... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Meneladani Generasi Unik Binaan Nabi

Foto: Ilustrasi

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kalian mencari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kalian memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang.” (Al-Hujurat: 12)

KIBLAT.NET – Berprasangka buruk kepada orang muslim hukumnya haram. Demikian pula memata-matai atau mencari-cari kesalahan mereka. Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian memata-matai orang lain, jangan saling bersaing, jangan saling mendengki, jangan saling membelakangi, jangan saling membenci, dan jadikanlah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR Shahihain).

Ghibah itu haram. Allah telah menerangkan kepada kaum muslimin bahwa perbuatan itu sangat dibenci dan diserupakan dengan memakan jenazah saudaranya sendiri. Sungguh menjadi pemandangan yang sangat menjijikkan dan memuakkan, melihat seseorang memotong-motong jenazah saudaranya dan kemudian memakannya.

Ibnu Katsir berkata, “Sebagaimana kalian benci memakan daging saudara kalian yang telah mati, tentunya kalian harus pula membenci hal yang sama menurut pandangan syar’i. Menggunjing seorang muslim jauh lebih besar keharamannya di sisi Allah daripada mendatangi mayat dan memotong-motong tubuh serta memakannya.”

Rasulullah Membina Masyarakat

Rasulullah menetapkan larangan ghibah dalam banyak hadits. Beliau bermaksud membangun masyarakat Islam yang individunya mempunyai hubungan yang sangat rapat dan saling mencintai. Rasa kasih saying tersebut tidak akan terwujud dalam suatu masyarakat, apabila keadaan mereka seperti yang dikatakan Hudzaifah bin Yaman kepada Mu’adz,

“Sesungguhnya aku menjumpai zaman, di mana aku melihat orang-orang hanya bersaudara pada lahirnya, namun batinnya bermusuhan.”

Ketika ia berjumpa denganmu, ia menyambutmu dengan muka berseri, memelukmu rapat-rapat, dan menciummu. Namun, begitu Anda berlalu dari sisinya sedetik saja, lidahnya telah berkata lancang terhadapmu. Tidak ada lagi yang luput dari celanya. Inilah yang dinamakan saudara luarnya dan musuh dalamnya. Mereka mendatangi orang dengan satu wajah dan mendatangi orang lain dengan wajah yang berbeda. Orang yang paling keras siksaannya pada hari Kiamat adalah orang-orang yang bermuka dua.

Rasulullah mengerti dan tanggap akan pengaruh lisan dan kefasihannya dalam mengoyak daging para kaum muslimin dan menjilat kehormatan mereka. Beliau mengetahui bahwa lisan merupakan alat terbesar yang dapat menghancurkan masyarakat dan memporak-porandakannya.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: Oleh karena itu, beliau...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Masjid di Turki yang Dulu Pernah Jadi Gereja Itu Kini Miliki Imam Tetap

Menurut laporan media Turki Anadolu, seseorang telah ditunjuk menjadi imam tetap di Masjid Hagia Sophia. Posisi imam rawatib atau imam tetap tersebut sempat kosong sejak tahun 1935 setelah kekuasaan Khilafah Utsmaniyah digantikan oleh sekularisme Kemalis.

Kamis, 27/10/2016 15:30 0

Myanmar

Setelah Lakukan Pemerkosaan, Tentara Myanmar Bakar dan Kencingi Al-Qur’an

Setelah merobek kitab suci umat Islam tersebut, mereka melanjutkan dengan membakar dan buang air kecil di atas lembaran-lembaran tersebut.

Kamis, 27/10/2016 14:50 1

Indonesia

MUI Bogor: Kemarahan Umat Islam di Indonesia terhadap Ahok Masih Terukur

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Bogor, Drs. K.H. Adam Ibrahim, MA menegaskan bahwa kemarahan umat Islam di Indonesia terhadap Ahok adalah akibat dari arogansi kekuasaan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Kamis, 27/10/2016 14:11 0

Myanmar

Tindakan Keji Polisi Myanmar terhadap Etnis Rohingya, Todong Suami Lalu Perkosa Istrinya

Kasus pemerkosan terhadap para muslimah etnis Rohingya kembali mencuat. Kali ini, tiga perempuan menjadi korban kekerasan seksual oleh tentara Myanmar dan Polisi Penjaga Perbatasan (BGP).

Kamis, 27/10/2016 13:40 0

Suriah

Belasan Anak SD di Idlib Tewas oleh Serangan Assad

Sejumlah pesawat tempur rezim Assad kembali menggempur wilayah oposisi Suraih di Idlib. Salah satu serangan mengahantam sebuah sekolah dasar.

Kamis, 27/10/2016 13:03 0

Opini

Kekuatan Itu Bernama Koalisi Umat Islam

Beberapa waktu terakhir, umat Islam DKI telah memberikan kita semua sebuah contoh dan pelajaran berharga yang bernama persatuan. Persatuan yang telah lama dirindukan, dicari dan dimimpikan kini telah terbit bak mentari terang dari kota Jayakarta.

Kamis, 27/10/2016 12:15 1

Wilayah Lain

Duterte Ancam Bersihkan Filipina dari Kehadiran Militer AS

"Kami ingin melihat militer asing keluar dari Filipina meskipun kami harus membatalkan perjanjian," tegas Duterte

Kamis, 27/10/2016 11:30 0

Artikel

Jihad Apakah yang Paling Mulia?

Menyampaikan kebenaran di hadapan penguasa merupakan bagian dari amar ma’ruf dan nahi munkar. Bahkan oleh Nabi SAW, amalan ini dikategorikan sebagai jihad yang paling utama di dalam Islam. Ada banyak hadist yang menyebutkan tentang keutamaan jihad ini, di antaranya adalah apa yang disampaikan oleh Umair bin Qatadah Al-Laitsi r.a. Ia berkata, “Aku memendam suatu pertanyaan di dalam hati yang selalu membuatku sedih karena aku belum menanyakannya kepada Rasulullah SAW, dan aku juga tidak pernah mendengar orang lain menanyakannya.

Kamis, 27/10/2016 11:01 0

Irak

Milisi Syiah Juga Culik Puluhan Pemuda Sunni di Rutbah

Seorang tokoh suku Rutbah, Ashim Al-Kubaisi, Rabu (26/10), menuturkan bahwa aksi penculikan dan pembakaran itu dilakukan di depan pasukan keamanan pemerintah. Mereka tak berbuat apapun bahkan seakan merestui kejahatan sektarian itu.

Kamis, 27/10/2016 11:00 0

Artikel

10 Langkah Untuk Melindungi Identitas Muslim Anak-anak Kita

KIBLAT.NET – Kita harus mencari jawaban bagaimana sulitnya untuk dapat tumbuh sebagai Muslim di dunia...

Kamis, 27/10/2016 10:22 0

Close