... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kurdi PYD Putus Aliran Listrik ke Kampung Arab di Hasakah

Foto: Milisi Kurdi PYD

KIBLAT.NET, Hasakah – Milisi Perlindungan Rakyat Kurdi (PYD) baru-baru ini memutus aliran listrik ke desa-desa yang dihuni warga Arab di provinsi Hasakah, timur laut Suriah. PYD memblokade desa-desa itu karena penduduknya menolak bergabung milisi untuk memerangi ISIS di Raqqah.

Dilansir dari Arabi21.com, Selasa (15/11), penolakan warga suku Arab tersebut menyusul seruan pemimpin suku Asy-Syarayin, Syaikh Shalih Al-Bashar. Tetua suku itu menyeru warga Arab membangkang perintah milisi PYD yang mewajibkan para pemuda suku Arab bergabung milisi.

Tidak hanya itu, Syaikh Al-Bashar juga memerintahkan warga Arab memboikot milisi yang berkuasa di Hasakah itu. Anak-anak Arab yang belajar di sekolah-sekolah Kurdi diseru mogok. Segala ancaman dan pelanggaran yang dilakukan Kurdi terhadap warga Arab harus dilawan.

Aktivis media Basil Al-Husain menjelaskan, pemutusan listrik itu terjadi di kota Tel Hamis dan wilayah pedesaannya. Warga kota sepakat membangkang perintah PYD untuk bergabung ke barisan gerilyawan.

PYD, imbuhnya, tidak akan membuka kembali aliran listrik ke kampung Arab sampai para tokoh suku mencabut seruannya itu. Ini merupakan syarat mutlak untuk dapat menikmati listrik.

Husain menunjukkan, perselisihan antara tetua suku Arab dan PYD sudah terjadi sejak lama. Puncaknya, mereka menyeru warga Arab membangkang perintah PYD bergabung ke barisan milisi.

Dia mengungkapkan, kondisi di Hasakah di bawah kepemimpinan Kurdi sangat memprihatinkan. Kurdi menerapkan kebijakan diskriminatif terhadap warga keturunan Arab.

BACA JUGA  Narapidana di Penjara SDF Berontak, Sejumlah Tahanan ISIS Kabur

Ketegangan antara warga Kurdi dan Arab terus meningkat. Banyak warga Arab keluar dari pasukan bersenjata yang dipimpin Kurdi. Mereka sebelumnya bersama-sama dengan milisi PYD merebut Hasakah dari ISIS.

Husain mensinyalir, banyak korban tewas militan suku Arab dari pertempuran Aleppo mendorong mereka mengundurkan diri. Sehingga PYD membuat kebijakan mewajibkan pemuda Arab jadi milisi.

Reporter: Suhli El-Izzi
Sumber: Arabi21.cm

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ahok Tidak Ditahan karena Terjadi Beda Pendapat di Tim Penyidik

Kabareskrim Mabes Polri Irjen Pol Ari Dono Sukmanto mengungkapkan adanya perbedaan pandangan di kalangan ahli kasus Ahok. Menurutnya, hal itu kemudian menimbulkan perbedaan pendapat di tim penyelidik kasus penodaan agama itu.

Rabu, 16/11/2016 12:39 1

Indonesia

Ahok Ditetapkan Tersangka, Komisi III Berharap Ini Bukan Siasat

Tapi di balik itu kita berharap ini berdasarkan bukti hukum, bukan sebagai siasat.

Rabu, 16/11/2016 12:14 1

Indonesia

Jadi Tersangka, Ahok Belum Ditahan

Syarat objektif belum terpenuhi karena di kalangan penyidik harus ada kesepakatan yang bulat adanya tindak pidana yang dilakukan Ahok.

Rabu, 16/11/2016 11:15 0

Indonesia

Ahok Ditetapkan sebagai Tersangka

"Ir. Basuki Tjahaja Purnama ditetapkan sebagai tersangka," kata perwakilan Bareskrim Polri dalam konferensi pers, hari ini di Jakarta, Rabu (16/11).

Rabu, 16/11/2016 10:31 0

Indonesia

Usai Gelar Perkara, Hj. Irene Handono Optimistis Ahok Jadi Tersangka

"Ya, jelas banget, gamblang. Mudah-mudahan, kalau umi berharap sih begitu (tersangka, red). Karena Ahok ini selain melakukan penistaan terhadap kitab suci Al-Qur'an dan para ulama, Ahok juga melakukan perongrongan terhadap umat beragama," katanya.

Rabu, 16/11/2016 07:55 0

Indonesia

Saksi Pihak Terlapor dalam Gelar Perkara Dinilai Tidak Relevan, Siapa?

Ada yang didatangkan oleh terlapor malah menjelaskan tentang pilkada 2007. Ada juga saksi ahli yang tidak kompeten di bidangnya.

Rabu, 16/11/2016 07:32 0

Indonesia

Habib Rizieq Akan Serahkan Bukti Baru dalam Kasus Ahok ke Kepolisian

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab mengungkapkan bahwa ia mempunyai bukti bukti baru dalam kasus penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Selasa, 15/11/2016 22:29 0

Indonesia

Supremasi Hukum Direndahkan, Serikat Pekerja Desak Pemerintah Tegakkan Hukum

“Kami akan ikut serta bersama gerakan bela Islam GNPF MUI, kami menuntut pemerintah menegakkan supremasi hukum. Persoalan gerakan penistaan agama itu adalah melawan hukum yang dimain-mainkan, supremasi hukum direndahkan,” tutur Said Iqbal kepada Jitu News Agency (JNA) di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (14/11).

Selasa, 15/11/2016 22:07 0

Indonesia

Mengapa Ahok Harus Segera Ditangkap? Ini Penjelasan Habib Rizieq

Ia juga menjelaskan dua alasan mengapa Ahok harus segera dipidana atas penistaan Al-Quran di kepulauan seribu.

Selasa, 15/11/2016 21:25 0

Indonesia

Habib Rizieq Apresiasi Kerja Polisi Lakukan Gelar Perkara

KIBLAT.NET, Jakarta - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab pada Selasa, (15/11) mengapresiasi kerja kepolisian dalam melakukan gelar perkara kasus penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Selasa, 15/11/2016 21:10 0

Close