... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Umat Islam Poso: Allahu Akbar, Kami Masih Konsisten Tuntut Ahok Ditangkap

Foto: Umat Islam Poso

KIBLAT.NET, Poso – Ribuan umat Islam Poso kembali turun ke jalan pada Jum’at (28/10), menuntut supaya Ahok segera ditangkap atas kasus penistaan agama. Aksi yang digagas oleh DPW FPI (Front Pembela Islam) Poso dan MUI Poso ini diikuti oleh berbagai elemen umat Islam se-Kabupaten Poso.

Umat Islam Poso yang marah akibat ucapan Ahok yang menghina Al-Qur’an sebelumnya telah melakukan aksi pada Jum’at pekan lalu. Sebagaimana pantauan Kiblat.net di lapangan, massa dalam aksi ini terlihat semakin banyak. Kemarahan mereka meluap-luap akibat kasus Ahok yang tak kunjung selesai.

Usai shalat Jum’at sekitar pukul 13.30 wita, umat Islam bergerak dari Masjid At-Takwa, Komplek Pasar Lama Poso menuju Mapolres Poso. Melewati Jalan Pulau Sumatra Poso, mereka memekikkan takbir dan mengecam Ahok. Para orator pun saling bergantian memberikan orasinya. Meski di bawah terik matahari, tak mengurangi semangat mereka mengikuti aksi ini.

unnamed-4

Ketua MUI Poso KH. Arifin Tuamaka, S.Ag mengatakan bahwa aparat hukum dan pemerintah agar segera menangkap Ahok karena negara ini adalah negara hukum maka siapapun yang telah melanggar hukum apalagi melecehkan dan menistakan Al-Qur’an dia harus ditangkap dan hukum harus ditegakkan.

“Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar. Hari ini kita masih terus merapatkan barisan khususnya umat Islam saat ini telah dihadapkan dengan penistaan Al-Qur’anul Karim oleh Ahok, gubernur DKI Jakarta. Oleh karena itu kami mohon kepada aparat pemerintah agar mendengarkan suara kami selaku umat Islam Indonesia, Ahok segera diproses dan ditangkap,” tegasnya dalam orasi.

BACA JUGA  Buang-buang Energi, Pakar Hukum Minta RUU HIP Dibatalkan

Massa membanjiri sepanjang jalan Pulau Sumatra Poso, jalur trans Sulawesi sempat ditutup sementara. Selanjutnya massa bergerak di pusat Kota Poso, yaitu di bundaran Jam Kota di depan kantor pengadilan negeri Poso. Pekikan takbir dan teriakan bunuh Ahok oleh massa terdengar sepanjang jalan ketika bergerak menuju bundaran Jam Kota Poso.

Sekitar pukul 15.30 wita, seluruh pendemo sepakat melakukan shalat Ashar di tengah jalan poros depan Jam Kota Poso. Selanjutnya massa kembali melakukan aksi demo dengan membakar foto Ahok dengan teriakan bakar Ahok. Massa akhirnya membubarkan diri setelah koordinator aksi menyampaikan akan membuka posko relawan yang akan dikirimkan pada demo besar-besaran di Jakarta 4 november nanti.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Reporter: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Investigasi

[Wawancara] Lurah Selosari: Gatot Witono Bukan Orang Tertutup, Dia Teman Main Badminton Saya

Detasemen Khusus Anti Teror/Densus 88 pada Selasa, (25/10) menangkap seorang bernama Gatot Witono (48 tahun) di Magetan. Pria yang tinggal di Jalan Hasanudin, Kelurahan Selosari, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan ini ditangkap di Jalan Mayjen Sutoyo, Kecmatan Magetan seusai mengantar anaknya bersekolah.

Senin, 31/10/2016 14:21 0

Opini

Wahai Bapak BNPT, Dengarkan Suara Curahan Hatiku

Kembali ke persidangan, bapak saya ternyata dituduh menyembunyikan salah satu tersangka pelaku Bom Bali I. Dan pada prosesnya, banyak kejanggalan dalam persidangan termasuk Mukhlas yang di-setting gagal untuk hadir memberi kesaksian.

Senin, 31/10/2016 14:00 0

Irak

Keamanan Irak Klaim Sudah Rebut 61 Desa di Pinggiran Mosul

Letnan Jenderal Raed Shakir mengatakan pada Ahad (30/10) bahwa tentara Irak kini telah merebut kendali 61 desa dari pasukan Daulah.

Senin, 31/10/2016 11:30 0

Opini

BNPT dan Tony Blair yang Agak ‘Nganu’

Memang masih jauh mengharapkan di Indonesia akan ada sebuah badan investigasi ataupun lembaga audit yang independen sekelas The Iraq Inquiry. Namun bukan berarti sama sekali tidak terdapat kritik terhadap tingkah polah BNPT dan lembaga lainnya yang berkonsentrasi di bidang yang sama. Dan, anehnya kritik tersebut justru datang dari lembaga-lembaga semisal Pemuda Muhammadiyah dan KOMNAS HAM yang notabene tidak ada kaitannya dengan terorisme itu sendiri.

Senin, 31/10/2016 10:38 0

Turki

Turki Jerat Puluhan Pilot Militer Terkait Kudeta

Dalam hal ini, kepala jaksa penuntut umum di Konya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 73 pilot, 71 letnan dan dua kolonel.

Senin, 31/10/2016 10:23 0

Suriah

Diuntungkan Cuaca Buruk, Mujahidin Raih Kemajuan di Aleppo Barat

Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa para pejuang berhasil menguasai pintu masuk di bagian barat Aleppo dan distrik al-Hamdaniya.

Senin, 31/10/2016 09:53 0

Irak

Serangan Udara AS Tewaskan 4 Tentara Irak

Di saat pasukan Irak berusaha mati-matian mendekati posisi kelompok ISIS ke jantung kota Mosul, dilaporkan terjadi sebuah insiden memalukan di Tal-Kayf. Insiden serangan udara AS baru-baru ini telah menewaskan sekutu mereka sendiri dan melukai beberapa orang lainnya.

Senin, 31/10/2016 09:37 0

Afrika

ISIS Tinggalkan Kota Pelabuhan di Somalia

Pasukan loyalis kelompok ISIS pada hari Kamis (27/10) dilaporkan mundur dari kota di bagian timur laut Somalia, Qandala, hanya sehari setelah mereka berhasil merebut kota tersebut. Kota yang berada di Daerah Otonomi Puntland ini jatuh ke tangan ISIS pada tanggal 26 Oktober menyusul pertempuran singkat antara jihadis dengan pasukan pemerintah lokal.

Senin, 31/10/2016 08:51 0

Suriah

Faksi-Faksi Militer Aleppo Bersatu Untuk Bebaskan Pengepungan

KIBLAT.NET – Semua faksi militer di kota Aleppo yang terkepung bergabung di bawah satu dewan...

Senin, 31/10/2016 07:52 0

Foto

Gambar Langka: Al-Jaulani Pemimpin JFS Meninjau Rencana Perang di Aleppo

  KIBLAT.NET – Abu Muhammad Al-Jaulani terlihat sedang memeriksa kemajuan militer dan mendiskusikannya bersama para komandan...

Senin, 31/10/2016 07:28 0

Close