... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ribuan Warga Poso Turun ke Jalan Tuntut Ahok Ditangkap

KIBLAT.NET, Poso – Ribuan kaum muslimin Kota Poso mengikuti aksi turun ke jalan pada Jumat (21/10/2016). Kaum muslimin berdatangan dari berbagai daerah, tak hanya dari Kota Poso dan Poso Pesisir, mereka juga berdatangan dari beberapa kecamatan lain seperti Kecamatan Malei Tojo  serta desa Malino Kecamatan Morowali.

Aksi besar-besaran kali ini menindaklanjuti hasil musyawarah yang dihadiri berbagai komponen umat Islam Poso pada Rabu (19/10/2016). Umat Islam sepakat menggelar aksi sebagai bentuk penolakan Ahok yang menistakan Al-Qur’an beberapa hari yang lalu di Kepulauan Seribu Jakarta.

Dimpin oleh koordinator aksi dari DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) FPI Kabupaten Poso Ustadz Sugianto Kaimudin, ribuan warga Poso yang turun kejalan melakukan aksi ini dengan berjalan kaki menuju Mapolres Poso untuk menyampaikan pernyataan sikap. Massa kemudian menuju gedung DPRD Kabupaten Poso dengan jalan kaki untuk menyampaikan aspirasinya.

Aksi dimulai setelah shalat Jumat sekitar pukul 13.00 Wita. Dari pantauan di lokasi, gelombang pengunjuk rasa mulai berdatangan dari berbagai penjuru Poso. Di Masjid Agung Baiturrahman (Masjid Raya ) Poso, para pengunjuk rasa memulai aksi dengan mendengarkan orasi dari ketua MUI Kabupaten Poso dan dari beberapa tokoh dan pimpinan ormas islam Kabupaten Poso.

Dalam orasinya ketua MUI  (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Poso menyampaikan bahwa saat ini umat islam yang telah mengimani kebenaran Al Quran di manapun berada  khususnya di Kabupaten Poso marah besar, atas apa yang dilakukan Ahok yang telah menghina Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 5. Oleh karena itu sebagai bentuk tanggung jawab sebagai umat Islam wajib membela agama Allah sampai tetes darah penghabisan.

BACA JUGA  Aliansi BEM-SI Kritisi Sikap Pemerintah Terkait Kebakaran Hutan Riau

“Pada siang menjelang sore hari ini suluruh umat Islam turut bersama-sama turun kejalan dalam rangka membela agama Allah membela dienul islam dan mengecam Ahok yang melecehkan surat Al Maidah ayat 51 oleh karena kami seluruh komponen umat islam Kabupaten Poso termasuk saya sebagai ketua MUI Kabupaten Poso bertanggung jawab aksi pada siang hari ini apapun yang terjadi.” Demikian tegas ketua MUI Kabupaten Poso KH. Arifin Tuamaka, S.Ag dalam orasinya di depan gedung DPRD Poso.

Selanjutnya KH. Arifin Tuamaka menghimbau kepada para anggota dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupten Poso agar menyampaikan aspirasi umat islam Kabupaten Poso karena hukum harus ditegakkan tampa pandang bulu sekalipun itu Ahok gubernur Jakarta.

“Apapun jabatan Ahok adalah negara adalah negara hukum oleh karena itu agar ketua DPRD Poso dapat menyampaikan aspirasi kami umat islam Poso agar Ahok segera ditangkap, negara kita adalah negara hukum negara kita adalah negara hukum jangan sampai kita menginjak-injak hukum di negara ini. Ini adalah perbuatan Ahok,” tegas Tuamaka.

Di gedung DPRD kabupaten Poso perwakilan dari masing-masing komponen Umat Islam diterima oleh Suharto Kandar selaku Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Poso bersama beberapa orang anggota DPRD lainya. Suharto Kandar berjanji akan segera menyampaikan aspirasi dan tuntutan warga Poso.

Setelah menyampaikan aspirasinya massa kembali memblokade jalur trans sulawesi tepatnya di lampu merah perempatan Universitas Sintuwu Maroso, para orator kembali menyuarakan tuntutan dan mengancam akan turun kejalan dengan jumlah massa yang lebih banyak jika dalam waktu sepekan Ahok belum ditangkap.

BACA JUGA  IM Gelar Konferensi Internasional di Turki Bahas Idelogi Terkini

“Hari ini kita berjuang membela agama Allah, pernyataan sikap kita sudah sampaikan ke Polres dan DPRD namun jika sampai sepekan Ahok belum juga ditangkap kita akan turun kembali dengan jumlah yang lebih besar. Bawa anak istri kita, ajak umat islam lain dan pertanyakan keimanan mereka jika tidak mau membela agama Allah. Allahu Akbar… Allahu Akbar..” teriak Ustadz Sugaianto Kaimudin Ketua FPI Poso.

Akhirnya, pukul 16.00 wita, massa kembali ke Masjid Raya Poso aksi berakahir dan warga satu persatu mulai membubarkan diri dengan tertib dan aman.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Ribuan Warga Poso Turun ke Jalan Tuntut Ahok Ditangkap”

  1. SELAMATKAN INDONESIA !
    Indonesia tengah di ambang kehancuran oleh ulah Pemerintah yang menggunakan “KEBOHONGAN” sebagai alat kerjanya untuk membodohi rakyat !
    Kementerian Agama RI telah menerbitkan Al Qur’an dengan terjemah menyimpang pada Surah Al Maidah 51 dengan mengganti tafsir kata ‘pemimpin’ menjadi ‘sahabat setia’. Sehingga terjemah pada ayat tersebut berbunyi : ” Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu menjadikan orang Yahudi dan Nasrani sebagai teman setiamu. Barangsiapa di antara kamu yang menjadikan mereka teman setia maka sesungguhnya dia termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Alah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim. ”
    Terjemah telah menjadi sangat berbahaya: memuat pesan rasisme dan berpotensi menciptakan disintegrasi bangsa !
    Menteri Agama dan Kementrian Agama RI harus mempertanggungjawabkan perbuatan munkar mereka ini di depan hukum !

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Iran Ambil Bagian dalam Perebutan Mosul

Kantor berita Al-Jazeera melaporkan, Jumat (21/10), komandan brigade Al-Quds (satuan khusus militer Iran untuk operasi luar negeri), Jenderal Qasim Sulaimani, terpantau berada di Mosul. Ia bersama sejumlah komandan milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi tengah memeriksa pasukan Syiah.

Sabtu, 22/10/2016 07:31 0

Video Kajian

Perang Salib Masa Kini [Ust. Abu Rusydan]

Apa sajakah konspirasi perang salib masa kini ? Bagaimana cara mereka melancarkan konspirasi yang mereka sebut sbeagai perang salib tersebut ? Yuk, simak !

Sabtu, 22/10/2016 05:14 0

Myanmar

Rezim Myanmar Blokade Bantuan Makanan PBB Bagi 80.000 Muslim Rohingya

WFP biasanya menyuplai bahan makanan bagi sekira 80.000 sampai 85.000 warga di perbatasan Myanmar dan Bangladesh. Wilayah tersebut kini telah ditutup oleh pasukan Myanmar, termasuk bagi bantuan kamanusiaan

Jum'at, 21/10/2016 22:28 0

Rohah

Bahkan Musuh Pun Takut Dengan Jasad Syuhada Ini

Tiba-tiba ada seikat bunga yang tidak ada duanya di bumi telah turun dari atap rumah kepada saudara laki-lakinya itu pada pukul dua malam. Ia pun membangunkan saudara-saudara perempuannya dari tempat tidur mereka dan berkata, ‘Lihatlah, ini merupakan tanda kesyahidan saudara laki-laki kita.’.”

Jum'at, 21/10/2016 20:35 0

Irak

Teriakan “Ya Ali, Ya Husein” dari Milisi Syiah Terdengar dalam Perang Mosul

Sekelompok milisi Syiah di sekitar Mosul mempublikasikan video serangan terhadap kota terbesar kedua di Iraq itu. Teriakan "Ya Ali" terdengar keras saat mereka melakukan serangan. Demikian menurut laporan Arabi21, Jum'at (21/10), sembari menyertakan video yang diunggah di Twitter.

Jum'at, 21/10/2016 18:54 0

Konsultasi

Apakah Bagian Tubuh yang Diamputasi Harus Disholatkan?

Apakah bagian tubuh yang diamputasi harus dikubur?

Jum'at, 21/10/2016 18:00 1

Afrika

Al-Syabab Serang Markas Militer di Somalia, Ini Hasilnya

Pada hari Selasa (18/10) pejuang Al-Syabab cabang al-Qaidah di Somalia dan sekitarnya melancarkan serangan berskala besar di sebuah kota strategis dekat Mogadishu, menewaskan sedikitnya 10 orang. Demikian menurut keterangan versi pemerintah.

Jum'at, 21/10/2016 17:24 0

Yaman

Gencatan Senjata Yaman Jadi Momentum Iran Selundupkan Senjata untuk Hutsi

Iran meningkatkan pengiriman senjata kepada pemberontak Syiah Hutsi di Yaman melalui Oman, meskipun terjadi kesepakatan gencatan senjata di negara itu. Demikian dikutip dari Middle East Eye, Kamis (20/10).

Jum'at, 21/10/2016 16:00 0

Suriah

Jet Tempur Turki Bombardir Milisi Kurdi Dukungan AS di Suriah

Pasukan udara Turki meluncurkan serangan udara tersengit menargetkan milisi Kurdi di wilayah Suriah. Dilaporkan sebanyak 200 militan Kurdi tewas akibat gempuran pada Rabu malam itu (19/10).

Jum'at, 21/10/2016 14:30 0

Suriah

Tiga Perwira Militer Rusia Terluka di Aleppo

Tiga tentara Rusia terluka oleh tembakan mujahidin di Aleppo

Jum'at, 21/10/2016 13:39 0

Close