... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Hukum Menggunakan Wifi Milik Orang Lain Tanpa Izin

Foto: Menggunakan wifi

Pertanyaan :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Redaksi Kiblat.net, Zaman ini kita tidak lepas dari internet, nah di antara bentuk layanan akses internet adalah via wifi.Tterkadang kita menemukan wifi yang bisa diakses tanpa password. Bagaimana hukum menggunakan wifi milik orang lain tanpa seizin dari si pemilik? Jazakumullah khairan.

Jawaban :

Waalaikum salam warhmatullahi wabarakatuhu.

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, saya mau mengapresiasi dulu pertanyaan di atas. Karena kita mendapati sebagian orang begitu mudahnya dan tanpa pikir panjang memanfaatkan wifi orang lain. Pertanyaan tersebut adalah bentuk kehati-hatian seorang muslim terhadap apa yang dia gunakan dan manfaatkan. Di dalam sebuah hadits :

ثم ذكر الرجل يطيل السفر أشعث أغبر يمد يده إلى السماء : يا رب ! يا رب ! ومطعمه حرام ومشربه حرام وملبسه حرام وغذي بالحرام فأنى يستجاب له

Artinya : “…..Kemudian disebutkan seorang lelaki yang melakukan perjalanan panjang, rambutnya kusut masai dan berdebu dia menengadahkan tangannya ke langit sembari berkata, “Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku.” Sementara makanan yang ia makan haram, minumannya haram, pakaian yang dikenakannya haram dan dia memberi makan dengan yang haram, bagaiman mungkin akan diijabahi doanya?.” (HR Muslim)

Terkait dengan pertanyaan di atas, maka yang perlu kita kaji dahulu adalah status wifi tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat seseorang ingin mendapatkan akses internet maka dia perlu membeli layanan dari penyedia layanan. Di sini terjadi proses jual beli, yang konsekuensinya adalah si penyewa berhak memiliki layanan yang dia beli sesuai dengan ketentuan yang disepekati. Terjadi di sini “intiqolul milkiyyah” (perpindahan kepemilikan).

BACA JUGA  Mungkinkah Wanita Haid Mendapati Keutamaan Malam Lailatul Qadar?

Jika itu sudah menjadi milik seseorang maka yang berlaku adalah dalil-dalil di bawah ini :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian memakan harta sesame kalian secara batil. Kecuali (kalian memakannya) lewat jual beli yang dilandasi keridhoan sesame kalian.” (QS An Nisa’ : 29)

Hadit nabi SAW :

كل المسلم على المسلم حرام دمه وماله وعرضه

Artinya : “Setiap muslim atas muslim yang lainnya terjaga darahnya, hartanya dan kehormatannya.” (HR Muslim)

لا يحل مال امرئ مسلم إلا بطيب نفس

Artinya : “Tidaklah halal harta seorang muslim kecuali dengan kerelaan hatinya.” (HR Ahmad, dan dishohihkan oleh syaikh Albani)

Dalil-dalil di atas menjelaskan terjaganya harta seorang muslim. Oleh karena ini tidak boleh bagi muslim lainnya untuk mengambil dan memanfaatkannya tanpa seizin dari si pemilik barang.  Hal yang sama berlaku terhadap wifi milik orang lain. Karena bisa saja dengan menggunakan wifi orang lain tanpa izin akan menzalimi si pemilik wifi. Bisa beruba melambatnya kecepatan akses atau habisnya kuota yang dimiliki.

Lantas, bagimana jika wifi tersebut tidak dipasang password?

Syaikh Muhammad Sholih Al Munajjid dalam sebuah fatwanya (di sini) menjelaskan bahwa baik wifi tersebut dipassword ataupun tidak tetap saja terlarang. Karena itu termasuk dalam keumuman larangan memanfaatkan harta orang lain kecuali setelah mendapat izin.

BACA JUGA  Mungkinkah Wanita Haid Mendapati Keutamaan Malam Lailatul Qadar?

Adapun menantu Syaikh Utsaimin, yaitu Syaikh Kholid Al Mushlih berpendapat (di sini) bahwa jika wifi tersebut terbuka tanpa password, maka diperbolehkan untuk menggunakannya. Beliau meng-qiyaskannya dengan seseorang yang menghidupkan lampu. Jika cahaya lampunya sampai keluar rumah, kemudian ada orang lain yang membaca buku memanfaatkan cahaya yang keluar rumah tadi maka, hal itu tidak mengapa.

Beliau memandang bahwa seseorang yang tidak mengunci wifi-nya dengan password itu maknanya dia memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan wifi yang dia miliki. Karena jika dia ingin mengaksesnya secara pribadi dan terbatas maka seharusnya dikunci dengan password.

Wallahu a’lam bisshowab

Dijawab oleh : Miftahul Ihsan

 

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Poso: Ribuan Orang Diperkirakan Hadiri Bedah Buku “Inikah Al Mahdi yang Dijanjikan”

KIBLAT.NET – Poso: Ribuan orang diperkirakan hadiri bedah buku “Inikah Al Mahdi yang Dijanjikan”. Acara...

Ahad, 27/11/2016 06:03 0

Indonesia

Menjelang 212, Pagi Ini 70 Ormas Islam Jatim Turun Jalan Untuk Aksi Bela Islam

KIBLAT.NET—Diperkirakan 10.000 umat Islam Jawa Timur yang berasal dari 70 ormas dan elemen kelompok Islam...

Ahad, 27/11/2016 05:38 0

Indonesia

Dinilai Provokatif, Polisi Tangkap Pengunggah Foto “Rush Money”

KIBLAT.NET – Seorang guru berinisial AR (31 tahun), ditangkap oleh Penyidik Cyber Crime Bareskrim Polri...

Ahad, 27/11/2016 05:20 0

Iran

Iran Kembali Izinkan Rusia Gunakan Pangkalan Udaranya untuk Misi di Suriah

Menteri Pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Hossein Dehghan, mengatakan pada Sabtu (26/11) bahwa Iran akan mengizinkan Rusia menggunakan pangkalan udara Hamadan di Iran untuk membantu rezim Assad. Di sisi lain, Teheran juga tengah membahas pembelian alutsista Rusia, termasuk jet tempur Sukhoi 30.

Sabtu, 26/11/2016 19:38 0

Asia

Tak Hanya di Indonesia, Protes atas Genosida Rohingya Juga Ada di Berbagai Belahan Dunia

Ribuan orang berunjuk rasa di kedutaan Myanmar di 16 negara di seluruh dunia Jum'at kemarin (25/11). Mereka menuntut pemerintah Aung San Suu Kyi menghentikan aksi genosida terhadap Muslim Rohingya di Rakhine, wilayah barat Negara.

Sabtu, 26/11/2016 18:55 0

Indonesia

Umat Islam Desak Jokowi Akhiri Hubungan Diplomatik dengan Myanmar

Selain mengutuk keras tindakan militer dan pemerintah Myanmar yang terus melakukan pembantaian hingga saat ini, massa mengajukan beberapa tuntutan kepada pemerintah Indonesia, PBB, dan Komite Nobel Internasional.

Sabtu, 26/11/2016 16:58 1

Analisis

Kalah Pengaruh di Media Sosial, AS Gunakan Drone Targetkan Anggota ISIS

Sampai saat ini, AS masih konsisten menggunakan istilah “ISIS” sebagai sebuah diksi yang mewakili dan mencakup semua entitas dan kelompok-kelompok jihadis manapun di seluruh dunia.

Sabtu, 26/11/2016 16:19 0

Palestina

Hampir Sepekan, Kobaran Api Besar di Israel Masih Terjadi

Kebakaran besar yang melanda wilayah Israel masih belum padam hingga hari ke enam sejak Senin malam lalu. Api menjalar ke wilayah pemukiman Halamish, sebelah barat Ramallah pada Sabtu pagi (26/11).

Sabtu, 26/11/2016 15:47 1

Indonesia

50.000 Warga Solo Raya Dilaporkan Akan Ikut Aksi Bela Islam III

Menurut informasi yang didapat LUIS, 50 ribu orang siap mengikuti aksi pada 2 Desember tersebut.

Sabtu, 26/11/2016 15:14 0

News

Bus Solo-Jakarta Penuh 2 Desember, LUIS: Alasan Penyedia Bus Seperti Itu

Ketua Laskar Ummat Islam Solo (LUIS), Edi Lukito mengatakan tidak ada larangan resmi dari kepolisian kepada pihak persewaan bus untuk menyewakan busnya dalam aksi 2 Desember nanti. Tetapi saat ditanyai adakah bus yang kosong sekitar hari itu, pihak persewaan mengatakan semuanya penuh.

Sabtu, 26/11/2016 14:35 0