Kalau Sudah Diikat dengan Laa ilaaha illallah, Jangan Biarkan Saudara Kita Dianiaya

KIBLAT.NET, Jakarta – Menyitir Surat Al-Hujurat ayat 10, Sekjen Komite Avokasi untuk Muslim Rohingya Arakan (KAMRA), Bernard Abdul Jabbar mengingatkan bahwa umat Islam adalah saudara. Maka, tidak boleh seorang Muslim membiarkan saudara se-Muslimnya dianiaya.

“Biar bagaimanapun Allah berfirman, innamalmukminuna ikhwah (sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara). Di manapun juga, kalau orang sudah diikat dengan kalimat laa ilaaha illallah (tidak ada Ilah yang Haq kecuali Allah), ini menjadi satu saudara seakidah. Dan tidak kemudian membiarkan saudara-saudara kita ini dianiaya di belahan bumi yang lainnya,” katanya saat dihubungi Kiblat.net Senin (21/11).

Ia juga menilai bahwa Islam adalah Rahmatan lil alamin, yang melingkupi seluruh alam semesta ini. Termasuk Islam ini mengajarkan rambu-rambu persaudaraan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan Muslim Afrika, Muslim Rohingya, Muslim Amerika, dan sebagainya ini termasuk bagian saudara kita. Maka kita tidak kemudian mendiskriminasi mereka ‘ah, bukan saudara kita karena bukan dari Indonesia’. Tidak demikian,” tuturnya.

“Walaupun mereka berbeda bahasa, berbeda bangsa suku dan sebagainya, kita ini satu saudara,” sambungnya.

Persaudaraan yang diikat dengan laa ilaaha illallah, kata Bernard, menjadi persaudaraan yang sangat kuat walaupun dalam segi bangsa, bahasa, warna kulit banyak perbedaan, tetapi semua ini diikat.

“Ini yang seharusnya menjadi konsen umat Islam, membantu saudara yang memerlukan bantuan. Sebagaimana ketika Gaza diserang, Suriah dibombardir, Afganistan dan sebagainya, semua serempak harusnya melakukan upaya-upaya persaudaran yang sangat tinggi dalam kaitan keyakinan kita. Muslim itu bagaikan satu tubuh,” pungkasnya.

BACA JUGA  Slamet Maarif: Reuni 212 Tahun Ini Ditunda

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat