"

Senin, 05/12/2016 20:14 0

Afghanistan

Amerika Masih Khawatirkan Aktivitas Jaringan Haqqani

Haqqani beroperasi di Afghanistan Timur khususnya di daerah Paktia dan meluas ke daerah lain, seperti Wardak (merupakan salah satu dari 34 buah wilayah di Afghanistan). Gerakan ini hanya membatasi wilayah operasinya di dalam Pakistan dan Afghanistan.

Senin, 05/12/2016 18:40 0

Close