Pengadilan Kriminal Paris Terima Aduan Kejahatan Rezim Assad

KIBLAT.NET, Paris – Sebuah pengadilan di Paris telah menerima keluhan terkait kasus kejahatan perang yang dilancarkan rezim Assad di Suriah.

Saluran televisi yang berbasis di Perancis, BFM TV melaporkan bahwa pengadilan telah memutuskan untuk membuka penyelidikan kriminal pengaduan.

Pada Kamis (27/10) ini, Pengadilan Kriminal Paris juga menunjuk seorang hakim investigasi untuk menyelidiki tuduhan “penyiksaan”, “kejahatan terhadap kemanusiaan” dan “penghilangan paksa”.

Sebelumnya, Federasi Internasional untuk HAM dan Liga Internasional untuk HAM mengadu ke pengadilan Paris atas nama Mazen Dabbagh (warga Franco-Suriah) dan anaknya Patrick yang disiksa di penjara Damaskus pada tahun 2013.

Kedua kelompok advokat mengatakan, ayah Dabbagh adalah seorang kepala di sebuah sekolah Perancis di Damaskus. Sementara itu, anaknya adalah seorang mahasiswa di fakultas sastra ketika mereka ditahan pada bulan November 2013 dan masih belum terlihat sampai saat ini.

Sementara itu, saudara Mazen (Obeida Dabbagh) mengaku takut bila kakak dan keponakannya menjadi korban eksekusi di luar hukum setelah disiksa.

Reporter: Dio Alifullah
Sumber: Anadolu Agency

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat