... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Solidaritas Rohingya, Malaysia Diminta Boikot Piala AFF di Myanmar

Foto: Piala AFF Suzuki 2016 di Myanmar dan Filipina

KIBLAT.NET, Kuala Lumpur – Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin mengatakan telah melobi tim sepak bola Malaysia untuk memboikot laga tandang dengan Myanmar dalam Piala AFF Suzuki di Yangon karena kekerasan yang dilakukan tuan rumah terhadap minoritas Muslim Rohingya.

“Saya telah menyuarakan isu ini ke parlemen pada pekan lalu, dan akan terus melakukannya pada pekan ini,” katanya di Twitter, Rabu (23/11).

Khairy mengacu pada pernyataan Mufti Perlis, Datuk Dr Mohd Asri Zainul Abidin yang mendesak skuad Harimau Malaysia untuk menarik diri dari laga kontra Myanmar dalam Piala AFF Suzuki pada Sabtu pekan ini.

Mohd Asri menyatakan gagasan ini untuk melawan kekejaman dan kezaliman yang dilakukan Myanmar terhadap masyarakat Muslim Rohingya di negara itu.

Senada dengan Khairy, anggota parlemen Lembah Pantai, Murul Izzah Anwar juga menyerukan hal serupa. Ia meminta Menteri Pemuda dan Olahraga mendesak parlemen untuk memboikot laga itu.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga harus menginstruksikan tim nasional untuk menarik diri dari AFF Suzuki Cup untuk memprotes pemerintah Myanmar yang menjadi tuan rumah turnamen,” katanya di hari yang sama.

Meski demikian, Khairy mengatakan keputusan boikot tersebut harus mendapat suara bulat dari parlemen. “Keputusan berdasarkan suara bulat parlemen,” katanya.

Pada laga pembukaan Piala Aff Suzuki di grup B, Malaysia menang 3-2 atas Kamboja di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Ahad lalu. Pada Rabu ini, Malaysia akan berhadapan dengan Vietnam dalam laga selanjutnya.

Sementara itu, ribuan etnis Muslim Rohingya di Rakhine telah mengalami kekerasan dan pengusiran dari wilayahnya. Sebagian warga akhirnya bertolak ke Bangladesh dan beberapa negara tetangga untuk menghindari kekerasan yang terus berlanjut.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Agenda Daily


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Kisah 3 Santri Kabur dari Pondok, Seberangi Selat Sunda Demi Ikutan Aksi 411

Kamis, 2 November 2016. Waktu baru menunjukkan pukul 03.00 dini hari saat mereka menyelinap keluar pondok. Mereka membagi rombongan menjadi dua bagian supaya tak mencolok perhatian ustadz dan teman-temannya yang lain (Yes i know it..). Tak dinyana, saat itu juga ada 3 orang santri lain yang mencoba menyelinap keluar untuk ikut aksi 411 pula. Total jenderal para penerobos itu berjumlah 10 orang.

Rabu, 23/11/2016 15:52 5

Indonesia

Usai Pernyataan Kapolri, Hastag #tanyagoogle Jadi Trend di Medsos

Linimasa baru-baru ini diraimakan dengan munculnya hastag #tanyagoogle. Menurut analisis tweetreach, Rabu (23/11), hanya dalam 9 menit telah ada 100 tweet dari 59 kontributor menggunakan hastag ini, dan diperkirakan menjangkau 50 ribuan akun.

Rabu, 23/11/2016 12:25 0

Rohah

Kelakar Cerdas Abu Thayyib Ath-Thabari

Pada kesempatan lainnya, Abu Thayyib menyerahkan sepasang sepatu miliknya kepada seorang tukang sepatu untuk diperbaiki. Namun, tukang tersebut ternyata terlambat memperbaikinya padahal Abu Thayyib sering berlalu di hadapannya. Setiap kali tukang sepatu itu melihatnya, dia langsung memasukkan sepatu ke dalam air agar terlihat seperti sedang diperbaikinya. Lantas Abu Thayyib berkata, “Kami menyerahkan sepasang sepatu kepadamu agar engkau memperbaikinya, bukan melatihnya cara berenang.”

Rabu, 23/11/2016 10:30 0

Indonesia

Kalau Sudah Diikat dengan Laa ilaaha illallah, Jangan Biarkan Saudara Kita Dianiaya

"Biar bagaimanapun Allah berfirman, innamalmukminuna ikhwah (sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara). Di manapun juga, kalau orang sudah diikat dengan kalimat laa ilaaha illallah, ini menjadi satu saudara seakidah. Dan tidak kemudian membiarkan saudara-saudara kita ini dianiaya di belahan bumi yang lainnya," katanya saat dihubungi Kiblat.net Senin (21/11).

Selasa, 22/11/2016 20:14 0

Indonesia

TPM SAHLAN: Ada Dramatisasi dalam Proses Hukum Ahok

Ketua TPM Sahabat Keadilan (TPM-SAHLAN) Sulawesi Tengah, ustadz Yusrin Ichtiawan, SH menyampaikan pandangannya terkait proses hukum penistaan agama oleh Ahok yang tengah berjalan. Ia menilai adanya dramatisasi proses penegakan hukum dalam kasus tersebut.

Selasa, 22/11/2016 17:05 0

Rohah

Tau Nggak, Mengapa Allah Menciptakan Lalat?

Ibnu Samak mendatangi Abu Ja’far Al-Manshur lalu dia duduk di atas kursi. Tiba-tiba seekor lalat terbang dan hinggap di atas hidung Abu Ja’far hingga membuatnya jengkel. Lantas dia berkata dengan nada menyindir. “Mengapa Allah menciptakan lalat?”

Selasa, 22/11/2016 16:38 0

Indonesia

Lieus: Saya Pendukung Jokowi, Saya Kecewa dengan Sikapnya!

Tentang sikap Presiden yang enggan menemui delegasi peserta aksi, Lieus yang juga mengaku sebagai pendukung Jokowi juga menyatakan kekecewaannya terhadap sikap Presiden.

Selasa, 22/11/2016 16:01 0

Indonesia

PBNU Kecam Peristiwa Kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), mengecam segala tindakan kekerasan yang menciderai nilai kemanusiaan. Termasuk tindakan kekerasan yang dialami oleh Muslim Rohingya di Myanmar.

Selasa, 22/11/2016 15:29 0

Indonesia

Jangan Puas Dikasih ‘Permen’ dari Polisi, Harusnya Ahok Dipenjara!

"Kok bisa puas dikasih 'permen' berupa Ahok sebagai tersangka dari kepolisian. Harusnya tuntut sampai Ahok dipenjara," pungkasnya.

Selasa, 22/11/2016 15:03 0

Indonesia

KAMRA: Sejak Ahad Ratusan Muslim Rohingya Dibantai, Apa Tindakan Pemerintah?

Komite Advokasi untuk Muslim Rohingya Arakan (KAMRA), Bernard Abdul Jabbar mengungkapkan bahwa sejak Ahad lalu, sudah ratusan umat Islam Rohingya dibantai oleh pemerintah Myanmar.

Selasa, 22/11/2016 14:45 0

Close
CLOSE
CLOSE