... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rusia Minta Penjelasan Erdogan soal Pernyataan Mengakhiri Rezim Assad

Foto: Juru bicara Rusia, Dmitry Peskov

KIBLAT.NET, Moskow – Rusia meminta penjelasan dari Erdogan atas pernyataannya terkait tujuan masuknya pasukan Turki ke Suriah.

Dalam pidatonya hari Selasa lalu, Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pasukannya di Suriah untuk mengakhiri Rezim Assad. Selain itu, ia juga mengkritik keras atas kegagalan PBB di Suriah.

“Kami ada untuk membawa keadilan. Kami ada untuk mengakhiri kekuasaan kejam Assad, yang telah menyebarkan teror negara,” kata Erdogan.

Juru bicara Rusia, Dmitry Peskov, Rabu (30/11), mengatakan bahwa pernyataan itu telah sampai ke telinga pemerintahnya.

“Ini adalah pernyataan yang sangat serius, hal yang berbeda dengan yang sebelumnya, dan dengan pemahaman kami atas situasi yang terjadi. Kami berharap bahwa mitra kami Turki akan memberikan kita semacam penjelasan tentang hal ini,” ujarnya melanjutkan.

Tentara Turki memasuki Suriah pada 24 Agustus dan meluncurkan operasi Efrat Shield. Turki mengerahkan pasukan darat dan kekuatan udara ke bagian utara negara tetangganya, untuk merebut kembali daerah-daerah yang dikuasai ISIS.

Pasukan Ankara juga bertujuan untuk menekan pasukan Kurdi di Suriah dan mencegah mereka untuk menggabungkan tiga wilayah otonomi Kurdi, yang salah satunya berada di selatan Turki yang berbatasan dengan Suriah.

Pada bulan Oktober, angkatan udara Turki menewaskan antara 160 dan 200 pejuang dari kelompok milisi YPG Kurdi dalam 26 serangan udara yang dilakukan hanya dalam satu malam. Kampanye militer Turki di Suriah juga telah menyebabkan hubungan dengan pemerintah Assad semakin tegang.

Ankara terpaksa menghentikan dukungan udara untuk serangan darat ke Suriah pada 22 Oktober, setelah Damaskus mengancam akan menembak jatuh jet Turki di langit Suriah. Sementara itu, pasukan Suriah dilaporkan telah menyerang pasukan Turki di provinsi Aleppo utara, sehingga 3 tentara terbunuh.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Middle East Eye

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

PO. Bus Tiba-tiba Membatalkan, Massa Aksi Bela Islam III Lampung Berangkat Naik Angkot

Dia menjelaskan massa perwakilan Lampung tercatat sebanyak 1.500 orang. Rencananya pemberangkatan sudah tersusun rapi, namun kondisi berubah 180 derajat akibatnya pemberangkatan sedikit terhambat. Akhirnya panitia menyediakan solusi rute pemberangkatan lain.

Kamis, 01/12/2016 12:56 0

Indonesia

Pakai Dana Pribadi, Puluhan Ribu Kader Persis Siap Merapat ke Jakarta

Persatuan Islam (Persis) menyatakan akan mengerahkan puluhan ribu warganya, terutama yang di daerah, untuk ikut Aksi Bela Islam III di Jakarta, Jumat (02/12/2016) besok.

Kamis, 01/12/2016 12:00 0

Indonesia

Dikunjungi Jokowi, Pemuda Muhammadiyah Tuntut Ahok Ditahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi aktivis muda Muhammadiyah dalam acara Penutupan Tanwir I Pemuda Muhammadiyah.

Kamis, 01/12/2016 11:20 0

Indonesia

Kornas ADK Serukan Aktivis Dakwah Kampus Ikut Aksi 212

Ketua Koordinator Nasional Alumni Dakwah Kampus (Kornas ADK), Bayu Adi Permana mengatakan, pihaknya menyerukan kepada aktivis dakwah kampus berbagai angkatan dan daerah untuk turut bergabung dalam Aksi Bela Islam III, Jumat (02/11/2016) besok.

Kamis, 01/12/2016 11:10 0

Video News

Long March Ciamis-Jakarta Menuju Aksi 212

Rombongan long march aksi damai bela Islam jilid 3 yang berangkat dari Ciamis sejak Senin 28 Nopember lalu tiba di Bandung pada Rabu 30 Nopember.

Kamis, 01/12/2016 09:59 0

Indonesia

Puluhan Ribu Anggota Persis Siap Turun Untuk Aksi 212, Besok Pagi

KIBLAT.NET – Ormas Persatuan Islam (Persis), akan mengerahkan puluhan ribu massa pada Aksi Bela Islam...

Kamis, 01/12/2016 05:54 0

Indonesia

Persis Siapkan 2000 Relawan Kebersihan Untuk Aksi Bela Islam III

KIBLAT.NET – Forum Gerakan Kader Muda Persatuan Islam (FGKM-PI) menyatakan akan menyiapkan 2000 santrinya untuk...

Kamis, 01/12/2016 05:46 0

Indonesia

Dunia Usaha Ingin Kasus Ahok Segera Tuntas

KIBLAT.NET – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Rosan P. Roeslani berharap, kasus penistaan...

Kamis, 01/12/2016 05:35 0

Rohah

Ketika Seorang Pemimpin Ditinggalkan Rakyatnya

Semua orang berkumpul pada Abdullah bin Mubarak. Istri Harun Ar-Rasyid lalu berkata sambil melihat pemandangan tersebut dari atas istana, “Demi Allah, itulah kerajaan yang sebenarnya, bukan kerajaan Harun yang mengumpulkan manusia dengan cambuk dan pedang.”

Rabu, 30/11/2016 17:30 0

Profil

Mengenal Pendiri Jaringan Haqqani, Maulawi Jalaluddin Haqqani

Dalam edisi ini, akan kita bahas bersama lebih dalam, sebenarnya siapa Jalaluddin Haqqani, sang pemrakarsa JH. Tokoh ini disebut-sebut sejajar kedudukannya dengan syaikh Usamah bin Ladin rahimahullah dan syaikh Aiman Adz-Dzawahiri hafidhahullah. Sepak terjangnya di dunia jihad dikenal sebagai komandan, analis utama dalam gerakan Taliban.

Rabu, 30/11/2016 17:00 0

Close