... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Ingin Hafal Al-Qur’an? Ikuti 13 Langkah Praktis Ini

Foto: Menghafal Al-Qur'an. (Ilustrasi)

KIBLAT.NET – Bagi sebagian orang, aktivitas menghafal mungkin membutuhkan satu energi tersendiri untuk melakukannya. Namun, bagaimana halnya jika hafalan itu justru membuahkan faedah yang banyak jika itu serius dilakoni. Seperti ketika seorang Muslim mampu menghafalkan Al-Qur’an. Selain berbuah pahala, manfaat ilmu akan ia dapatkan ketika benar-benar memahami hakikatnya.

Dikutip dari Muslim Matters, DR. Yasi Qadhi, dalam sebuah seminarnya memberikan beberapa langkah praktis yang dapat membantu seorang Muslim menghafalkan Al-Qur’an. Berminat mencoba? Ikuti 13 langkah berikut ini:

1. Ikhlas dan Tulus. Dua hal ini terkait niat dalam menghafalkan Al-Qur’an. Pastikan tidak ada niat duniawi ketika Anda mulai menghafalkan Al-Qur’an. Niatkan semata-mata untuk meraih keridhaan Allah swt. Selain itu, niat juga harus terus diperbaharui setiap waktu sebagaimana keimanan. Agar usaha menghafal terus berjalan dan menghindari rasa putus asa.

2. Konsistensi. Semakin sering Anda menghafal, aktivitas ini akan semakin mudah dijalani. Jangan lewatkan satu hari pun untuk tidak menghafal. Tidak ada hari libur dalam beribadah. Dalam satu hari, setidaknya hafalkanlah 3-5 baris. Jika Anda konsisten, insyaAllah 5-6 tahun ke depan Anda sudah lengkap menghafalkan 30 juz Al-Qur’an.

3. Timing. Mulailah aktivitas harian Anda dengan menghafal. Sebelum sarapan pagi misalnya, karena hal ini sebagai sarapan rohani. Waktu terbaik untuk menghafal adalah bakda Shubuh. Untuk awal-awal menghafal, sisihkan waktu satu jam. Jika sudah terbiasa, Anda nantinya hanya akan menyisihkan 15-20 menit saja.

BACA JUGA  Haluan Ekonomi Masyumi

4. Suasana. Carilah tempat yang tenang untuk menghafal. Anda tidak dapat menghafal dengan baik jika ada gangguan, termasuk gangguan dari ponsel atau perangkat lainnya. Jadi matikanlah.

5. Keakraban. Gunakanlah mushaf Al-Qur’an yang sama dalam menghafal, jangan ganti-ganti. Dengan begitu, Anda akan menjadi akrab dengan mushaf tersebut. Dianjurkan untuk menggunkan Mushaf dengan Rasm Utsmani.

6. Tidak Perlu Trik Sulap atau Sihir. Jadi, ulangi, ulangi, ulangi, lagi dan lagi. Mengulang bacaan atau mendengarkan bacaan akan membantu Anda dalam menghafal.

7. Pahami Artinya. Bacalah terjemahan sebelum Anda mulai menghafalkan. Cobalah untuk mencocok-cocokkan antara yang asli dan terjemahan.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: 8. Dengarkan Murattal...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

Pertama Kalinya, Militer Cina Gelar Latihan Anti-Teror dengan Arab Saudi

Pasukan khusus Cina dan Arab Saudi telah mengadakan latihan anti-teror bersama untuk pertama kalinya. Pemerintah Cina mengatakan latihan ini untuk memperluas hubungan keamanan dengan negara-negara di Timur Tengah.

Kamis, 27/10/2016 16:45 0

Tarbiyah Jihadiyah

Meneladani Generasi Unik Binaan Nabi

Maka dari itu, generasi yang dibina oleh Rasulullah di mata kita tampak sebagai generasi yang unik dan jalinan sesama mereka sangat kokoh. Musuh-musuh Allah yang paling sengit dan yang paling besar kekuatannya di muka bumi sekali pun tidak mampu menarik keluar salah seorang dari jalinan masyarakat mereka yang kokoh. (Karena dalam hati mereka tertanam betul ajaran Nabinya yang bersabda).

Kamis, 27/10/2016 16:08 0

Turki

Masjid di Turki yang Dulu Pernah Jadi Gereja Itu Kini Miliki Imam Tetap

Menurut laporan media Turki Anadolu, seseorang telah ditunjuk menjadi imam tetap di Masjid Hagia Sophia. Posisi imam rawatib atau imam tetap tersebut sempat kosong sejak tahun 1935 setelah kekuasaan Khilafah Utsmaniyah digantikan oleh sekularisme Kemalis.

Kamis, 27/10/2016 15:30 0

Myanmar

Setelah Lakukan Pemerkosaan, Tentara Myanmar Bakar dan Kencingi Al-Qur’an

Setelah merobek kitab suci umat Islam tersebut, mereka melanjutkan dengan membakar dan buang air kecil di atas lembaran-lembaran tersebut.

Kamis, 27/10/2016 14:50 1

Indonesia

MUI Bogor: Kemarahan Umat Islam di Indonesia terhadap Ahok Masih Terukur

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Bogor, Drs. K.H. Adam Ibrahim, MA menegaskan bahwa kemarahan umat Islam di Indonesia terhadap Ahok adalah akibat dari arogansi kekuasaan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Kamis, 27/10/2016 14:11 0

Myanmar

Tindakan Keji Polisi Myanmar terhadap Etnis Rohingya, Todong Suami Lalu Perkosa Istrinya

Kasus pemerkosan terhadap para muslimah etnis Rohingya kembali mencuat. Kali ini, tiga perempuan menjadi korban kekerasan seksual oleh tentara Myanmar dan Polisi Penjaga Perbatasan (BGP).

Kamis, 27/10/2016 13:40 0

Suriah

Belasan Anak SD di Idlib Tewas oleh Serangan Assad

Sejumlah pesawat tempur rezim Assad kembali menggempur wilayah oposisi Suraih di Idlib. Salah satu serangan mengahantam sebuah sekolah dasar.

Kamis, 27/10/2016 13:03 0

Opini

Kekuatan Itu Bernama Koalisi Umat Islam

Beberapa waktu terakhir, umat Islam DKI telah memberikan kita semua sebuah contoh dan pelajaran berharga yang bernama persatuan. Persatuan yang telah lama dirindukan, dicari dan dimimpikan kini telah terbit bak mentari terang dari kota Jayakarta.

Kamis, 27/10/2016 12:15 1

Wilayah Lain

Duterte Ancam Bersihkan Filipina dari Kehadiran Militer AS

"Kami ingin melihat militer asing keluar dari Filipina meskipun kami harus membatalkan perjanjian," tegas Duterte

Kamis, 27/10/2016 11:30 0

Irak

Milisi Syiah Juga Culik Puluhan Pemuda Sunni di Rutbah

Seorang tokoh suku Rutbah, Ashim Al-Kubaisi, Rabu (26/10), menuturkan bahwa aksi penculikan dan pembakaran itu dilakukan di depan pasukan keamanan pemerintah. Mereka tak berbuat apapun bahkan seakan merestui kejahatan sektarian itu.

Kamis, 27/10/2016 11:00 0

Close