... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mesir Diguncang Seruan Protes Besar-besaran 11 November

Foto: Mesir Diguncang Seruan Protes Besar-besaran 11 November

KIBLAT.NET, Kairo – Seruan untuk melakukan protes besar-besaran terhadap pemerintah Mesir tanggal 11 November 2016 menggema di media sosial. Seruan itu muncul di tengah krisis ekonomi yang melanda Mesir, ditandai dengan naiknya bahan pokok dan biaya perumahan yang memicu protes di sejumlah wilayah.

Dikutip dari Daily News Egypt pekan lalu, “Gerakan Ghalabah” melakukan kampanye di Facebook untuk mengemakan ajakan itu, menyerukan kepada rakyat untuk mengadakan demo besar pada tanggal tersebut. Dalam satu bulan, gerakan itu telah memiliki 100.000 pengikut di media sosial.

Masih belum jelas siapa yang berada di belakang kampanye itu. Namun, pemerintah Mesir buru-buru menuding organisasi Ikhwanul Muslimin telah menghasut rakyat untuk melakukan pemberontakan.

Seorang presenter TV, Ahmed Moussa bahkan langsung menyebut nama. Mantan wakil presiden Mesir, Mohamed El Baradie dituding berada di balik gerakan. Tudingan Moussa itu berdasarkan twit El Baradie yang menyeru untuk melakukan aksi di tanggal tersebut.

“Ini adalah undangan publik untuk semua warga negara di Mesir dan orang-orang yang masih berdiri melawan kudeta militer. Anda semua harus menggunakan senjata dari sekarang untuk membuka kotak publik secara paksa sebagai langkah persiapan untuk 11/11 yang bertujuan untuk menggulingkan Al-Sisi dan kelompoknya,” demikian bunyi twit yang belum jelas asli tidaknya dari akun El Baradie.

Pemerintah Mesir melalui Menteri Dalam Negeri Magdy Abdel Ghaffar mengatakan tidak terpengaruh atas rumor ini. Namun, pada Kamis (27/10) kemarin, Presiden Abdel Fattah Al-Sisi berniat akan merevisi aturan penindakan para demonstran yang dinilai lembaga HAM sangat represif. Dimana para demonstran dapat ditangkap dan dipenjara tanpa adanya proses peradilan.

BACA JUGA  Mesir Kecualikan Media dalam Definisi Entitas Teror

Beberapa hari sebelumnya, enam orang anggota Ikhwanul Muslimin ditangkap karena menyebarkan rumor tersebut. Selain itu, seorang ibu rumah tangga juga ditahan karena dituding menyebarkan seruan yang dinilai sebagai upaya pemberontakan kepada pemerintahan Al-Sisi.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Daily News Egypt

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Umat Islam Lampung Desak Pemerintah Adili Ahok

Ratusan umat Islam dari berbagai ormas dan pesantren di Lampung pada Jum'at (28/10), berkumpul di Tugu Adipura menuntut aparat kepolisian untuk menahan Ahok karena dinilai telah melecehkan Islam.

Jum'at, 28/10/2016 15:57 0

Indonesia

Hujan Deras Tak Halangi Ribuan Umat Islam Bekasi Tuntut Ahok Diadili

Meski di bawah guyuran hujan yang deras, ribuan umat Islam Bekasi tetap bersemangat melakukan aksi damai menuntut agar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diberikan sanksi hukum karena telah melecehkan Al-Qur'an.

Jum'at, 28/10/2016 15:05 0

Profil

Jaringan Haqqani, Sel Taliban di Afghanistan

Jika kita mendengar kata Afghanistan, maka secara otomatis akan terbayang perhelatan besar yang terjadi di sana dari masa ke masa. Sejarah telah membuktikan bahwa gerakan jihad global mulai bangkit dan bergerak sejak kemenangan mujahidin afghanistan atas pasukan beruang merah. Bahkan mujahidin berhasil membuat Uni Soviet tertunduk malu terusir dari bumi jihad Afghan.

Jum'at, 28/10/2016 11:30 0

Indonesia

Sikap Ahok Lecehkan Al Quran Merusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Ketua MUI Kota Bogor menilai bahwa dampak buruk tersebut bisa terjadi, jika aparat kepolisian dan penegak hukum tidak melakukan penangkapan dan mengadili Basuki Tjahaya Purnama secara transparan

Kamis, 27/10/2016 21:59 0

Indonesia

MUI Bogor Minta Aparat Adili Ahok Agar Kemarahan Rakyat Tak Makin Besar

"Kami menuntut kepada Kapolri dan Institusi penegak hukum lainnya untuk berani segera menangkap dan mengadili Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas tindakan pidana penistaan agama dan penghinaannya kepada ulama, sesuai dengan undang-undang yang berlaku," kata ketua MUI Kota Bogor

Kamis, 27/10/2016 21:15 0

Khazanah

Ulama Ini Menegur Keras Penguasa Lewat Mimbar Jum’at

Khatib Jum’at ini tidak hanya mengkritik cara mengumpulkan harta yang haram. Ia juga mengkritik kegemaran sultan mengundang para penyanyi. Ya, konser musik demi hiburan penguasa, dengan biaya dari pajak haram yang diambil dari rakyat muslim. Harta yang diambil dengan cara haram dan dipergunakan untuk hal haram, inilah yang menjadi kritikan keras khatib Jum’at di ibu kota kekhilafahan Baghdad pada hari itu.

Kamis, 27/10/2016 18:30 0

Artikel

Ingin Hafal Al-Qur’an? Ikuti 13 Langkah Praktis Ini

Bagi sebagian orang, aktivitas menghafal mungkin membutuhkan satu energi tersendiri untuk melakukannya. Namun, bagaimana halnya jika hafalan itu justru membuahkan faedah yang banyak jika itu serius dilakoni. Seperti ketika seorang Muslim mampu menghafalkan Al-Qur'an. Selain berbuah pahala, manfaat ilmu akan ia dapatkan ketika benar-benar memahami hakikatnya.

Kamis, 27/10/2016 17:31 0

Tarbiyah Jihadiyah

Meneladani Generasi Unik Binaan Nabi

Maka dari itu, generasi yang dibina oleh Rasulullah di mata kita tampak sebagai generasi yang unik dan jalinan sesama mereka sangat kokoh. Musuh-musuh Allah yang paling sengit dan yang paling besar kekuatannya di muka bumi sekali pun tidak mampu menarik keluar salah seorang dari jalinan masyarakat mereka yang kokoh. (Karena dalam hati mereka tertanam betul ajaran Nabinya yang bersabda).

Kamis, 27/10/2016 16:08 0

Indonesia

MUI Bogor: Kemarahan Umat Islam di Indonesia terhadap Ahok Masih Terukur

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Bogor, Drs. K.H. Adam Ibrahim, MA menegaskan bahwa kemarahan umat Islam di Indonesia terhadap Ahok adalah akibat dari arogansi kekuasaan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Kamis, 27/10/2016 14:11 0

Opini

Kekuatan Itu Bernama Koalisi Umat Islam

Beberapa waktu terakhir, umat Islam DKI telah memberikan kita semua sebuah contoh dan pelajaran berharga yang bernama persatuan. Persatuan yang telah lama dirindukan, dicari dan dimimpikan kini telah terbit bak mentari terang dari kota Jayakarta.

Kamis, 27/10/2016 12:15 1

Close