... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Peduli Suriah, Ratusan Santri di Lampung Galang Dana di Tugu Adipura

Foto: Aksi peduli kaum muslimin Suriah di Bandarlampung

KIBLAT.NET, Bandarlampung – Tak kurang dari 600 massa gabungan santri pondok pesantren Al Fattah, Natar dan umat Isalm pada Jum’at (11/11) mengadakan aksi damai untuk membela kaum muslimin di negeri Suriah, yang saat ini sedang dilanda perang berkepanjangan.

Dalam aksinya di Tugu Adipura, Tanjungkarang PGalusat, Bandarlampung, mereka menyerukan kepada kaum muslimin untuk membantu saudara seimannya di Suriah.

“Aksi damai ini untuk menggugah masyarakat lainnya untuk membantu saudara Islam di Suriah, karena di sana sebentar lagi memasuki musim hujan,” ujar Koordinator Aksi, Rustam Efendi.

Rustam menambahkan, aksi ini sekaligus sebagai penggalangan dana untuk membantu para pengungsi dan korban perang di Suriah.

Sementara itu, salah satu orator, Yusron Darojat dengan berapi-api mengutuk pihak pihak yang menyebabkan perang di Suriah menjadi perang yang berkepanjangan. Selain itu, ia juga menjelaskan kondisi terkini di Suriah.

“Saudara kita se-Islam se-Iman di sana sedang dilanda kesusahan, mereka kedinginan karena masuk musim dingin, sementara tidak ada sesuatu pun yang bisa digunakan untuk menghangatkan diri,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa sedikitnya 2,3 juta kaum muslimin di sana sedang mengalami kondisi yang payah dan susah. Di sisi lain, mereka juga diharuskan menjaga imannya lantaran ada pihak pihak yang memaksa mereka keluar dari keimanannya.

Pantauan di lapangan, 600 santri ini datang dari Natar sekitar pukul 11.00 wib dan melaksanakan shalat Jum’at di Islamic Centre, Rajabasa, Bandarlampung. Setelah itu mereka bertolak ke Lapangan Gatam, Saburai kemudian berjalan menuju Tugu Adipura.

BACA JUGA  BJ Habibie Wafat, Ulama dan Tokoh Sampaikan Duka Cita

Kapolresta Bandarlampung AKBP Murbani Budi Pitono sempat terlihat di tempat aksi. 100 anggota gabungan dari Polresta dan juga Polsekta Tkb dikerahkan agar aksi berlangsung kondusif.

Reporter: Abdullah
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tarbiyah Jihadiyah

Dua Sifat Pengangkat Derajat Umat

Rabbul ‘Izzati meninggikan derajat orang-orang beriman berdasarkan amal baik mereka. Allah memilih di antara sekian banyak amal shalih itu dua sifat yang istimewa untuk mengangkat derajat serta mendekatkan si pelaku di sisi-Nya. Dua sifat itu ialah: Asy-Syaja’ah (keberanian) dan Al-Karam (kedermawanan). Yakni dua sifat yang termuat dalam surat Al-Hadid ayat 10

Jum'at, 11/11/2016 20:35 0

Opini

Seuntai Nasehat Bagi Saudaraku Penentang Demo Bela Al-Quran

Betul, kalian memiliki hak untuk mendiskusikan masalah ini menurut ilmu syar’i dengan cara yang lembut. Benar bahwa sebagian kaum muslimin mungkin salah dalam hal cara dan kata-kata ketika di lapangan. Akan tetapi, bukankah mereka lebih utama untuk mendapatkan kelembutan dan kelapangan dada daripada orang-orang kafir

Jum'at, 11/11/2016 20:00 0

Afrika

Jet AS Gempur Gerilyawan Somalia, Eh…Ternyata Bukan Al-Shabab

Dalam draft laporan yang didapat Reuters, insiden tersebut terjadi pada 28 September lalu di daerah Galkayo, Somalia. Akibatnya, sedikitnya 10 gerilyawan lokal tewas dan tiga lainnya luka-luka. AS mengaku tidak ada korban sipil dalam insiden itu.

Jum'at, 11/11/2016 18:30 0

Suriah

Bashar Assad: Kami Siap Bekerjasama dengan Trump

Presiden Suriah, Bashar Assad menyatakan siap untuk bekerjasama dengan Donald Trump, Presiden terpilih AS, jika kebijakannya sejalan dengan harapan Damaskus. Hal itu juga diamini Penasihat Media Suriah, Bouthaina Shaaban pada Kamis (10/11).

Jum'at, 11/11/2016 16:50 0

Amerika

Depkeu AS Masukkan Al-Muhaisini dalam Daftar Teroris

Departemen keuangan Amerika Serikat melalui lembaganya, OFAC pada memasukkan empat orang pejuang oposisi Suriah ke dalam daftar teroris.

Jum'at, 11/11/2016 16:13 0

Suriah

Badai Pasir Hambat Pasukan SDF Rebut Raqqah

"Kami khawatir kondisi ini dimanfaatkan ISIS untuk menyelinap dan melakukan serangan balik," ujar sumber komandan SDF, Kamis.

Jum'at, 11/11/2016 14:10 0

Afrika

Nigeria Bantah Gunakan Tentara Bayaran untuk Melawan Boko Haram

Pemerintah Nigeria membantah tudingan menyewa tentara bayaran untuk melawan para pejuang Boko Haram. Tentara bayaran yang dimaksud adalah pimpinan Eeben Barlow, mantan pasukan khusus Afrika Selatan

Jum'at, 11/11/2016 13:15 0

Mesir

Jelang Demo Besar 11 November, Mesir Perketat Pengamanan

"Lengsernya Al-Sisi tinggal menunggu waktu," ungkap mereka.

Jum'at, 11/11/2016 11:30 0

Suriah

Serangan Kelompok Tak Dikenal Tewaskan Komandan Kurdi YPG

Dikutip dari Anadolu Agency pada Kamis (10/11) bahwa seorang komandan Kurdi YPG bernama Haji Kurkhan alias "Ali Botan" tewas dalam penyerangan di provinsi Hasakah.

Jum'at, 11/11/2016 09:45 0

Iran

Ternyata Iran Punya Pabrik Amunisi di Aleppo Sejak 2006

Sekutu utama rezim Bashar Assad, Iran, akhirnya mengakui memiliki pabrik pembuatan roket tempur di kota Aleppo, Suriah. Bahkan, pabrik senjata ini sudah ada sejak 2006 silam.

Jum'at, 11/11/2016 09:17 0

Close