... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tito Karnavian: Lakukanlah Aksi Damai

Foto: Ribuan massa Gerakan Masyarakat Jakarta turun ke jalan pada 1 Desember 2014.

KIBLAT.NET, Jakarta – Unjukrasa merupakan hal yang diperbolehkan dalam aturan demokrasi. Hal senada diutarakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Apalagi dalam dua hari, komponen umat Islam dari berbagai daerah akan menggelar aksi pada tanggal 4 November 2016.

“Demo tentunya tidak dilarang. Silahkan saja. Tapi lakukan dengan cara-cara aturan hukum. Di dalam aturan itu, baik dalam doktrin PBB yang disebut International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) dan UU No. 9 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum,” kata Tito seusai memberikan ceramah dalam World Peace Forum 6th di Hotel Sahid Jakarta pada Selasa, (02/11).

Tito menambahkan, aksi demonstrasi itu diperbolehkan pemerintah selama tidak melanggar beberapa ketentuan.
Pertama, tidak mengganggu hak asasi org lain. Misalnya tidak mengganggu hak pemakai jalan. Kedua, tidak mengganggu ketertiban publik.

“Jadi gak boleh melakukan perusakan tindak kriminal, penganiayaan, penjarahan dan semacamnya,” ujar mantan Kepala Detasamen Khusus Anti Teror/Densus 88 itu.

Ketiga, peserta unjukrasa harus mengindahkan etika. Tidak boleh mengumbar masalah agama dan ras.

“Untuk itulah kami dari TNI dan Polri akan memfasilitasi demo, mengawasi demo. Tapi kami juga meminta demonstran memahami koridor batasan ini. Lakukanlah aksi damai,” ujarnya.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Bashar Assad Bersikeras Jadi Presiden Suriah hingga 2021

Bashar Assad ingin terus memimpin Suriah hingga akhir jabatannya pada 2021. Hal itu ia sampaikan pada Selasa (01/11), saat pertemuan dengan wartawan Amerika dan Inggris di Damaskus seperti dikutip Arabi21.

Rabu, 02/11/2016 18:47 0

Belanda

Terjerat Kasus Anti-Islam, Politisi Belanda Mangkir dari Pengadilan

Pengadilan kasus hate speech terhadap anggota parlemen anti-Islam Belanda, Geert Wilders dibuka pada hari Senin (31/10) tanpa kehadiran terdakwa. Ini merupakan sebuah kasus yang akan menguji batas-batas kebebasan ekspresi dalam pemungutan suara di parlemen tahun depan.

Rabu, 02/11/2016 18:10 0

Irak

Militer Irak Raih Kemajuan di Mosul, PBB Khawatirkan Sipil Sunni

Deng mengingatkan Pemerintah Irak bahwa operasi militer harus dilakukan dengan menghormati hukum internasional. Pasukan keamanan dan milisi sekutu harus menjauhi aksi balas dendam atas dasar sektarian

Rabu, 02/11/2016 16:20 0

Afrika

Masih Dianggap Ancaman, Obama Perpanjang Sanksi terhadap Sudan

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama memperpanjang sanksi terhadap Sudan selama satu tahun lagi. Menurutnya, kebijakan pemerintah Khartoum tetap merupakan "ancaman luar biasa" terhadap keamanan nasional Amerika Serikat.

Rabu, 02/11/2016 16:03 0

Turki

Turki Mulai Kirim Tank ke Perbatasan Iraq

Pemerintah Turki disebut telah mengirimkan beberapa tank ke wilayah perbatasan Iraq.

Rabu, 02/11/2016 14:30 0

Rusia

Rusia Anggap Wajar Kejahatan Perang di Suriah

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan bahwa kasus kejahatan perang yang telah dilakukan Moskow di Suriah merupakan hal yang wajar.

Rabu, 02/11/2016 13:40 0

News

Gema Protes Maroko Berlanjut Dikhawatirkan Memicu Arab Spring

KIBLAT.NET – Pemerintah Maroko telah menangkap 11 orang atas kematian mengerikan seorang penjual ikan pekan...

Rabu, 02/11/2016 12:25 0

Afrika

Jihadis Mali Roket Pangkalan Militer Prancis

Dalam pernyataan resmi yang didapat Al-Jazeera, Selasa (01/11), gerakan yang aktif di wilayah Azwad, Mali Utara, ini mengakui meluncurkan sejumlah roket dan mortar ke pangkalan militer Prancis, Kandy.

Rabu, 02/11/2016 11:10 0

Irak

Pertempuran Sengit Meletus di Ujung Pusat Kota Mosul

sumber militer Irak mengatakan bahwa pihaknya sempat mencapai kompleks Qazah di pinggiran timur Mosul Kota dan sempat menyisir daerah tersebut. Akan tetapi, pasukan ISIS meluncurkan serangan balik sehingga memaksa kami mundur.

Rabu, 02/11/2016 09:15 1

Suriah

Rusia: Seluruh Oposisi Bersenjata di Aleppo Target Sah

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menyatakan bahwa para pejuang yang berada di Aleppo adalah target yang sah, karena bekerja sama dengan Jabhah Fateh al-Syam.

Rabu, 02/11/2016 08:30 0

Close