... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ratusan Tokoh Dunia Bahas Ekstremisme Kekerasan (CVE) di World Peace Forum 6

Foto: Konferensi pers World Peace Forum 6th di kantor CDCC Jakarta pada Senin, (31/10).

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Steering Committee The 6th World Peace Forum (WPF), Dr Chusnul Mariah berharap acara WPF bisa berjalan dengan baik.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, World Peace Forum tahun ini digelar di Indonesia sejak 1-3 November 2016. Tema yang diangkat adalah Countering Violent Extremism: Human Dignity, Global Injustice and Collective Responsibility. (Baca juga: Ekstremisme Kekerasan (CVE) Jadi Tema World Peace Forum ke-6, Awal November Ini)

Chusnul menyatakan acara pembukaan pada esok hari akan dilangsungkan di Istana Negara. Acara pembukaan tertutup bagi wartawan luar istana, karena di dalam istana sudah ada tujuh puluhan wartawan.

“Tapi mulai tanggal 2, disediakan tempat bagi wartawan yang tertarik untuk mewawancara narasumber secara sendiri-sendiri,” ujar Chusnul dalam konferensi pers di Kantor CDCC, Jalan Kemiri No24, Menteng Jakarta Pusat pada (31/10).

Ia mengaku cukup banyak perubahan jadwal pembicara dalam acara tersebut. Misalnya, Menteri luar negeri Retno Marsudi yang seharusnya berbicara di sesi utama, tapi berbicara di sesi terakhir. Dalam kesempatan itu, Megawati juga rencanaya akan memberikan sambutan pada tema “Perempuan dan Tanggungjawab Kolektif”.

“Kita memang mengundang sejumlah tokoh dari negara-negara asing. Mudah-mudahan di acara WPF bertema CVE (Counter Violent Extremism) ini bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Menurut informasi dari panitia, acara WPF keenam ini akan dihadiri kurang lebih 162 orang tamu undangan dari seluruh dunia. Termasuk di antaranya akademisi, pejabat negara dan tokoh agama dari Asia, Eropa, Timur Tengah hingga Afrika.

BACA JUGA  Hari Ini, Puncak Arus Mudik Lebaran 2018

Tema ketidak adilan global dan tanggung jawab negara menjadi fokus perhatian para peserta dalam forum selama tiga hari itu.

 

Reporter: Taufik Ishak, Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Somalia

Dukungan Dana Menyusut, Ethiopia Tarik Pasukan dari Somalia

Ethiopia dilaporkan telah menarik pasukannya dari Somalia yang selama ini menjadi arena perang melawan kelompok-kelompok Islamis-Jihadis, terutama al-Syabaab cabang al-Qaidah di Tanduk Afrika. Negara anggota Uni Afrika itu menuding minimnya dukungan internasional telah menyebabkan penarikan mundur tentaranya, menyusul kebijakan Uni Eropa yang baru-baru ini memangkas anggaran atau bantuan finansial bagi pasukan asing di Somalia.

Senin, 31/10/2016 17:06 0

Rusia

Tiga Kapal Selam Rusia dengan Rudal Jelajah Mendekat ke Suriah, Dikhawatirkan Serang Aleppo

Tiga kapal selam yang dipersenjatai rudal jelajah dilaporkan bergabung dengan angkatan laut Rusia di Laut Mediterania.

Senin, 31/10/2016 16:16 0

Investigasi

[Wawancara] Lurah Selosari: Gatot Witono Bukan Orang Tertutup, Dia Teman Main Badminton Saya

Detasemen Khusus Anti Teror/Densus 88 pada Selasa, (25/10) menangkap seorang bernama Gatot Witono (48 tahun) di Magetan. Pria yang tinggal di Jalan Hasanudin, Kelurahan Selosari, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan ini ditangkap di Jalan Mayjen Sutoyo, Kecmatan Magetan seusai mengantar anaknya bersekolah.

Senin, 31/10/2016 14:21 0

Irak

Keamanan Irak Klaim Sudah Rebut 61 Desa di Pinggiran Mosul

Letnan Jenderal Raed Shakir mengatakan pada Ahad (30/10) bahwa tentara Irak kini telah merebut kendali 61 desa dari pasukan Daulah.

Senin, 31/10/2016 11:30 0

Opini

BNPT dan Tony Blair yang Agak ‘Nganu’

Memang masih jauh mengharapkan di Indonesia akan ada sebuah badan investigasi ataupun lembaga audit yang independen sekelas The Iraq Inquiry. Namun bukan berarti sama sekali tidak terdapat kritik terhadap tingkah polah BNPT dan lembaga lainnya yang berkonsentrasi di bidang yang sama. Dan, anehnya kritik tersebut justru datang dari lembaga-lembaga semisal Pemuda Muhammadiyah dan KOMNAS HAM yang notabene tidak ada kaitannya dengan terorisme itu sendiri.

Senin, 31/10/2016 10:38 0

Turki

Turki Jerat Puluhan Pilot Militer Terkait Kudeta

Dalam hal ini, kepala jaksa penuntut umum di Konya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 73 pilot, 71 letnan dan dua kolonel.

Senin, 31/10/2016 10:23 0

Suriah

Diuntungkan Cuaca Buruk, Mujahidin Raih Kemajuan di Aleppo Barat

Sumber-sumber lokal mengatakan bahwa para pejuang berhasil menguasai pintu masuk di bagian barat Aleppo dan distrik al-Hamdaniya.

Senin, 31/10/2016 09:53 0

Irak

Serangan Udara AS Tewaskan 4 Tentara Irak

Di saat pasukan Irak berusaha mati-matian mendekati posisi kelompok ISIS ke jantung kota Mosul, dilaporkan terjadi sebuah insiden memalukan di Tal-Kayf. Insiden serangan udara AS baru-baru ini telah menewaskan sekutu mereka sendiri dan melukai beberapa orang lainnya.

Senin, 31/10/2016 09:37 0

Somalia

ISIS Tinggalkan Kota Pelabuhan di Somalia

Pasukan loyalis kelompok ISIS pada hari Kamis (27/10) dilaporkan mundur dari kota di bagian timur laut Somalia, Qandala, hanya sehari setelah mereka berhasil merebut kota tersebut. Kota yang berada di Daerah Otonomi Puntland ini jatuh ke tangan ISIS pada tanggal 26 Oktober menyusul pertempuran singkat antara jihadis dengan pasukan pemerintah lokal.

Senin, 31/10/2016 08:51 0

Suriah

Faksi-Faksi Militer Aleppo Bersatu Untuk Bebaskan Pengepungan

KIBLAT.NET – Semua faksi militer di kota Aleppo yang terkepung bergabung di bawah satu dewan...

Senin, 31/10/2016 07:52 0

Close