... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemimpin Turkmen Iraq: Milisi Syiah dan PKK Ancam Tal Afar

Foto: Kepala etnis Turkmen Iraq, Arshad Al-Sahili

KIBLAT.NET, Erbil – Kepala etnis Turkmen Iraq mengungkapkan keprihatinannya atas mendekatnya milisi Syiah Hashd al-Shaabi ke wilayah Tal Afar.

Dalam komentarnya pada Rabu (23/11), Arshad al-Salihi mengungkapkan bahwa milisi Hashd al-Shaabi saat ini hanya 2 kilometer dari Tal Afar, dan akan menimbulkan ancaman besar bagi warga sipil yang terperangkap di kota.

“Milisi Syiah Hashd al-Shaabi telah memandang wilayah Tal Afar sebagai zona militer. Mereka lupa bahwa ribuan warga sipil masih terjebak di kota tersebut,” katanya.

Dia melanjutkan, pemerintah pusat di Baghdad sebelumnya telah berjanji bahwa tentara Iraq akan berkoordinasi dengan kepolisian federal Iraq untuk merebut kembali Tal Afar dari kelompok teroris.

“Kami takut hal-hal buruk mungkin terjadi di Tal Afar jika milisi Syiah Hashd al-Shaabi memasuki kota,” tambahnya.

Al-Salihi juga berpendapat, warga Tal Afar merasa takut bila teroris Kurdi PKK juga memasuki kota tersebut setelah dibebaskan dari ISIS.

“Kami tidak akan menerima masuknya PKK ke kota kami dengan dalih pembebasan dari ISIS, seperti apa yang terjadi sebelumnya di Sinjar,” katanya.

Tokoh politik Sunni di Iraq sebelumnya secara konsisten telah memperingatkan masuknya kelompok milisi Syiah ke Tal Afar bisa memicu konflik sektarian dengan warga Sunni.

Wilayah Tal Afar sendiri merupakan kota bagi etnis Turkmen yang mayoritas Sunni di provinsi Nineveh utara Iraq.

BACA JUGA  Jenderal AS: ISIS Takkan Bangkit Lagi, Pasukan Bisa Dikurangi

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Turki akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melawan ancaman potensial yang ditimbulkan oleh Hashd al-Shaabi ke dalam Tal Afar.

Reporter: Dio Alifullah
Sumber: Anadolu


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Anshar Syariah: Myanmar Tabuh Perang terhadap Islam dan Kaum Muslimin

Jama'ah Ansharusy Syariah (JAS) menekankan bahwa terulangnya tindakan genosida Myanmar terhadap Muslim Rohingya sama dengan menabuh genderang perang terhadap Islam dan kaum muslimin.

Kamis, 24/11/2016 18:35 1

Indonesia

Penyebar Kebencian di Medsos Akan ditindak

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Boy Rafli Amar menegaskan, akan menindak penyebar kebencian di media sosial. Namun, pihaknya akan memeriksa satu persatu sesuai dengan ketetapan hukum.

Kamis, 24/11/2016 17:05 0

Indonesia

Kapolri Sadari Peran Penting Ulama Sebagai Pemersatu Bangsa

Tito menilai, ulama merupakan unsur penting dalam menjaga kesatuan dan persatuan. Karena ulama adalah pendiri bangsa ini yang paling utama. Oleh sebab itu, ia mengimbau agar jajaran TNI Polri dan pemerintah untuk lebih meningkatkan hubungan dengan para ulama.

Kamis, 24/11/2016 16:47 0

Indonesia

Kapolri: Minggu Depan Berkas Perkara Kasus Ahok Diserahkan ke Jaksa Agung

Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan, pihaknya akan mempercepat penyelesaian berkas perkara kasus penistaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kamis, 24/11/2016 16:31 0

Indonesia

LBH Jakarta Minta Kapolda Metro Jaya Tarik Maklumat Pelarangan Aksi 212

LBH Jakarta juga menghimbau agar setiap demonstrasi dilakukan dengan damai dan tidak ada ujaran kebencian terhadap etnis tertentu.

Kamis, 24/11/2016 16:15 0

Indonesia

Kecam Tudingan Makar, 7 Ketum DPP IMM Lintas Generasi Tegaskan Ikut Turun 2 Desember

Tujuh mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menanggapi secara serius tudingan makar yang dilontarkan Kapolri dan pemerintah terkait dengan aksi 2 Desember mendatang.

Kamis, 24/11/2016 15:46 0

Indonesia

LBH Jakarta: Maklumat Kapolda Metro Jaya Mengancam Demokrasi

Menurut LBH Jakarta, Setidaknya ada 5 permasalahan dalam Maklumat Kapolda Metro Jaya tersebut, yaitu:

Kamis, 24/11/2016 15:20 0

Indonesia

Lembaga HAM: Segera Tahan Basuki Agar Tak Lagi Ulangi Tindak Pidana

Menurut Harry, pernyataan larangan dari kepolisian jelas melanggar undang-undang. Ia menghawatirkan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo kembali ke zaman Orde Baru, di mana penguasa dan pemimpin negeri anti kritik dan memaksakan kehendak.

Kamis, 24/11/2016 15:03 0

Indonesia

Din Syamsudin: Kalau Ahok Bebas Saya Akan Turun Memimpin Perlawanan

Din juga mengkritik, penegakan hukum kasus Ahok yang terkesan sibuk dengan hiruk pikuk lain dan mengkesampingkan penyebab utamanya.

Kamis, 24/11/2016 14:34 0

Indonesia

Kyai Ma’ruf: Keputusan MUI Sudah Mujma’ alaih, Tidak Boleh Diingkari

Keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan Ahok menistakan agama mendapat kecaman oleh berbagai pihak. Terkait komentar itu, Ketua Umum MUI, KH. Ma'ruf Amin memberikan tanggapan dalam pembukaan RAKERNAS MUI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, pada Rabu (23/11/16) malam.

Kamis, 24/11/2016 14:13 0

Close