... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

10 Langkah Untuk Melindungi Identitas Muslim Anak-anak Kita

Foto: Ilustrasi (foto: ilmfeed)

KIBLAT.NET – Kita harus mencari jawaban bagaimana sulitnya untuk dapat tumbuh sebagai Muslim di dunia saat ini. Sejak peristiwa 9/11, hampir tidak ada hari yang berlalu, tindakan Muslim atau Islam secara keseluruhan tidak dikritik atau diserang.

Itu lebih rumit oleh fakta bahwa anak-anak, terutama praremaja, yang belum mengembangkan kemampuan kritis mereka, hingga dapat memisahkan gandum dari sekam. Mari kita jujur, ada banyak sekam Islam terkait di luar sana hari ini. Apakah itu adik, keponakan, atau anak Anda, ada beberapa langkah yang bisa kita ambil untuk melindungi pertumbuhan mereka agar memiliki identitas muslim.

1. Jangan membiarkan mereka dalam gelembung informasi

Anak-anak bisa menjadi takut terhadap Islam (Islamophobia) seiring dengan siklus berita 24 jam. Anak-anak telah mengambil  jumlah waktu lebih banyak di depan layar (TV, komputer, smartphone atau tablet). Ini telah menciptakan badai yang sempurna, anak-anak (dan orang dewasa) menghadapi potensi dibombardir oleh pesan-pesan negatif tentang identitas agama mereka.

Ini bukan bukan berarti harus memutuskan mereka dari media apa pun. Namun, membiarkan anak-anak dalam gelembung hanya akan menyakiti mereka dalam jangka panjang. Bagaimana pun, mereka akan menghadapi hal-hal ini, cepat atau lambat.

Daripada membiarkan mereka dalam gelembung, kita harus memastikan bahwa kita menetapkan beberapa batasan akses mereka pada aspek media. Pada saat yang sama, kita juga mengambil kesempatan untuk mendiskusikan apa yang mereka lihat dengan cara yang mendukung pengembangan kemampuan kritis dan kesadaran mereka.

BACA JUGA  Massa PA 212 Akan Kepung DPR Siang Ini

2. Deteksi Dini

Orang tua harus bisa mendeteksi dini bila seorang anak memberikan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah. Indikator umum bisa diketahui dari gangguan dalam tidur, makan, bersosialisasi dan suasana hati. Indikator yang lebih spesifik dapat ditemukan dalam cara mereka berbicara tentang Islam dan Muslim.

Jika pesan yang tidak benar tentang yang ada di sekitar kita saat ini sedang diserap, ada kemungkinan bahwa seorang anak akan mengirimkan ini kembali ke dunia, dalam kata-kata yang mereka gunakan dan cara di mana mereka bermain.

Anak-anak mungkin juga menunjukkan konflik batin mereka dengan eksternalisasi perilaku, yaitu bertindak. Anak-anak lain mungkin internalisasi perilaku dan membiarkan kebencian tumbuh dalam diri mereka. Hal ini sering lebih sulit untuk ditangani. Anak eksternalisasi dikenal akan menghadapi tantangan, sedangkan anak internalisasi dapat tetap di bawah radar untuk waktu yang lama.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: 3. Buat lingkungan yang ramah...

Halaman Selanjutnya 1 2 3 4
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

AS: Operasi Militer Merebut Raqqah Akan Dimulai

"Serangan akan diawali beberapa pekan ke depan," ujar Carter selepas menghadiri pertemuan para menteri koalisi NATO di Brussels kepada TV AS, NBC.

Kamis, 27/10/2016 10:00 0

Turki

Merasa Terancam, Turki Akan Invasi Irak

Ketegangan antara Turki dengan Irak dilaporkan semakin meningkat. Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada hari Selasa (25/10) mengumumkan bahwa negaranya ada kemungkinan akan menggunakan hak untuk melakukan invasi ke Irak jika terdapat ancaman terhadap Turki, termasuk dengan mengerahkan pasukan darat dalam jumlah besar.

Kamis, 27/10/2016 09:00 0

Wilayah Lain

NATO “Serang” Rusia Soal Aleppo

Bahkan, dia juga menyebut dukungan terus-menerus yang diberikan pemerintah Moskow terhadap rezim Assad "sangat menganggu".

Kamis, 27/10/2016 08:42 0

Irak

Komandan FSA Desak Turki Untuk Gabung Pertempuran Mosul

KIBLAT.NET – Komandan oposisi Suriah FSA mendesak Turki untuk bergabung dalam pertempuran Mosul. Tentara Turki...

Kamis, 27/10/2016 07:44 0

Eropa

Subhanallah! Muslim Spanyol Ini Berjalan Kaki 9000 km Untuk Umrah

KIBLAT.NET – Seorang Muslim dari Spanyol telah berjalan kaki lebih dari 9000 kilometer untuk melakukan...

Kamis, 27/10/2016 07:20 0

Palestina

Israel Bongkar Paksa Rumah Warga Palestina, 30 Keluarga Menjadi Tunawisma

KIBLAT.NET – Otoritas Israel membongkar paksa sebuah bangunan multi-unit di lingkungan Silwan di bawah otoritas...

Kamis, 27/10/2016 06:54 0

Suara Pembaca

Mari Bantu, Aktifis Masjid Ini Menderita Infeksi Otak!

Aktivis Masjid yang waktunya habis terkuras untuk berdakwah, mengajar di SMP dan SDIT Muhammadiyah, serta ke sana ke mari mencari dana untuk anak Yatim, Dhuafa, dan anak asuh di Rumah Tahfizh Mutiara Hati kota Kendal ini atas kehendak Allah diuji dengan adanya infeksi pada beberapa titik dalam otaknya (Multiple Abscess Cerebri atau Abses Otak).

Rabu, 26/10/2016 17:48 0

Myanmar

Jaringan HAM Burma Ungkap Kasus Pemerkosaan Tentara Myanmar terhadap Muslimah Rohingya

Seorang Muslimah Rohingya telah dipukuli dan diperkosa oleh dua tentara Myanmar saat sedang hamil tiga bulan pada 11 Oktober lalu.

Rabu, 26/10/2016 17:38 0

Irak

Rebut Kembali Rutbah, Milisi Syiah Bakari Masjid dan Rumah Sunni

Seorang tokoh suku di Rutbah, Syaikh Ashim Al-Kubaisi, mengatakan, milisi Syiah melampiaskan kemarahan kepada ISIS dengan menargetkan warga Ahlussunnah. Warga Sunni diserang dengan dalih mendukung gerakan pimpinan Al-Baghdadi itu.

Rabu, 26/10/2016 16:40 0

Arab Saudi

Syaikh Adnan Al Ar’ur: Tragedi Aleppo dan Mosul adalah Konspirasi Internasional terhadap Umat Islam

Ulama asal Suriah yang tinggal di Arab Saudi, Syaikh Adnan Muhammad Al Ar'ur menyebut telah terjadi konspirasi internasional terhadap Islam dan kaum muslimin.

Rabu, 26/10/2016 15:34 1

Close