... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Warga Tal Afar di Mosul Tolak Kehadiran Milisi Syiah

Foto: Milisi Syiah Irak (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Baghdad – Sejumlah warga Sunni Turkmen dan Arab di Tel Afar menentang milisi Syiah Hashd al-Shaabi yang didukung Iran untuk memasuki kota mereka.

Seorang politisi Turkmen, Nabil Harbo mengatakan pada Ahad (20/11) bahwa pihaknya telah meminta PM Iraq untuk tidak mengizinkan milisi Syiah memasuki wilayah Tel Afar.

“Menurut rencana sebelumnya, tentara Iraq dan pasukan anti-teror akan merebut kembali Tel Afar. Tapi pemerintah kemungkinan akan mengerahkan milisi Syiah ke Tel Afar,” katanya.

“Kami, sebagai dewan suku Turkmen suku dan politisi dari Tel Afar, ditambah semua blok Sunni, telah meminta Haider Al-Abadi untuk tidak mengizinkan Hashd al-Shaabi dalam operasi Tel Afar,” tambahnya.

Dalam hal ini, Harbo menjelaskan alasannya bahwa pihaknya tidak menginginkan adanya ketegangan sektarian yang telah meledak di Irak setelah perang 2003 yang dipimpin AS.

“Apakah Hashd tidak akan melakukan kejahatan? Kami ingin kekuatan netral untuk merebut kembali Tel Afar untuk mencegah kekerasan dan untuk memecahkan masalah sektarian,” paparnya.

Bahkan, politisi Turkmen ini juga beranggapan bahwa masuknya milisi Syiah Hashd al-Shaabi nantinya akan berbuah positif bagi pasukan Daulah.

“Sejarah menunjukkan kepada kita stabilitas Tel Afar sangat penting bagi Ninawa, Kurdistan dan Iraq. Siapapun yang memungkinkan Hashd merebut Tel Afar adalah salah, karena hal ini akan memperkuat ekstremisme ISIS,” ungkapnya.

Dengan milisi Syiah yang kini sudah menguasai bandara Tel Afar, Harbo mengatakan bahwa ia yakin satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah pasukan koalisi untuk menyerukan penarikan dan menggantinya dengan militer Iraq.

BACA JUGA  Tiga Demonstran Tewas Dalam Demo Anti-Iran di Karbala, Irak Selatan

“Ada satu harapan untuk mencegah Hashd memasuki Tel Afar, dan itu adalah koalisi internasional yang dipimpin oleh AS. Hal ini dapat membuat mereka menarik diri dari daerah tersebut,” ujarnya.

“Ada dua brigade tentara Irak sekarang di Baghdad. Mereka telah dilatih oleh Amerika untuk merebut kembali Tel Afar. Mereka dapat mengganti Hashd,” pungkasnya.

Tel Afar sendiri merupakan kota yang didominasi oleh minoritas Turkmen Iraq, yang kebanyakan adalah Sunni. Terkait permasalahan ini, Turki mengancam akan mengambil tindakan bila milisi Syiah mulai melakukan kekejaman sektarian di kota Turkmen.

Reporter: Dio Alifullah
Sumber: Middle East Monitor

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Datang dari Bandung, Peserta Parade Bhinneka Tunggal Ika Kecewa Hanya Dibayar Rp100 Ribu

Berangkat dari Bandung semenjak pukul 3 dini hari menuju Jakarta, saat di bus panitia memberikan bingkisan berisi uang dan kaos kepada peserta

Senin, 21/11/2016 09:15 0

Indonesia

Beredar Meme Kocak Seputar Parade Bhinneka Tunggal Ika

Parade Bhineka Tunggal Ika yang awalnya disebut-sebut akan diikuti oleh ratusan ribu perserta ternyata hanya segelintr orang yang datang

Ahad, 20/11/2016 12:22 1

Indonesia

Polisi Tak Tahan Ahok, FUI Sulteng: Dimana Keadilan Itu

"Kami masih patut mempertanyakan kepada penegak hukum, dalam hal ini kepolisian karena dalam penerapan hukum Ahok terkesan istimewa, di mana tidak segera dilakukan penangkapan,"

Ahad, 20/11/2016 11:20 0

Indonesia

FUI Sulteng Sebut Kasus Ahok Sebagai Peperangan Al Kubro

Isyarat dari Allah subhahu wa ta’ala untuk menyatukan kaum muslimin dan memang ketika menghadapi perselisihan kubro

Ahad, 20/11/2016 10:33 0

Indonesia

NU-Muhammadiyah Larang Atributnya Dibawa dalam Aksi Bela Islam, Ini Kata Amien Rais

"Jadi buat orang tengil yang ingin melihat Islam itu pecah, saya rasa tidak mungkin"

Ahad, 20/11/2016 09:53 0

Profil

Ahmad bin Nashr Al Khuza’i, Prototipe Pembela Al-Quran

Fitnah tentang Al-Quran makhluk (Kholqu Al-Qur’an) tercatat dalam sejarah sebagai satu peristiwa yang menimbulkan musibah yang begitu besar bagi kaum muslimin, terutama para ulama. Fitnah yang berlangsung selama masa pemerintahan tiga khalifah ini, disebabkan adanya hembusan yang dilancarkan oleh orang-orang Muktazilah untuk mempengaruhi Khalifah Abbasiyah saat itu. Dampaknya, khalifah pun berinisiatif untuk menyebarkan doktrin menyimpang ini ke seantero wilayah kekuasannya.

Ahad, 20/11/2016 09:03 0

Video Kajian

Jadi Tahu: Hukum Lewat di Depan Orang Shalat

Shalat merupakan ibadah wajib yang dilakukan rutin 5 waktu oleh umat muslim seluruh dunia. Mereka bersujud bersimpuh pasrah sepenuhnya kepada Allah SWT

Ahad, 20/11/2016 07:35 0

Indonesia

KH. Athian Ali: Ahok Telah Nyata Menghina Allah SWT

“Mau pakai kata pakai atau tidak, yang menjadi sasaran adalah Al Qur’an Surat Al Maidah ayat 51. Siapa yang berfirman di Al Maidah 51? Artinya Ahok telah menghina Allah,” ungkapnya.

Sabtu, 19/11/2016 16:30 0

Indonesia

“Rush Money” Tak Pengaruhi Apapun

Menurut Huda, perbankan tidak akan goyah meskipun penarikan dana tersebut dilakukan secara serentak. “Tidak akan ada pengaruh signifikan ya karena jumlah yang akan ditarik tidak akan buat perbankan goyah,” ucapnya.

Sabtu, 19/11/2016 15:35 0

Indonesia

Jika Ditetapkan Terpidana dan Menang Pilkada, Ahok Digantikan Djarot

Ketua Konstitusi dan Demokrasi (Kode) Inisiatif, Veri Junaidi mengatakan, jika calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ditetapkan menjadi terpidana, namun memenangkan Pilkada, maka otomatis wakilnya yang akan naik menggantikan.

Sabtu, 19/11/2016 14:30 0

Close