... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

IHR Foundation Himbau Publik Terus Angkat Isu Rohingya

Foto: MAPIM bersama IHR berikan bantuan Al-quran dan mainan anak kepada Madrasah Nurainiyah Rohingya di Skudai, Johor pada Ahad (19/06).

KIBLAT.NET, Jakarta – Menurut data Human Right Watch (HRW), ratusan orang tewas dan puluhan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal akibat kekerasan militer Myanmar terhadap etnis minoritas Rohingya. Melihat hal ini, lembaga kemanusiaan IHR Foundation dengan tegas mengutuk tindak kejahatan tersebut.

“Kami memandang sikap pemerintah Myanmar yang menganggap etnis Rohingya bukan bagian dari Myanmar adalah tindakan diskriminasi yang mendorong gelombang tsunami kekerasan terhadap etnis Rohingya,” katanya dalam pers rilis pada Rabu (23/11) di Jakarta.

Untuk itu, IHR mengajak masyarakat Indonesia memberikan kontribusi positif terhadap warga Rohingya untuk meringankan penderitaan mereka. Serta meminta pemerintah Indonesia bertindak pro aktif menghentikan kekerasan yang masih terjadi.

“Kami meminta pemerintah Indonesia untuk pro aktif dalam kerja-kerja diplomatik dan kemanusiaan untuk menghentikan laju kekerasan terhadap etnis Rohingya dan membuka akses kemanusiaan ke titik pusat kejadian,” lanjut pernyataan itu.

Dalam tingkat internasional, IHR mendesak ASEAN untuk mengambil langkah nyata untuk menyelesaikan tragedi kemanusiaan berkepanjangan yang telah menimpa bangsa Rohingya.

“Etnis Rohingya selama ini telah dibunuh, diperkosa, dan kehilangan hak-haknya, namun selama ini aktivis kemanusiaan menilai ASEAN lebih banyak diam dan tidak banyak berbuat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, IHR menghimbau kepada para tokoh bangsa dan NGO internasional untuk terus menyuarakan isu Rohingya sehingga dapat menjadi opini global dan menjadi perhatian dunia.

BACA JUGA  Apresiasi Kinerja Polda Metro Jaya, Ketua MPR Serukan Jihad

“Agar menyadarkan para pemimpin dunia bahwa telah terjadi pelanggaran HAM serius di wilayah Arakan, Myanmar tempat jutaan warga Rohingya berdiam,” pungkasnya.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Sunnatullah Penghancuran

Termasuk yang menjadi pesan tersirat, bahwa umat Islam marah karena ada ayat dilecehkan oleh non muslim. Ayat itu berisi perintah untuk tidak mendukung non muslim. Aparat muslim alih-alih melaksanakan substansi ayat, malah seolah menantang Allah dengan memamerkan pembelaan buta terhadap Ahok yang non muslim. Seorang muslim seharusnya tanggap menghukum penghina Al-Quran, bukan malah membelanya.

Kamis, 24/11/2016 19:06 0

Irak

Pemimpin Turkmen Iraq: Milisi Syiah dan PKK Ancam Tal Afar

Dalam komentarnya pada Rabu (23/11), Arshad al-Salihi mengungkapkan bahwa milisi Hashd al-Shaabi saat ini hanya 2 kilometer dari Tal Afar, dan akan menimbulkan ancaman besar bagi warga sipil yang terperangkap di kota.

Kamis, 24/11/2016 19:00 0

Palestina

Kebakaran Hebat Melanda Sejumlah Wilayah Israel

Si jago merah melalap habis beberapa wilayah Palestina yang diambil paksa oleh Israel sejak Senin malam (21/11). Ratusan tim pemadam kebakaran dan pesaat terlihat menjaga api agar tidak merambat ke tempat yang lebih luas.

Kamis, 24/11/2016 18:00 0

Afghanistan

Al-Qaidah Konfirmasi Faruq Al-Qahthani Terbunuh

Organisasi Al-Qaidah pusat mengonfirmasi terbunuhnya Faruq Al-Qahthani, komandan militer Al-Qaidah yang membawahi wilayah Nuristan dan Kunar, Afghanistan.

Kamis, 24/11/2016 16:00 0

Asia

Seorang Pilot Rusia Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Seorang pilot Rusia tewas dan seorang wanita Kanada cedera ketika pesawat ultralight yang mereka naiki jatuh di Nepal barat pada Rabu (23/11).

Kamis, 24/11/2016 13:00 0

Opini

Derita Rohingya, Derita Kita Semua

Ironisnya pemerintah Myanmar terus membantah dan menyangkal bahwa telah terjadi genosida terhadap komunitas muslim Rohingya.

Kamis, 24/11/2016 12:33 0

Wilayah Lain

Bangladesh Akan Pulangkan Puluhan Warga Rohingya

Polisi Bangladesh mengumumkan, Rabu (23/11), akan memulangkan puluhan Muslim Rohingya ke Myanmar yang ditangkap saat melintasi perbatasan

Kamis, 24/11/2016 11:00 0

Palestina

Lebanon Ingin Isolasi Pengungsi Palestina dengan Pagar Beton, Hamas Mengecam

Gerakan perlawanan Palestina, Hamas mengecam rencana otoritas Lebanon untuk membangun dinding beton di sekitar kamp pengungsi Palestina di Lebanon selatan.

Kamis, 24/11/2016 10:30 0

Mesir

Al-Sisi: Tentara yang Diakui di Suriah Tentara Rezim Assad

Presiden Mesir Abdul Fatah Al-Sisi menegaskan bahwa tentara yang diakui di Suriah adalah militer rezim Assad.

Kamis, 24/11/2016 09:58 0

Irak

Milisi Syiah Culik Ratusan Warga Tal Afar di Mosul Barat

Milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi, Rabu (23/11), terus menggempur kota Tal Afar di barat Mosul, untuk merebut kota yang dihuni mayoritas Sunni dari suku Trukmen itu dari kontrol ISIS.

Kamis, 24/11/2016 09:21 0

Close