... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polri: Tidak Ada Intervensi dalam Proses Hukum Ahok

Foto: Kadiv Humas Polri, Boy Rafli Ammar

KIBLAT. NET, Jakarta – Kadiv Humas Mabes Polri, Boy Rafli Ammar mengungkapkan bahwa para penyidik tidak ada intervensi dari pihak manapun dalam menyelesaikan kasus penistaan Al-Qur’an oleh Ahok.

“Penyidik tidak ada intervensi dari manapun. Datanya mengalir dari para ahli,” akunya dalam diskusi ‘Membedah Kasus Ahok: Apakah Penistaan Agama?’ di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Senin (01/11).

Polri mengapresiasi pelaporan masyarakat terkait kasus tersebut. Ia mengatakan ada sebelas pelapor dalam kasus penistaan Al-Qur’an tersebut.

“Polri berikan apresiasi pelaporan oleh elemen masyarakat yang melaporkan Pak Ahok melalui hukum. Itu sangat bagus karena kita negara hukum,” tuturnya.

“Kalau tidak salah ada sebelas yang melaporkan yang diterima. Dari sebelas itu dijadikan landasan dasar untuk penyelidikan dann penyidikan,” sambungnya.

Ia juga mengatakan sudah memeriksa saksi pelapor walaupun belum lengkap, masih ada empat. Untuk saksi ahli ditetapkan di bidang agama, pidana dan bahasa.

“Ada sepuluh ahli, baru lima, hari ini kemungkinan nambah satu,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, untuk menentukan keaslian polisi meminta keterangan ahli. Fakta yang dikumpulkan bukan dibuat-buat, tapi mengumpulkan para ahli pidana, agama, bahasa yang berkaitan dengan ucapan Ahok apakah termasuk penistaan.

“Setelah mendapat penjelasan dari para ahli akan dilakukan gelar perkara,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI), Munarman, SH dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa perbuatan yang dilakukan Ahok termasuk delik pidana. Sehingga tanpa pelaporan, polisi seharusnya melakukan penyelidikan dan penyidikan.

BACA JUGA  Kemenag Perkuat Komitmen Anti Korupsi

“Tindak pidana delik umum bukan aduan. Permintaan maaf tidak menghilangkan pidana. Bahkan tanpa ada laporan aparat penegak hukum wajib melakukan penyelidikan dan penyidikan,” tegasnya.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Pakistan

Kekerasan terhadap Muslim Kashmir Masih Berlangsung

Lebih dari 1.631 warga sipil Kashmir terkena peluru karet di wajah karena aksi represif aparat India yang menembaki mereka saat aksi unjuk rasa.

Selasa, 01/11/2016 15:40 0

Artikel

Sikap Imam Malik kepada Para Pemuja Penguasa

Sesuatu yang paling dikhawatirkan oleh Imam Malik terhadap diri para penguasa adalah pujian dusta yang datang dari lisan orang-orang di sekitarnya. Sebab, pujian itu akan menjadikan indah amal-amal mereka. Sehingga, sesuatu yang buruk akan terlihat baik dalam pandangan mereka, dan akhirnya mereka pun meridhainya. Selanjutnya jiwa mereka tidak bisa untuk menerima arahan, petunjuk, atau nasihat dari orang-orang yang memberikannya.

Selasa, 01/11/2016 15:00 0

Irak

Di Mosul, AS Tidak Akan Biarkan Pasukan ISIS Melarikan Diri

Amerika Serikat berniat menghabisi para militan ISIS di Mosul. Letnan Jenderal Jeffrey Harrigan, komandan pasukan udara AS di Timur Tengah, mengatakan akan tetap menyerang militan ISIS meski melarikan diri.

Selasa, 01/11/2016 14:38 0

Rohah

Pohon Kurma Pun Menangis

Ketika pertama kali Rasulullah berkhutbah Jum'at menggunakan mimbar yang baru, tiba-tiba terdengar tangisan pohon kurma yang biasa beliau pakai untuk bersandar ketika berkhutbah.

Selasa, 01/11/2016 13:45 0

Suriah

Tiga Hari Operasi Aleppo, 22 Petinggi Assad dan Milisi Syiah Tewas

Rezim Assad, Garda Revolusi Iran dan Hizbullah mengalami kerugian signifikan dalam operasi pembebasan Aleppo oleh oposisi Suriah.

Selasa, 01/11/2016 12:34 0

News

Trio Mojokerto, TPM: Jaksa Tak Bisa Buktikan Mereka Lakukan Tindakan Terorisme

Tim Pengacara Muslim (TPM), Farid Ghozali, SH. menegaskan bahwa selama persidangan dari ketiga terdakwa tidak ditemukan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat. Termasuk tindakan teror.

Selasa, 01/11/2016 12:00 0

Video Kajian

Hukum Demo di Indonesia [Ust. Farid Okbah, MA]

Kasus penistaan agama kini tengah merebak di tengah-tengah kita. Diawali dengan dilecehkannya Qur’an surat Al Maidah ayat 51 oleh salah satu calon gubernur ibu kota. Respon pun berdatangan, umat muslim marah mendengar salah satu ayat dari kitab suci mereka dihina sedemikian rupa. Tidak mendapat respon yang memuaskan, Umat muslim menggelar demo untuk menuntut keadilan agar penista agama tersebut diproses secara hukum.

Selasa, 01/11/2016 11:30 1

Suriah

Fath Al-Syam Tangkap Mata-mata Rezim di Idlib

"Kedua orang kafir telah bekerja sama dan menjadi mata-mata untuk rezim Assad," tegas pernyataan tersebut.

Selasa, 01/11/2016 09:36 0

Suriah

Pentagon: Operasi Raqqah Dimulai Dalam Hitungan Pekan

Juru bicara Pentagon, Peter Cook mengatakan bahwa operasi di wilayah Raqqa akan dimulai dalam hitungan minggu.

Selasa, 01/11/2016 09:06 0

Arab Saudi

OKI Rapat Bahas Upaya Syiah Hutsi Serang Mekkah

Sekretaris Jenderal OKI, Iyad Ameen Madani mengatakan pada Senin (31/10) bahwa pertemuan ini akan diadakan di Jeddah pada tingkat menteri.

Selasa, 01/11/2016 08:30 0

Close