... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Milisi Syiah Irak Incar Pangkalan Udara Tal Afar di Mosul Barat

Foto: Militan Syiah mencium bendera mereka di awal pertempuran pembebasan Mosul [reuters]/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Mosul – Aliansi milisi Syiah Irak, Al-Hasd Al-Syakbi, Selasa (08/11), mengumumkan pasukannya telah bergerak ke kota Tal Araf untuk merebut pangkalan udara di kota itu. Pergerakan milisi Syiah ini kembali menimbulkan kekhawatiran atas pembantaian warga Sunni.

“Saat ini posisi kami kira-kira 25 kilometer dari pangkalan udara Tal Araf,” ujar Komandan Milisi Badr –yang tergabung dalam Al-Hasd Al-Syakbi— Karem Ulyawi, seperti dilansir Reuters.

Bagi kami, lanjutnya, pangkalan udara Tal Araf sangat penting melihat letaknya yang berbatasan dengan Suriah. Kota ini bisa menjadi markas pusat Al-Hasd Al-Syakbi dan titik menjaga perbatasan Irak-Suriah.

Pangkalan udara Tal Araf dilintasi jalan utama yang membentang di barat Mosul. Lepasnya pangkalan udara ini dari ISIS, artinya jalur logistik gerakan pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu dari luar Mosul terputus.

Selain itu, aliansi milisi Syiah yang dikomando pemerintah Irak dan Iran itu memungkinkan memanfaatkan pangkalan udara di kota yang penduduknya mayoritas Sunni ini untuk operasi di Suriah. Hal ini menimbulkan kecemasan, di samping kekhawatiran praktek pembantaian sektarian.

Merespon perkembangan ini, Presiden Turki Racep Tayyib Erdogan mengumumkan mengerahkan pasukan ke perbatasan Irak. Erdogan menegaskan, pasukan ini akan menghalau milisi-milisi Syiah Irak ketika membuat kekacauan di Tal Araf.

Juru bicara Pasukan Penjaga Ninawe, Zuhari Al-Jaburi, memperingatkan pemerintah meninggatkan sensivitas situasi di Tal Araf. Ketika milisi masuk kota itu, lanjutnya, akan terjadi pembantaian terhadap warga Sunni dengan dalih pendukung ISIS. Hal ini, lanjutnya, bisa menjadi alasan Turki masuk ke Tal Araf.

Perlu dicatat, Amnesty Internasional melaporkan bahwa milisi Syiah melakukan pembantaian di wilayah-wilayah yang berhasil dibebaskan dari ISIS. Warga yang berupaya melarikan diri dari wilayah ISIS juga tidak luput dari sasaran milisi tersebut.

Juli lalu, PBB juga melaporkan sebanyak 640 warga Sunni baik dewasa dan anak-anak diculik oleh milisi Syiah di Fallujah. Terdata sebanyak 50 lainnya tewas dieksekusi di tempat atau akibat penyiksaan.

Reporter: Suhli El-Izzi
Sumber: Reuters Arabic


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Penangkapan Sekjen HMI di Tengah Malam Identik Gaya Rezim Orba

Wasekjen Pemberdayaan Ummat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Fahmuddin menegaskan bahwa proses penangkapan Amin Jaya mengingatkan HMI pada masa-masa orde baru.

Rabu, 09/11/2016 01:01 0

Indonesia

HMI Targetkan Seribu Pengacara Dampingi Sekjen PB HMI

PB HMI telah menyiapkan tiga ratus advokat untuk mengawal kasus penangkapan Sekjen Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Amin Jaya.

Rabu, 09/11/2016 00:01 0

Indonesia

Pemilu AS Dimulai, Trump Sasar Wilayah ‘Suara Mengambang’

Calon presiden Partai Republik Donald Trump mengaku menaruh perhatian besar kepada negara-negara bagian suara mengambang (swing states) seperti North Carolina, Florida, New Hampshire, Ohio, Iowa, Michigan dan Wisconsin.

Selasa, 08/11/2016 23:44 0

Indonesia

Bersitegang di Kantor HMI, Polisi Sempat Salah Tangkap

Ia juga menjelaskan, polisi datang sekitar setengah dua belas. Saat datang, polisi menyapa anggota HMI, dan langsung mengatakan bahwa mereka ingin menangkap Sekjen HMI, Amin Jaya.

Selasa, 08/11/2016 23:23 0

Indonesia

Ditangkap Polisi, Sekjen PB HMI Tak Pernah Dapat Surat Panggilan Sebelumnya

Menanggapi hal itu, Wasekjen Pemberdayaan Ummat PB HMI, Fahmuddin mengungkapkan bahwa penangkapan itu berkaitan dengan aksi 4 November.

Selasa, 08/11/2016 23:13 0

Indonesia

Dari Jawa Barat, Muncul Seruan Umat Bersatu Kawal Tuntutan #AksiBelaQuran

PAS Jawa Barat mengapresiasi #AksiBelaQuran yang berjalan damai dan timbulnya tekad perjuangan dan akhlak yang baik berupa tindakan kebersamaan, saling berbagi dan saling melindungi, kedermawanan yang muncul secara spontan dari sesama massa dan pendukung unjuk rasa dari ummat.

Selasa, 08/11/2016 20:24 1

Indonesia

PAS Jawa Barat Apresiasi Kepemimpinan Ulama pada Aksi Damai Bela Quran

PAS Jabar merupakan salah satu elemen umat Islam yang terlibat dalam Aksi Damai Sejuta Ummat Bela Islam. Sebanyak 1.000 anggota PAS Jabar turut dalam #AksiBelaQuran pada Jum’at, 4 November 2016 dari Masjid Istiqlal hingga depan Istana Negara dan kemudian dilanjutkan di gedung DPR/MPR.

Selasa, 08/11/2016 19:27 0

Rohah

“Makanlah Bangkai Keledai Itu”

Maka mereka lantas membawa dua orang shahabat tersebut kepada beliau. Beliau memerintah, “Turunlah kamu berdua dan makanlah bangkai keledai itu.”

Selasa, 08/11/2016 16:00 0

Indonesia

IMM DKI Jakarta Pecat Oknum Anggotanya yang Dukung Ahok-Djarot

Ketua Umum DPD IMM Jakarta, Kharisma Asadullah mengatakan pihaknya akan segera memberikan tindakan tegas kepada Agus Pamuji berupa pemecatan.

Selasa, 08/11/2016 14:54 0

Indonesia

Puluhan Advokat Telah Bergabung Dampingi Pejuang #AksiBelaQuran

Sejumlah advokat dan pengacara telah bergabung dengan Tim Advokasi Muslim Indonesia (TAMI) untuk mendampingi para pejuang Islam, aktivis HMI, dan peserta Aksi Damai Bela Al Quran GNPF MUI yang diperiksa, ditangkap dan ditahan tengah malam oleh Polda Metro Jaya.

Selasa, 08/11/2016 14:35 0

Close