... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rezim Myanmar Blokade Bantuan Makanan PBB Bagi 80.000 Muslim Rohingya

Foto: Etnis Muslim Rohingya, Myanmar

KIBLAT.NET, Arakan – Rezim Myanmar memblokade bantuan makanan yang akan disalurkan kepada lebih dari 80.000 orang negara bagian Rakhine, wilayah yang dihuni mayoritas etnis Rohingya.

Lembaga Program Pangan Dunia (WFP) PBB mengungkapkan bahwa otoritas Myanmar telah menutup jalur masuk ke wilayah yang dihuni etnis Rohingya. Dalam pernyataan yang dirilis Rabu (19/10), WFP menyebut blokade dilakukan menyusul terjadinya serangan terhadap pos polisi yang diduga dilakukan oleh pejuang Rohingya.

WFP biasanya menyuplai bahan makanan bagi sekira 80.000 sampai 85.000 warga di perbatasan Myanmar dan Bangladesh. Wilayah tersebut kini telah ditutup oleh pasukan Myanmar, termasuk bagi bantuan kamanusiaan.

“Di mana-mana ada militer dan diberlakukan jam malam. Tidak mungkin mengakses salah satu daerah yang terdampak,” kata petugas kemitraan WFP di Myanmar, Arsen Sahkyan.

“Daerah-daerah yang biasanya menjadi tempat kami beroperasi juga terdampak,” imbuhnya.

Sejak terjadinya penyerangan pos polisi Myanmar yang diduga dilakukan oleh pejuang Rohingya, aparat keamanan mengklaim telah menerwakan sedikitnya 30 orang. Sementara sebanyak 40 orang lainnya ditahan.

Sementara, para aktivis menyebut bahwa tentara Myanmar telah melakukan penembakan terhadap warga sipil Rohingya. Tak hanya itu, mereka juga membakar desa-desa mereka. Di sisi lain, pihak militer Myanmar menampik pernyataan para aktivis kemanusiaan tersebut.

Wilayah Rakhine merupakan tempat tinggal etnis muslim Rohingya. Tindakan kejam dan pembantaian yang dilakukan oleh rezim Myanmar terhadap kelompok minoritas tersebut mulai mencuat sejak 2012 silam.

BACA JUGA  Myanmar Tolak Diselidiki atas Kejahatan terhadap Muslim Rohingya

Reporter: Imam S.
Sumber: Aljazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tak Tangkap Ahok, Polisi Dinilai Lakukan Diskriminasi Penegakan Hukum

“Pada kasusnya Arswendo (Atmowiloto, red) dulu langsung ditangkap dan diadili kok ini tidak, ini kami melihat ada diskriminasi dalam penegakan hukum”

Jum'at, 21/10/2016 21:22 0

Rohah

Bahkan Musuh Pun Takut Dengan Jasad Syuhada Ini

Tiba-tiba ada seikat bunga yang tidak ada duanya di bumi telah turun dari atap rumah kepada saudara laki-lakinya itu pada pukul dua malam. Ia pun membangunkan saudara-saudara perempuannya dari tempat tidur mereka dan berkata, ‘Lihatlah, ini merupakan tanda kesyahidan saudara laki-laki kita.’.”

Jum'at, 21/10/2016 20:35 0

Konsultasi

Apakah Bagian Tubuh yang Diamputasi Harus Disholatkan?

Apakah bagian tubuh yang diamputasi harus dikubur?

Jum'at, 21/10/2016 18:00 1

Indonesia

Gabungan 70 Ormas Islam se-Jatim Turun ke Jalan Tuntut Ahok Diadili

Gerakan Umat Islam Jawa Timur (GUIB Jatim) bersama 70 Ormas Islam se-Jatim pada Jum'at (21/10), menggelar aksi turun ke jalan untuk menyikapi kasus penistaan agama oleh Ahok.

Jum'at, 21/10/2016 16:25 0

Info Event

Ayo Berdonasi untuk Aktivis Masjid Penderita Tumor Bersama Tim Solidaritas Muslim

KIBLAT.NET, Tawangmangu – Tim Solidaritas Muslim pada Selasa (18/10) berangkat menuju ke kediaman Warsito (41...

Jum'at, 21/10/2016 12:01 0

Indonesia

Oleh Mahasiswa, Jokowi dan JK ‘Dimakamkan’ dengan Tradisi Hindu

"Mari kita berikan piagam presiden tergagal kepada Jokowi-JK. Dan kita lakukan pemakaman menurut tradisi Hindu," kata sang orator, Bagus Tito Wibisono, dari Ketua BEM UNJ yang memimpin proses pemakaman itu di depan Istana Negara Jakarta pada Kamis (20/10). Sambil dibakar, para aksi memberikan do'a kepada keduanya kemudian menyanyikan lagu Gugur Bunga. Namun, lafal 'Pahlawan' diganti 'pembohong'.

Jum'at, 21/10/2016 11:22 0

Indonesia

Protes 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, IMM: Demokrasi di Indonesia Sudah Mati

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Taufan Putra Revolusi Korompot menegaskan bahwa demokrasi di Indonesia sudah mati.

Jum'at, 21/10/2016 11:06 0

Indonesia

Hari Ini, Umat Islam Poso Turun ke Jalan Gelar Aksi Tuntut Ahok Dipidana

Umat Islam Poso pada Rabu, (19/10/2016) pun turut mengecam pernyataan Ahok yang menghina Al Quran surat Al Maidah ayat 51. Bertempat di masjid Nurul Jannah Kelurahan Moengko Dewan Perwakilan Daaerah (DPW) Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Poso mengundang puluhan Ormas Islam untuk mengadakan rapat yang membahas langkah dan menyatukan persepsi dalam menyikapi penghinaan yang dilakukan Ahok.

Jum'at, 21/10/2016 10:45 0

Indonesia

Pleidoi Kasus Mojokerto: Dari Senapan Angin, Hidroponik Hingga Tuduhan JI

Jaksa penuntut umum menuduh Anam terlibat dalam tindak pidana terorisme, dan mendakwanya dengan dua pasal. Pria yang ditangkap di Mojokerto tersebut didakwa dengan Pasal 15 jo pasal 7 dan pasal 15 jo pasal 9 Perpu No.1 tahun 2002 sebagaimana telah disahkan menjadi UU nomor 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme menjadi undang-undang.

Jum'at, 21/10/2016 09:53 0

Artikel

Sekongkol di Cikokol

Ada-ada saja ulah netizen Indonesia. Bukannya takut dan tercekam, setiap kali peristiwa (yang dianggap) teror terjadi, selalu saja ada meme-meme guyon. Tak terkecuali dalam insiden penusukan beberapa anggota polisi oleh Sultan Aziansyah (SA) di Cikokol kemarin, 20/10/2016.

Jum'at, 21/10/2016 09:30 0

Close