Kelakar Cerdas Abu Thayyib Ath-Thabari

KIBLAT.NET – Abu Thayyib Ath-Thabari adalah seorang ulama mulia yang bermazhab Syafi’i. Dia menyukai orang-orang mulia sehingga banyak kemuliaan yang melekat padanya. Selain itu, dia juga suka bersenda gurau dan berkelakar.

Tatkala umur Abu Thayyib Ath-Thabari mencapai delapan puluh tahun, dia pergi bersama murid-muridnya menaiki perahu. Ketika hampir mendekati tepian sungai, dia meloncat dari perahu dan murid-muridnya meniru apa yang dilakukannya. Namun sayangnya, tidak seorang pun yang dapat melakukannya. Para murid yang merasa keheranan itu bertanya, “Bagaimana bisa engkau meloncat di umurmu yang ke-80?”

Abu Thayyib Ath-Thabari menjawab, “Anggota badan ini telah kami jaga sejak kecil, sehingga Allah pun menjaganya di masa tua.”

Pada kesempatan lainnya, Abu Thayyib menyerahkan sepasang sepatu miliknya kepada seorang tukang sepatu untuk diperbaiki. Namun, tukang tersebut ternyata terlambat memperbaikinya padahal Abu Thayyib sering berlalu di hadapannya. Setiap kali tukang sepatu itu melihatnya, dia langsung memasukkan sepatu ke dalam air agar terlihat seperti sedang diperbaikinya. Lantas Abu Thayyib berkata, “Kami menyerahkan sepasang sepatu kepadamu agar engkau memperbaikinya, bukan melatihnya cara berenang.”

Penulis : Dhani El_Ashim

Diambil dari Mashâri’ul ‘Usysyâq karya Dr. A’idh bin Abdullah Al-Qarni

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat