... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Sunnatullah Penghancuran

Foto: ilustrasi

 

IKBLAT.NET – Pasca demo akbar 411 arogansi aparat kian menjadi. Hari ini, 24 November, tersiar kabar Buni Yani ditahan di polda Jakarta. Dia hanya mengunggah potongan video penistaan agama yang dilakukan Ahok. Sebaliknya sang penista sudah tersangka masih melenggang bebas, entah karena lebih mensakralkan pilkada, takut dengan para cukong di belakang Ahok atau upaya menjaga singgasana.

Hal yang pasti, ulama yang memiliki otoritas tertinggi sudah menetapkan ucapkan Ahok sebagai penistaan agama. Artinya, peringatan dari Allah telah tersampaikan. Tapi bukannya merespon arahan ulama, justru memamerkan arogansi.

Fenomena seperti ini jika kita bandingkan dengan sejarah panjang umat manusia, bisa menjadi sinyal bakal hancurnya singgasana. Bisa singgasana tertinggi, bisa pula singgasana di bawahnya.

Sunnatullah penghancuran terjadi setelah adanya dua sebab beriringan; pertama, menolak kebenaran dan kedua, mempertontonkan kezaliman. Penolakan kebenaran dalam kasus Ahok adalah aparat menolak pendapat keagamaan MUI. Mereka mencari segala cara untuk mengabaikan suara MUI. Sementara kezaliman yang dipertontonkan adalah penangkapan terhadap mahasiswa HMI sebelum ditetapkan sebagai tersangka, penahanan Buni Yani padahal hanya mengunggah potongan video, dan penangkapan terhadap pengunggah video kapolda yang dinilai memprovokasi.

Termasuk yang menjadi pesan tersirat, bahwa umat Islam marah karena ada ayat dilecehkan oleh non muslim. Ayat itu berisi perintah untuk tidak mendukung non muslim. Aparat muslim alih-alih melaksanakan substansi ayat, malah seolah menantang Allah dengan memamerkan pembelaan buta terhadap Ahok yang non muslim. Seorang muslim seharusnya tanggap menghukum penghina Al-Quran, bukan malah membelanya.

BACA JUGA  Semua "Hanya" Peduli Floyd, Tidak dengan Iyad Hallaq

Penghancuran kaum-kaum terdahulu yang dikisahkan Al-Quran selalu setelah terpenuhinya dua kondisi ini. Firaun menolak dakwah Musa as, lalu merangkainya dengan makar hebat terhadap nabi Musa dan bani Israel. Maka kemudian Allah hancurkan singgasananya.

Demikian pula dengan kaum Sodom. Mereka sudah diingatkan oleh nabi Luth untuk tidak melakukan LGBT, tapi mereka menolaknya dan merangkainya dengan makar terhadap Luth as. Maka sunnatullah kehancuran Allah laksanakan.

Allah swt menjelaskan sunnatullah ini:

وَإِذَا أَرَدْنَا أَن نُّهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُواْ فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيرًا

“Apabila Kami (Allah) hendak menghancurkan suatu negeri, Kami perintahkan golongan kaya (penguasa) dari mereka (untuk mengikuti kebenaran dan melaksanakan keadilan) tapi mereka justru mempertontonkan kedurjanaan, maka ketetapan ancaman sudah layak dilaksanakan, maka Kami hancurkan mereka dengan kehancuran maksimal.” (QS.al-isra: 16).

Al-Quran menyebut secara khusus kaum kaya (مترفون) karena mereka memiliki pengaruh di tengah masyarakat. Kaum kaya bisa bermakna aparat pemerintah bisa pula taipan pemilik modal. Kekuasaan dan kekayaan di tangan mereka sangat potensial digunakan untuk arogan dan membuat makar.

Saat kaum kaya tersebut menolak kebenaran dan membuat teror, tugas umat Islam adalah melanjutkan pekerjaan menyampaikan kebenaran, menghentikan kemungkaran, lalu sabar dan tawakkal dalam menanggung semua resiko perjalanan. Arogansi kekuasaan bukan barang baru, sudah dari dulu sejak zaman nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan nabi Muhammad saw. Juga dialami oleh para ulama pewaris nabi.

BACA JUGA  Semua "Hanya" Peduli Floyd, Tidak dengan Iyad Hallaq

Allah hanya akan menilai kesungguhan, kesabaran dan tawakkal kita. Adapun kehancuran itu sudah ada yang menjamin dan merencanakannya. Sejauh kesungguhanmu, secepat itu kehancuran mereka.

 

Penulis: Oleh: Ust. Lukman H. Syuhada’, Lc, dai Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina).


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Pemimpin Turkmen Iraq: Milisi Syiah dan PKK Ancam Tal Afar

Dalam komentarnya pada Rabu (23/11), Arshad al-Salihi mengungkapkan bahwa milisi Hashd al-Shaabi saat ini hanya 2 kilometer dari Tal Afar, dan akan menimbulkan ancaman besar bagi warga sipil yang terperangkap di kota.

Kamis, 24/11/2016 19:00 0

Indonesia

Anshar Syariah: Myanmar Tabuh Perang terhadap Islam dan Kaum Muslimin

Jama'ah Ansharusy Syariah (JAS) menekankan bahwa terulangnya tindakan genosida Myanmar terhadap Muslim Rohingya sama dengan menabuh genderang perang terhadap Islam dan kaum muslimin.

Kamis, 24/11/2016 18:35 1

Palestina

Kebakaran Hebat Melanda Sejumlah Wilayah Israel

Si jago merah melalap habis beberapa wilayah Palestina yang diambil paksa oleh Israel sejak Senin malam (21/11). Ratusan tim pemadam kebakaran dan pesaat terlihat menjaga api agar tidak merambat ke tempat yang lebih luas.

Kamis, 24/11/2016 18:00 0

Indonesia

Penyebar Kebencian di Medsos Akan ditindak

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Boy Rafli Amar menegaskan, akan menindak penyebar kebencian di media sosial. Namun, pihaknya akan memeriksa satu persatu sesuai dengan ketetapan hukum.

Kamis, 24/11/2016 17:05 0

Indonesia

Kapolri Sadari Peran Penting Ulama Sebagai Pemersatu Bangsa

Tito menilai, ulama merupakan unsur penting dalam menjaga kesatuan dan persatuan. Karena ulama adalah pendiri bangsa ini yang paling utama. Oleh sebab itu, ia mengimbau agar jajaran TNI Polri dan pemerintah untuk lebih meningkatkan hubungan dengan para ulama.

Kamis, 24/11/2016 16:47 0

Indonesia

Kapolri: Minggu Depan Berkas Perkara Kasus Ahok Diserahkan ke Jaksa Agung

Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan, pihaknya akan mempercepat penyelesaian berkas perkara kasus penistaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kamis, 24/11/2016 16:31 0

Indonesia

LBH Jakarta Minta Kapolda Metro Jaya Tarik Maklumat Pelarangan Aksi 212

LBH Jakarta juga menghimbau agar setiap demonstrasi dilakukan dengan damai dan tidak ada ujaran kebencian terhadap etnis tertentu.

Kamis, 24/11/2016 16:15 0

Afghanistan

Al-Qaidah Konfirmasi Faruq Al-Qahthani Terbunuh

Organisasi Al-Qaidah pusat mengonfirmasi terbunuhnya Faruq Al-Qahthani, komandan militer Al-Qaidah yang membawahi wilayah Nuristan dan Kunar, Afghanistan.

Kamis, 24/11/2016 16:00 0

Indonesia

Kecam Tudingan Makar, 7 Ketum DPP IMM Lintas Generasi Tegaskan Ikut Turun 2 Desember

Tujuh mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menanggapi secara serius tudingan makar yang dilontarkan Kapolri dan pemerintah terkait dengan aksi 2 Desember mendatang.

Kamis, 24/11/2016 15:46 0

Indonesia

LBH Jakarta: Maklumat Kapolda Metro Jaya Mengancam Demokrasi

Menurut LBH Jakarta, Setidaknya ada 5 permasalahan dalam Maklumat Kapolda Metro Jaya tersebut, yaitu:

Kamis, 24/11/2016 15:20 0

Close