... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lima Pelapor Ajukan Surat Permohonan Penahanan Ahok

KIBLAT.NET, Jakarta – Lima pelapor kasus penistaan agama oleh Ahok, Rabu (23/11) sore ini menyampaikan permohonan penahanan Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu kepada Bareskrim Polri.

Pedri Kasman dari Angkatan Muda Muhammadiyah, Perwakilan Forum Anti Penistaan Agama (FAPA), Persis, Hj. Irena Handono sore ini mendatangi Kantor Bareskrim Polri. Selain itu juga hadir Burhanudin selaku pelapor perseorangan.

“Kami dari para pelapor bersama dengan penaihat hukum menyampaikan permohonan penahanan terhadap tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus dugaan tindak pidana penistaan agama yang kami laporakan secara bersama-sama,” kata Pedri Kasman mewaliki pelapor yang lain di Kantor Bareskrim Jakarta, Rabu (23/11).

Dia menjelaskan bahwa surat yang diserahkan tersebut juga ditembuskan kepada Kapolri. Selain itu mereka menyampaikan surat yang sama kepada Komisi III DPR, Ombudsman, dan Kompolnas.

“Pada intinya kami berharap Ahok segera ditahan kepolisian karena kondisi kita hari ini meresahkan,” ujar Pedri.

Kondisi meresahkan yang dimaksud Pedri adalah gejolak yang ada di masyarakat terkait kasus Ahok. Menurutnya, dengan adanya gejolak itu Kapolri Jenderal Tito Karnavian jadi sangat sibuk ke sana kemari mengunjungi kelompok masyarakat untuk meredam gejolak.

“Gejolak masa yang kita perkirakan pada tanggal 2 besok mencapai puncaknya,” ujar Pedri.

“Karena itu kami harapkan sebelum tanggal 2 bapak Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama sudah ditahan sebagai tersangka,” tandasnya.

BACA JUGA  Cegah Hoaks di Pilkada 2020, Polri Tingkatkan Patroli Siber

Para pelapor itu membantah jika langkah yang mereka tempuh itu merupakan bagian dari intervensi terhadap proses hukum. Sebaliknya, upaya itu merupakan hak mereka selaku pelapor.

“Ini menjadi hak kita sebagai pelapor, hak kita untuk mengawal,” kata penasihat hukum pelapor Deny Ardiansah Lubis, SH.

Deny menambahkan bahwa tak ada alasan bagi polisi untuk tak melakukan penahanan terhadap Ahok. Pasalnya, unsur objektif dan subjektif dalam kasus penistaan agama itu telah terpenuhi.

“Perbuatan itu ada tidak, jawabannya ada. Tidak ada yang menyatakan perbuatan itu tidak ada, termasuk si terlapor,” tukasnya.

Dia pun menambahkan bahwa kasus terkait pasal 156a tentang penistaan agama sudah ada yurispudensinya. Dalam kasus-kasus yang lalu, semua terdakwa kasus ini dilakukan penahanan, dari sejak ditetapkan sebagai tersangka hingga ada ketetapan hukumnya.

“Tolonglah proses ini diperlakukan sama di muka hukum,” lanjut Deny.

“Oleh siapa pun pelakunya harus sama, begitu indikasi ini siapa pun pelakunya harus dilakukan penahanan,” pungkasnya.

 

Reporter: Imam S.
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

Solidaritas Rohingya, Malaysia Diminta Boikot Piala AFF di Myanmar

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Sukan Khairy Jamaluddin mengatakan telah melobi tim sepak bola Malaysia untuk memboikot laga tandang dengan Myanmar dalam Piala AFF Suzuki di Yangon karena kekerasan yang dilakukan tuan rumah terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Rabu, 23/11/2016 16:23 0

Suriah

Militer Suriah Gunakan Gas Beracun di Aleppo Timur yang Terkepung

Sedikitnya 18 orang tewas dalam serangkaian serangan udara di Aleppo timur yang terkepung pada Selasa (22/11)

Rabu, 23/11/2016 16:00 0

Artikel

Kisah 3 Santri Kabur dari Pondok, Seberangi Selat Sunda Demi Ikutan Aksi 411

Kamis, 2 November 2016. Waktu baru menunjukkan pukul 03.00 dini hari saat mereka menyelinap keluar pondok. Mereka membagi rombongan menjadi dua bagian supaya tak mencolok perhatian ustadz dan teman-temannya yang lain (Yes i know it..). Tak dinyana, saat itu juga ada 3 orang santri lain yang mencoba menyelinap keluar untuk ikut aksi 411 pula. Total jenderal para penerobos itu berjumlah 10 orang.

Rabu, 23/11/2016 15:52 5

Mesir

Presiden Mesir Tegaskan Dukungan kepada Bashar Assad

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan pihaknya mendukung pasukan Assad dalam menghadapi apa yang disebut "kelompok teroris". Meski demikian, ia tidak merinci sifat dukungan, apakah termasuk dengan pengiriman pasukan atau tidak.

Rabu, 23/11/2016 14:40 0

Yaman

Pertempuran Sengit Langsung Meletus di Yaman Usai Gencatan Senjata Berakhir

Sehari setelah berakhirnya gencatan senjata di Yaman, pertempuran meningkat secara dramatis di dalam dan sekitar kota Taiz, Yaman. Pasukan pro-Hadi yang didukung Arab Saudi dilaporkan berhasil memukul mundur pemberontak Hutsi di Barat kota selain meluncurkan serangan besar di pinggiran timur.

Rabu, 23/11/2016 14:06 0

Suriah

Komandan Militer Tertinggi Ahrar Al-Syam di Aleppo Terbunuh

Pemimpin militer gerakan Ahrar Al-Syam untuk operasi Aleppo, Abu Al-Harits Al-Halaby, Selasa (22/11), terbunuh dalam pertempuran sengit yang berlangsung di lingkungan Asy-Syaikh Sa'id antara pasukan pejuang Suriah dan tentara Assad berserta sekutunya.

Rabu, 23/11/2016 11:55 0

Iran

Pejabat Iran: Lebih dari 1.000 Milisi Kami Tewas di Suriah

Angka terbaru menunjukkan jumlah milisi Syiah yang tewas lebih tinggi dari sebelum-sebelumnya, meskipun tidak ada laporan resmi tentangnya.

Rabu, 23/11/2016 11:25 0

Rohah

Kelakar Cerdas Abu Thayyib Ath-Thabari

Pada kesempatan lainnya, Abu Thayyib menyerahkan sepasang sepatu miliknya kepada seorang tukang sepatu untuk diperbaiki. Namun, tukang tersebut ternyata terlambat memperbaikinya padahal Abu Thayyib sering berlalu di hadapannya. Setiap kali tukang sepatu itu melihatnya, dia langsung memasukkan sepatu ke dalam air agar terlihat seperti sedang diperbaikinya. Lantas Abu Thayyib berkata, “Kami menyerahkan sepasang sepatu kepadamu agar engkau memperbaikinya, bukan melatihnya cara berenang.”

Rabu, 23/11/2016 10:30 0

News

Jerman Ciduk Tiga Warganya Karena Dituduh Bantu Ahrar Al-Syam

Kejaksaan Agung Jerman mengumumkan menahan tiga warga negaranya keturunan Suriah dengan tuduhan mendukung gerakan Ahrar Al-Syam. Pemerintah Jerman memasukkan gerakan oposisi Suriah itu ke daftar gerakan "ekstremisme".

Rabu, 23/11/2016 10:00 0

Afghanistan

ISIS Bom Upacara Keagamaan Syiah di Kabul, Puluhan Tewas

Perayaan Arbaeen (upacara 40 hari setelah hari Asyura) orang-orang Syiah diwarnai dengan aksi bom bunuh diri di Kabul.

Rabu, 23/11/2016 09:35 0

Close