Militer Assad Ancam Turki Jika Kembali Masuki Wilayah Udara Suriah

KIBLAT.NET, Damaskus – Militer Suriah mengancam akan “menurunkan” setiap jet tempur Turki yang memasuki wilayah udara Suriah. Hal itu dikatakan untuk merespon serangan udara Turki di Suriah utara.

“Setiap upaya pelanggaran wilayah udara Suriah oleh pesawat perang Turki akan ditangani, dan mereka akan dibawa turun dengan segala cara yang tersedia,” kata seorang jenderal Suriah dalam sebuah pernyataan, Kamis (20/10).

Sebagaimana diketahui, serangan udara Turki pada Rabu malam menargetkan sekelompok milisi Kurdi yang didukung AS. Rezim Suriah menyebut serangan itu sebagai tindakan “agresi terang-terangan” yang dilakukan pemerintah Turki.

Wilayah utara Suriah adalah medan perang yang kompleks. Serangan udara Turki pada Rabu lalu itu dianggap bertentangan dengan agenda Amerika Serikat di Suriah.

Turki mendukung oposisi yang memerangi Rezim Bashar Assad, dan juga berusaha untuk mendorong ISIS menjauhi wilayah perbatasan Turki-Suriah.

Pada saat yang sama, Amerika Serikat telah mendukung milisi Kurdi yang juga memiliki agenda perang melawan ISIS. Di mana pemerintah Ankara melihat YPG Kurdi sebagai perpanjangan militan PKK Kurdi yang telah melakukan pemberontakan tiga dekade di Turki tenggara.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Reuters

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat