Presiden Mesir Tegaskan Dukungan kepada Bashar Assad

KIBLAT.NET, Kairo – Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menegaskan dukungannya terhadap pasukan Assad dalam menghadapi apa yang disebut “kelompok teroris”. Meski demikian, ia tidak merinci sifat dukungan, apakah termasuk dengan pengiriman pasukan atau tidak.

Dikutip dari El-Dorar, Rabu (23/11), Al-Sisi mengungkapkan dukungannya itu dalam sebuah wawancara dengan televisi Portugal.

Saat menanggapi pertanyaan tentang pengiriman pasukan Mesir untuk Suriah, al-Sisi mengatakan bahwa prioritasnya adalah mendukung tentara nasional Suriah sebagaimana yang dilakukan di Libya.

“Seperti di Libya, untuk mengamankan kontrol atas wilayah Libya dan berurusan dengan unsur-unsur ekstremis, serta membawa stabilitas yang diinginkan. Hal yang sama di Suriah .. Kami mendukung tentara Suriah dan juga Irak,” ujarnya.

Dia menambahkan, seharusnya yang melakukan hal itu adalah pasukan nasional, yang menjaga keamanan dan stabilitas di masing-masing wilayah.

“Adapun untuk masalah pengiriman pasukan Mesir ke Suriah, itu adalah hal yang ‘sensitif’,” imbuhnya.

Secara politik, rezim al-Sisi telah menyatakan dukungan kepada pemerintah Damaskus. Bulan lalu, duta besar Mesir juga menyatakan dukungan terhadap resolusi yang diajukan Rusia kepada DK PBB terkait konflik Suriah. Seperti diketahui, Rusia telah lama menjadi sekutu Assad dalam memberlakukan “kebijakan” terhadap rakyatnya.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: El-Dorar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat