... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Kelakar Cerdas Abu Thayyib Ath-Thabari

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Abu Thayyib Ath-Thabari adalah seorang ulama mulia yang bermazhab Syafi’i. Dia menyukai orang-orang mulia sehingga banyak kemuliaan yang melekat padanya. Selain itu, dia juga suka bersenda gurau dan berkelakar.

Tatkala umur Abu Thayyib Ath-Thabari mencapai delapan puluh tahun, dia pergi bersama murid-muridnya menaiki perahu. Ketika hampir mendekati tepian sungai, dia meloncat dari perahu dan murid-muridnya meniru apa yang dilakukannya. Namun sayangnya, tidak seorang pun yang dapat melakukannya. Para murid yang merasa keheranan itu bertanya, “Bagaimana bisa engkau meloncat di umurmu yang ke-80?”

Abu Thayyib Ath-Thabari menjawab, “Anggota badan ini telah kami jaga sejak kecil, sehingga Allah pun menjaganya di masa tua.”

Pada kesempatan lainnya, Abu Thayyib menyerahkan sepasang sepatu miliknya kepada seorang tukang sepatu untuk diperbaiki. Namun, tukang tersebut ternyata terlambat memperbaikinya padahal Abu Thayyib sering berlalu di hadapannya. Setiap kali tukang sepatu itu melihatnya, dia langsung memasukkan sepatu ke dalam air agar terlihat seperti sedang diperbaikinya. Lantas Abu Thayyib berkata, “Kami menyerahkan sepasang sepatu kepadamu agar engkau memperbaikinya, bukan melatihnya cara berenang.”

Penulis : Dhani El_Ashim

Diambil dari Mashâri’ul ‘Usysyâq karya Dr. A’idh bin Abdullah Al-Qarni


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Jerman Ciduk Tiga Warganya Karena Dituduh Bantu Ahrar Al-Syam

Kejaksaan Agung Jerman mengumumkan menahan tiga warga negaranya keturunan Suriah dengan tuduhan mendukung gerakan Ahrar Al-Syam. Pemerintah Jerman memasukkan gerakan oposisi Suriah itu ke daftar gerakan "ekstremisme".

Rabu, 23/11/2016 10:00 0

Afghanistan

ISIS Bom Upacara Keagamaan Syiah di Kabul, Puluhan Tewas

Perayaan Arbaeen (upacara 40 hari setelah hari Asyura) orang-orang Syiah diwarnai dengan aksi bom bunuh diri di Kabul.

Rabu, 23/11/2016 09:35 0

Myanmar

Ribuan Orang di Inggris Tandatangani Petisi Terkait Krisis Rohingya

Sebuah kelompok di Inggris dilaporkan telah menyampaikan petisi yang berisi ribuan tanda tangan ke kedutaan Myanmar di London terkait krisis yang menimpa etnis Rohingya.

Rabu, 23/11/2016 09:30 0

Irak

Bulan Sabit Merah: 85.000 Warga Telah Mengungsi Akibat Operasi Mosul

Bulan Sabit Merah Iraq melaporkan lebih dari 85.000 warga sipil di Mosul telah meninggalkan rumah mereka di tengah operasi anti-ISIS.

Rabu, 23/11/2016 09:00 0

Iran

Iran Akui Sudah Seribu Lebih Pasukannya Tewas di Suriah

Lebih dari 1.000 tentara yang dikerahkan oleh pemerintah Iran di Suriah kembali ke tanah airnya tanpa nyawa atau tewas.

Rabu, 23/11/2016 08:30 0

Suriah

Pentagon Klaim Tewaskan Qadhi Jabhah Fath Syam di Idlib

Jubir Pentagon, Peter Cook menyatakan bahwa serangan udara AS pada 18 November di Idlib telah menewaskan Abu Afghanistan Al-Masri.

Rabu, 23/11/2016 07:57 0

Turki

Soal Komentar Keras Trump terhadap Muslim, Erdogan Mengaku Tak Khawatir

Selang sehari pasca kemenangan Trump, presiden yang pernah berhasil lolos dalam upaya kudeta itu menelepon Trump.

Selasa, 22/11/2016 20:34 0

Indonesia

Kalau Sudah Diikat dengan Laa ilaaha illallah, Jangan Biarkan Saudara Kita Dianiaya

"Biar bagaimanapun Allah berfirman, innamalmukminuna ikhwah (sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara). Di manapun juga, kalau orang sudah diikat dengan kalimat laa ilaaha illallah, ini menjadi satu saudara seakidah. Dan tidak kemudian membiarkan saudara-saudara kita ini dianiaya di belahan bumi yang lainnya," katanya saat dihubungi Kiblat.net Senin (21/11).

Selasa, 22/11/2016 20:14 0

Afrika

Pemerintah Libya Tangkap Isteri Veteran Jihad Aljazair Usai Melahirkan

Tunisian Asma Kadoussi ditangkap karena dicurigai melahirkan tanpa suaminya di sebuah rumah sakit di Derna. Pihak rumah sakit kemudian melaporkannya kepada pihak berwenang setempat. Saat ditanya perihal suaminya, ia mengatakan bahwa Belmokhtar masih hidup dan tinggal di Libya selatan.

Selasa, 22/11/2016 20:06 0

Afrika

Inilah Seruan Rabi Al-Madkhali terkait Ikhwanul Muslimin

Berikut nasihat Syaikh Rabi Al-Madkhali terkait Ikhwanul Muslimin: "Saya menyeru kepada Salafi di Libya untuk mendukung agama Allah dan melindunginya dari Ikhwanul Muslimin dan lain-lain. Ikhwanul Muslimin adalah kelompok paling berbahaya terhadap Islam sejak mereka berdiri, mereka kelompok yang paling pendusta setelah Rafidhoh, mereka memiliki keyakinan sinkretisme (penyatuan agama), wihdatul wujud (zat Allah menyatu dalam makhluk), dan memiliki keyakinan sekuler.

Selasa, 22/11/2016 19:44 1

Close