... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Koalisi Milisi Syiah Irak Rebut Bandara Tal Afar, Mosul Barat

Foto: Wilayah Tal Afar, Irak

KIBLAT.NET, Mosul – Milisi Syiah Hashd al-Shaabi mengumumkan, Rabu (16/11), merebut bandara Tal Afar di Mosul Barat dari pasukan Daulah.

Menurut pernyataan koalisi milisi Syiah itu, kemenangan di bandara Tal Afar didapat setelah meluncurkan serangan tahap ketiga di di kota Tal Afar pada hari Senin. Tidak ada informasi lebih lanjut yang disampaikan milisi yang diakui pemerintah Irak itu.

Awal bulan ini, mereka mengumumkan bergerak ke kota Tal Araf untuk merebut pangkalan udara di kota itu. Pergerakan milisi Syiah ini kembali menimbulkan kekhawatiran atas pembantaian warga Sunni.

“Saat ini posisi kami kira-kira 25 kilometer dari pangkalan udara Tal Araf,” ujar Komandan Milisi Badr –yang tergabung dalam Al-Hasd Al-Syakbi— Karem Ulyawi, seperti dilansir Reuters.

Bagi kami, lanjutnya, pangkalan udara Tal Araf sangat penting melihat letaknya yang berbatasan dengan Suriah. Kota ini bisa menjadi markas pusat Al-Hasd Al-Syakbi dan titik menjaga perbatasan Irak-Suriah.

Pangkalan udara Tal Araf dilintasi jalan utama yang membentang di barat Mosul. Lepasnya pangkalan udara ini dari ISIS, artinya jalur logistik gerakan pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu dari luar Mosul terputus.

Selain itu, aliansi milisi Syiah yang dikomando pemerintah Irak dan Iran itu memungkinkan memanfaatkan pangkalan udara di kota yang penduduknya mayoritas Sunni ini untuk operasi di Suriah. Hal ini menimbulkan kecemasan, di samping kekhawatiran praktek pembantaian sektarian.

Terkait kemajuan milisi Syiah ini merebut kota yang berbatasan dengan Turki, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan jauh-jauh hari menegaskan akan mengintervensi Tal Afar jika milisi Syiah merebut dan membuat kekacauan di kota yang dihuni mayoritas suku Turkmen itu. Dia berdalih, intervensi itu untuk melindungi rakyat Turkmen dan Sunni dari ancaman pembantaian milisi Syiah.

Reporter: Dio Alifullah, Sulhi El-Izzi
Sumber: Anadolu Agency, Reuters

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Teladan Hidup Sahabat Nabi [Ust. Farid Okbah, MA.]

Sahabat adalah mereka yang bertemu dengan nabi dan mengimani ajaran nabi. Kita sebagai umat Nabi Muhammad selain meneladani kisah hidup nabi kita, kita juga harus meneladani kisah para sahabat nabi.

Kamis, 17/11/2016 08:27 0

Indonesia

Ahok Tersangka, PP Muhammadiyah: Umat Islam Kawal Terus Proses Hukum Selanjutnya

Usai ditetapkannya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka atas dugaan kasus penistaan agama, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Konferensi Pers terkait penetapan tersebut di Gedung Pusat dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/16) siang.

Kamis, 17/11/2016 00:44 0

Indonesia

Iim Ba’asyir: Jangan Mau Ditipu Pakai Kata Tersangka

Juru bicara Jamaah Ansharus Syariah Abdur Rochim Baasyir mengatakan, dengan meningkatnya status Ahok sebagai tersangka umat Islam jangan terlena dan dibuat kalah dengan itu. "Jangan mau tertipu pakai kata-kata tersangka," ujarnya kepada JITU News Agency (JNA) pada Rabu, (16/11).

Kamis, 17/11/2016 00:02 0

Indonesia

Kabareskrim: Berkat Pemeriksaan Barang Bukti, Ahok Jadi Tersangka

Kepala Bareskrim Polri, Komisaris Jenderal Ari Dono Sukamto mengatakan video penistaan Surat Al-Maidah ayat 51 oleh Ahok di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu berdasarkan pengecekan teknis laboratoris terhadap video tersebut benar-benar asli.

Rabu, 16/11/2016 23:00 1

Indonesia

Penetapan Tersangka Ahok Langkah Maju, Tapi Jalan Perjuangan Masih Panjang

Penetapan status tersangka petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinilai sebagai langkah maju. Namun, ini belum final dan jalan perjuangan masih panjang.

Rabu, 16/11/2016 22:00 0

Indonesia

GNPF MUI Minta Umat Islam Terus Kawal Kasus Ahok Meski Sudah Tersangka

Panjangnya proses hukum di Indonesia tidak menutup kemungkinan penetapan tersangka oleh kepolisian bisa saja dianulir. Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, KH Muhammad Zaitun Rasmin, mengatakan perjuangan harus tetap dilanjutkan dan tetap perlu kewaspadaan dalam mengawal kasus Ahok.

Rabu, 16/11/2016 21:52 0

Indonesia

Aktivis Tionghoa: Ahok Mengkhianati Perjuangan Kami Sejak Reformasi

Sejak Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2012 lalu, seharusnya persoalan rasial dan sentimen anti Tionghoa sudah selesai. Hal itu diungkapkan aktivis Tionghoa Zeng Wei Jian alias Ken Ken dalam Seminar bertema 'Permasalahan Cina/Tionghoa dalam Konteks Integrasi Nasional' di Kantor Komnas HAM, Jl. Latuharhari, Jakarta, Rabu (16/11/2016).

Rabu, 16/11/2016 21:30 0

Indonesia

Situs Islam Diblokir, Romo Syafi’i: Itu Menteri Panik

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Muhammad Syafi'i, mengatakan bahwa itu buah dari tindakan menteri yang panik.

Rabu, 16/11/2016 21:19 1

Indonesia

Zeng Wei Jian: Proses Hukum Ahok Penuh Intervensi Politik  

Aktivis media, Zeng Wei Jian menilai proses hukum Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok penuh intervensi politik.

Rabu, 16/11/2016 21:14 0

Artikel

10 November 1945 Mahakarya Ulama dan Santri

Seruannya menggema ke relung hati para pemuda dan pemudi Islam saat itu. Pekikan takbir terlontar dengan gagah menyebar ke seluruh penjuru Surabaya. Melalui Radio Pemberontak Republik Indonesia Soetomo atau lebih akrab dipanggil Bung Tomo memanggil Ulama dan Santri menjawab ultimatum Tentara Sekutu Inggris dan NICA di Surabaya, pada 10 November 1945.

Rabu, 16/11/2016 19:44 0

Close