... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Innalillah, Ulama Ahli Hadits Syaikh Syu’aib Al-Arnout Meninggal

Foto: Syaikh Syu'aib Al-Arnout

KIBLAT.NET, Amman – Kabar duka kembali mendatangi dunia ulama. Seorang ulama ahli hadits, Syaikh Syu’aib Al-Arnout, menghembuskan nafas terakhir diusianya yang ke 90 pada malam Jum’at (Kamis malam, 27/10/2016) di ibukota Yordania, Amman.

Beliau meninggal karena sejumlah penyakit yang ditimbulkan oleh usia senja. Jenazah baru dimakamkan pada Jumat siang.

Seorang ulama Yordania, Syaikh Ihsan Al-Utaibi, melalui akun Twitter mengabarkan bahwa jenazah Syaikh Arnaut dishalatkan di masjid di Amman selepas pelaksanaan Shalat Jumat. Jenazah kemudian dikuburkan di pemakaman terdekat.

Jenazah Syaikh Arnout setelah disholatkan dan dibawah ke pemakaman

Jenazah Syaikh Arnout setelah disholatkan dan di bawah ke pemakaman

Ucapan bela sungkawa mengalir dari banyak ulama internasional. Mereka mendoakan semoga beliau diampuni segala dosa-dosanya.

Tak terkecuali ulama jihadis Yordania, Syaikh Abu Muhammad Al-Maqdisi. Bahkan, ia mengabarkan ikut serta menyolatkan jenazahnya.

Ikatan Ulama Muslim (Rabitah Ulama Muslimin) cabang Indonesia juga menyatakan berbela sungkawa. Melalui akun resmi Twitter, Ikatan Ulama Muslim Indonesia menulis, “Ikatan Ulama Muslim berbelasungkawa ats wafatnya Syekh Syu’aib Al-Arnauth -rahimahullh-, Ulama hadits&pelayan Sunnah”.

Syaikh yang akbrab disapa Abu Usama ini lahir di Damaskus pada 1928 M. Hafal Al-Quran sejak kecil, beliau kemudian mendalami ilmu bahasa Arab kepada para ulama ahli bahasa di Damaskus.

Sebelum akhirnya mendalami ilmu hadits, beliau sudah membaca banyak kitab fiqih dari empat madzhab. Di sela-sela membaca kitab fiqih itu, ia mendapati sebuah hadits dla’if yang tidak dijelaskan. Sejak saat itu, Syaikh Arnaout menekuni ilmu hadits.

BACA JUGA  Ikuti! Dauroh Fiqh "Matan Abi Syuja'" Bersama MADINA

Reporter: Suhli El-Izzi
Sumber: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Doa Sang Mujahidah

Salah seorang mujahid yang bernama Muhammad Yasir bercerita pada syaikh Abdullah Azzam, "Tatkala beberapa tank musuh mengepung mujahidin di sebuah masjid, keluarlah seorang gadis yang dua hari lagi akan menjadi pengantin.Gadis itu bernama Injir Jul. Dia berdoa,'Duhai Rabbi, apabila Engkau menghendaki kecelakaan bagi mujahidin,maka jadikanlah aku sebagai penggantinya.' Benar, setelah itu dia mati syahid, sedangkan para mujahidin selamat dari serangan musuh.

Sabtu, 29/10/2016 11:00 1

Indonesia

Umat Islam Tasikmalaya: Kalau Ahok Tidak Ditangkap Rakyat Tidak Percaya Hukum!

“Kalau si Ahok tidak segera ditangkap, rakyat tidak akan percaya pada hukum. Jangan salahkan jika rakyat bergerak dengan caranya sendiri. Itu karena pemerintah pilih kasih dalam menegakkan hukum,” kata pimpinan Ponpes Miftahul Huda Jarnauziyah, Ustadz Muhammad A. Yan-yan.

Sabtu, 29/10/2016 10:57 0

Indonesia

Aksi Bela Islam di NTB Dihadiri 12 Ribu Umat Islam

Sekitar 12.000 massa umat islam, yang terdiri dari, tokoh, alim ulama, elemen masyarakat, ormas Islam daerah, tuan guru beserta santri dari berbagai pondok pesantren di beberapa kota di Pulau Lombok dan Sumbawa, mengikuti aksi tersebut. Massa berkumpul seusai Shalat Jum`at di Masjid Raya At-Taqwa Mataram. Muhammad Amin selaku Wagub Nusa Tenggara Barat bekenan melepas acara aksi damai ini. Massa kemudian longmarch menuju Polda Nusa Tenggara Barat.

Sabtu, 29/10/2016 10:15 0

Indonesia

Umat Islam Lampung Desak Pemerintah Adili Ahok

Ratusan umat Islam dari berbagai ormas dan pesantren di Lampung pada Jum'at (28/10), berkumpul di Tugu Adipura menuntut aparat kepolisian untuk menahan Ahok karena dinilai telah melecehkan Islam.

Jum'at, 28/10/2016 15:57 0

Indonesia

Hujan Deras Tak Halangi Ribuan Umat Islam Bekasi Tuntut Ahok Diadili

Meski di bawah guyuran hujan yang deras, ribuan umat Islam Bekasi tetap bersemangat melakukan aksi damai menuntut agar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diberikan sanksi hukum karena telah melecehkan Al-Qur'an.

Jum'at, 28/10/2016 15:05 0

Profil

Jaringan Haqqani, Sel Taliban di Afghanistan

Jika kita mendengar kata Afghanistan, maka secara otomatis akan terbayang perhelatan besar yang terjadi di sana dari masa ke masa. Sejarah telah membuktikan bahwa gerakan jihad global mulai bangkit dan bergerak sejak kemenangan mujahidin afghanistan atas pasukan beruang merah. Bahkan mujahidin berhasil membuat Uni Soviet tertunduk malu terusir dari bumi jihad Afghan.

Jum'at, 28/10/2016 11:30 0

Indonesia

Sikap Ahok Lecehkan Al Quran Merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Ketua MUI Kota Bogor menilai bahwa dampak buruk tersebut bisa terjadi, jika aparat kepolisian dan penegak hukum tidak melakukan penangkapan dan mengadili Basuki Tjahaya Purnama secara transparan

Kamis, 27/10/2016 21:59 0

Indonesia

MUI Bogor Minta Aparat Adili Ahok Agar Kemarahan Rakyat Tak Makin Besar

"Kami menuntut kepada Kapolri dan Institusi penegak hukum lainnya untuk berani segera menangkap dan mengadili Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas tindakan pidana penistaan agama dan penghinaannya kepada ulama, sesuai dengan undang-undang yang berlaku," kata ketua MUI Kota Bogor

Kamis, 27/10/2016 21:15 0

Khazanah

Ulama Ini Menegur Keras Penguasa Lewat Mimbar Jum’at

Khatib Jum’at ini tidak hanya mengkritik cara mengumpulkan harta yang haram. Ia juga mengkritik kegemaran sultan mengundang para penyanyi. Ya, konser musik demi hiburan penguasa, dengan biaya dari pajak haram yang diambil dari rakyat muslim. Harta yang diambil dengan cara haram dan dipergunakan untuk hal haram, inilah yang menjadi kritikan keras khatib Jum’at di ibu kota kekhilafahan Baghdad pada hari itu.

Kamis, 27/10/2016 18:30 0

Artikel

Ingin Hafal Al-Qur’an? Ikuti 13 Langkah Praktis Ini

Bagi sebagian orang, aktivitas menghafal mungkin membutuhkan satu energi tersendiri untuk melakukannya. Namun, bagaimana halnya jika hafalan itu justru membuahkan faedah yang banyak jika itu serius dilakoni. Seperti ketika seorang Muslim mampu menghafalkan Al-Qur'an. Selain berbuah pahala, manfaat ilmu akan ia dapatkan ketika benar-benar memahami hakikatnya.

Kamis, 27/10/2016 17:31 0

Close