... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Al-‘Auza’i, Ulama Pemberani Penentang Penguasa Keji

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Tatkala Abdullah bin Ali Al-‘Abbasi menaklukkan Damaskus, dia membunuh penduduknya dengan keji, menumpahkan darah, dan merampas banyak harta. Lalu dia bertanya kepada para menteri dan orang-orang yang ada di sekelilingnya, “Apakah ada orang yang berani menentangku?”

Mereka menjawab, “Tidak ada, kecuali Imam Al-‘Auza’i.”

Lantas Abdullah bin Ali Al-‘Abbasi segera memanggil Al-‘Auza’i dan Al-Auza’i pun menjawab panggilannya.

Al-‘Auza’i bersiap. Sang imam ini memakai kain kafan di balik bajunya setelah mandi terlebih dahulu dan meyakini bahwa kematian akan menjemputnya. Sembari memegang tongkatnya, dia mendatangi Abdullah bin Ali Al-‘Abbasi si penguasa.

Tiba-tiba pemandangan terlihat mencekam. Para penjaga menghunus pedang mereka dan kematian pun menari-nari di atas kepala manusia.

Abdullah bin Ali berkata kepada Al-‘Auza’i, “Apa pendapatmu mengenai darah yang telah kami tumpahkan?”

Al-‘Auza’i menjawab dengan tegas dan penuh keteguhan, “Telah bercerita kepada kami fulan dari fulan dari Abdullah bin Mas’ud, sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda:

«لاَ يَحِلُّ دَمُ امْرِىءٍ مُسْلِمٍ، يَشْهَدُ أَنْ لاَ إلٰهَ إلاَّ اللّهُ، وَأَنِّي رَسُولُ اللّهِ، إلاَّ بِإِحدَىٰ ثَلاَثٍ: الثَّيِّبُ الزَّانِ، وَالنَّفْسُ بِالنَّفْسِ، وَالتَّارِكُ لِدِينِهِ، الْمُفَارِقُ لِلْجَمَاعَةِ».

“Tidak halal darah seorang muslim yang bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah dan aku adalah Rasulullah, kecuali dengan salah satu dari tiga sebab berikut: seorang yang muhshan berzina, jiwa diqishash dengan jiwa dan orang yang meninggalkan agamanya, yang memisahkan diri dari jamaah kaum muslimin.” Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam Kitâbud Diyât, Bab Qaulillâhi Ta’ala (Al-Mâidah [5]: 45), No. 6878. dan Muslim dalam Kitâbul Qasâmah, Bab Mâ Yubâhu bihi Damul Muslim, No. 1676, 25)

Baca halaman selanjutnya: Lantas Abdullah bin Ali marah,...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Al-‘Auza’i, Ulama Pemberani Penentang Penguasa Keji”

  1. demha

    ini yang sangat minim sekali di indonesia ini, dan untuk mengatakan seperti ini apakah sangat susah?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Umat Islam Poso Sepakat Lanjutkan Aksi Bela Al-Qur’an

erkait kondisi terkini pengawalan proses hukum Basuki Thaja Purnama alias Ahok, umat Islam Kabupaten Poso pada Senin (21/11/2016) kembali melakukan rapat konsolidasi menyatukan persepsi.

Selasa, 22/11/2016 10:05 0

Suriah

Serangan Rusia dan Assad Tewaskan Ratusan Sipil Aleppo dalam 6 Hari

Serangan udara bertubi-tubi rezim Assad dan Rusia dalam enam hari terakhir di Aleppo dilaporkan telah menewaskan lebih dari 320 sipil.

Selasa, 22/11/2016 09:10 0

News

PBB: Militer Myanmar Hancurkan Hampir Seribu Rumah Warga Rohingya

Sebanyak 820 bangunan rumah di lima desa yang dihuni Muslim Rohingya di provinsi Rakhine (Arakan) rata dengan tanah sejak tanggal 10-18 November, lapor PBB

Selasa, 22/11/2016 08:45 0

Video Kajian

Kajian: Sayyid Qutb, Inspirator Kebangkitan Islam yang Terlupakan [Ust. Anshari Taslim, Lc]

Pada tanggal 20 November 2016 lalu, Forum Studi Kebangkitan Islam (FSKI) telah mengadakan kajian terbuka dengan tema “Sayyid Quthb, Inspirator Kebangkitan Islam yang Terlupakan” dengan pemateri Ust. Anshari Taslim, Lc

Selasa, 22/11/2016 08:30 1

Irak

Jerman Peringatkan Konflik Sektarian di Mosul

Pemerintah Jerman meminta berhati-hati selama operasi perebutan Mosul untuk menghindari konflik sektarian

Selasa, 22/11/2016 07:57 0

Indonesia

Habib Rizieq dan Munarman Jadi Saksi Terkait Kasus Ahmad Dhani

Kabagmitra Ropenmas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono menegaskan pemanggilan Habib Rizieq dan Munarman sebagai saksi kasus penghinaan Presiden oleh musisi Ahmad Dhani.

Senin, 21/11/2016 22:40 0

Indonesia

Diperiksa Selasa Besok, Pemuda Muhammadiyah Desak Kepolisian Segera Tangkap Ahok

"Untuk itu kami meminta Polri langsung menahan Ahok setelah diperiksa besok sebagai tersangka. Sehingga masyarakat nggak perlu lagi turun ke jalan," kata Pedri kepada Kiblat.net melalui rilisnya pada Senin (21/11). Unsur subjektif untuk menahan tersangka sebagaimana dimaksud dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP selain ancaman hukuman 5 tahun atau lebih yaitu tidak akan mengulangi perbuatannya. Sementara, Ahok berpotensi mengulangi perbuatannya.

Senin, 21/11/2016 22:11 0

Indonesia

Jika Polisi Tidak Menahan Ahok, Akan Timbul Konflik Sosial Berkepanjangan

Ia menilai kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok juga dinilai melanggar ketertiban hukum, bukan hanya masalah agama. Jika polisi tidak segera melakukan penahanan terhadap Ahok, Suparji menduga akan menimbulkan konflik sosial yang berkepanjangan.

Senin, 21/11/2016 21:59 0

Indonesia

Nasir Djamil: Agama Punya Kedudukan Tinggi di Mata Undang-undang

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nasir Djamil menegaskan, kedudukan agama sangat tinggi di mata Undang-undang (UU) bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Senin, 21/11/2016 21:46 0

Indonesia

DPR: Calon Pemimpin Berstatus Tersangka Tak Pantas Mencalonkan Diri

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil menilai bahwa situasi bangsa Indonesia sekarang ini tidak memiliki pedoman dalam menegakkan hukum, lapor JITU Islamic News Agency.

Senin, 21/11/2016 21:38 0

Close