Uni Eropa Sanksi 10 Pejabat Suriah

KIBLAT.NET, Paris – Dewan Uni Eropa kembali menjatuhkan sanksi terhadap sepuluh pejabat tinggi rezim Bashar Assad. Sepuluh pejabat itu termasuk jenderal militer dan orang dekat presiden pembantai itu.

Dalam pernyataan Kamis (27/10), Dewan Uni Eropa mengatakan bahwa individu-individu Suriah yang terkena sanksi larangan pejalanan dan pembekuan aset bertambah menjadi 217 orang.

Pernyataan itu membenarkan bahwa sanksi itu dijatuhkan terkait kejahatan dan pembantaian terhadap warga sipil Suriah. Uni Eropa berupaya menekan rezim Assad menghentikan penargetkan sipil melalui sanksi ini.

Uni Eropa pertengahan tahun ini telah memasukkan dua pejabat penting Suriah ke daftar sanksi. Dua pemilik perusahan kimia di Suriah itu dituduh memfasilitasi rezim menggunakan senjata kimia untuk menargetkan sipil.

Sanski juga dijatuhkan terhadap pengusaha Suriah George Haswani karena menjadi fasilitator pemerintah membeli minyak dari ISIS di pasar gelap.

Sementara itu, Uni Eropa belum berani menjatuhkan sanksi terhadap Rusia yang ikut serta dalam pembantaian di Suriah.

Perdana Menteri Italia dalam pertemuan di Brusels mengancam untuk tidak menjatuhkan sanski kepada Rusia. Dia berdalih, sanksi itu berdampak pada pembicaraan damai soal Suriah.

Reporter: Suhli El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat