... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Al-Qaidah Konfirmasi Faruq Al-Qahthani Terbunuh

Foto: Pemimpin Organisasi Al-Qaidah, Syaikh Aiman Adz-Dzawahiri

KIBLAT.NET, Kunar – Organisasi Al-Qaidah pusat mengonfirmasi terbunuhnya Faruq Al-Qahthani, komandan militer Al-Qaidah yang membawahi wilayah Nuristan dan Kunar, Afghanistan. Serangan drone AS Oktober lalu membunuh Qahthani, istri, anak serta pengawalnya di Afghanistan Timur.

Dalam pernyataan yang diunggah di internet pada Rabu (23/11), organisasi jihadis itu menunjukkan bahwa Qahthani berhasil selamat dalam beberapa kali upaya penargetan oleh drone AS. Akan tetapi, kali ini serangan itu mengenainya.

“Beliau terbunuh bersama istri, anak-anak dan pendukungnya,” tulis pernyataan yang dirilis media resmi Al-Qaidah, Muassasah As-Sahab, itu.

Sebelumnya, Pentagon mengumumkan melumpuhkan komandan senior Al-Qaidah dalam sebuah serangan drone di Kunar, Afghanistan, bulan lalu. AS memasukkan Qahthani dalam daftar buruan utama sejak bulan Februari tahun ini.

Amerika Serikat menuding, warga negara Qatar itu merencankan serangan menargetkan Eropa dan Amerika Serikat.

Juru bicara pemerintah Afghanistan menambahkan, setidaknya 15 orang terbunuh dalam serangan menargetkan komandan Al-Qaidah itu.

Meski berkebangsaan Qatar, Faruq Al-Qahthani lahir di Arab Saudi. Tidak ada informasi tahun kelahirannya, namun menurut sejumlah informasi beliau lahir antara tahun 1979 dan 1981. Dia mulai aktif di Afghanistan sejak 2009.

Qahthani sempat dipercaya mencari lokasi aman untuk markas para pejuang Al-Qaidah. Ia juga pernah ditugasi mengadakan senjata dan amunisi untuk pejuang.

Amerika Serikat menuding, Qahthani paling bertanggung jawab atas dua serangan menargetkan konvoi militer AS di Afghanistan pada 2009 dan 2010.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: BBC, France24


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kecam Tudingan Makar, 7 Ketum DPP IMM Lintas Generasi Tegaskan Ikut Turun 2 Desember

Tujuh mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menanggapi secara serius tudingan makar yang dilontarkan Kapolri dan pemerintah terkait dengan aksi 2 Desember mendatang.

Kamis, 24/11/2016 15:46 0

Indonesia

LBH Jakarta: Maklumat Kapolda Metro Jaya Mengancam Demokrasi

Menurut LBH Jakarta, Setidaknya ada 5 permasalahan dalam Maklumat Kapolda Metro Jaya tersebut, yaitu:

Kamis, 24/11/2016 15:20 0

Indonesia

Lembaga HAM: Segera Tahan Basuki Agar Tak Lagi Ulangi Tindak Pidana

Menurut Harry, pernyataan larangan dari kepolisian jelas melanggar undang-undang. Ia menghawatirkan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo kembali ke zaman Orde Baru, di mana penguasa dan pemimpin negeri anti kritik dan memaksakan kehendak.

Kamis, 24/11/2016 15:03 0

Indonesia

Din Syamsudin: Kalau Ahok Bebas Saya Akan Turun Memimpin Perlawanan

Din juga mengkritik, penegakan hukum kasus Ahok yang terkesan sibuk dengan hiruk pikuk lain dan mengkesampingkan penyebab utamanya.

Kamis, 24/11/2016 14:34 0

Indonesia

Kyai Ma’ruf: Keputusan MUI Sudah Mujma’ alaih, Tidak Boleh Diingkari

Keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan Ahok menistakan agama mendapat kecaman oleh berbagai pihak. Terkait komentar itu, Ketua Umum MUI, KH. Ma'ruf Amin memberikan tanggapan dalam pembukaan RAKERNAS MUI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, pada Rabu (23/11/16) malam.

Kamis, 24/11/2016 14:13 0

Indonesia

Sebut Keberadaan MUI Penting, Menag: Hilangkan MUI Sungguh Akan Rugikan Bangsa

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Lukman Halim Saifuddin menegaskan tentang pentingnya keberadaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bagi bangsa dan negara.

Kamis, 24/11/2016 14:00 0

Indonesia

Umat Islam Menuntut Keadilan, Jangan Dianggap Anti Kebhinekaan

Menurut Din, justru ujaran yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok adalah manifestasi dari anti toleransi dan anti kemajemukan. Karena memasuki wilayah yang sensitif dan dengan kata yang negatif, sinis, serta pejoratif.

Kamis, 24/11/2016 13:45 0

Indonesia

MUI: Tuduhan Makar oleh Kapolri Sakiti Hati Umat Islam

Tengku menilai, aksi tersebut merupakan respon masyarakat oleh sikap penegak hukum yang dianggap lamban menangani kasus Ahok. Oleh sebab itu, lanjutnya tidak ada yang boleh mengancam.

Kamis, 24/11/2016 13:29 0

Opini

Derita Rohingya, Derita Kita Semua

Ironisnya pemerintah Myanmar terus membantah dan menyangkal bahwa telah terjadi genosida terhadap komunitas muslim Rohingya.

Kamis, 24/11/2016 12:33 0

Indonesia

Desak Penghentian Genosida Rohingya, SEAHUM Akan Datangi Kedubes Myanmar

Selain itu, Imam menambahkan bahwa gabungan lembaga-lembaga kemanusiaan itu akan melakukan unjuk rasa terkait tragedi yang dialami etnis Rohingya. Aksi itu akan dilakukan pada Jumat (25/11) lusa

Rabu, 23/11/2016 20:37 0

Close
CLOSE
CLOSE