... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Apakah Bagian Tubuh yang Diamputasi Harus Disholatkan?

Foto: Bagian tubuh yang terpotong

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Redaksi Kiblat.net, Bagaimana hukum bagian tubuh yang diamputasi, apakah harus diselenggrakan sebagaimana jenazah seorang muslim atau bagaimana ustadz? Jazakumullah khairan.

Jawaban :

Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

Saudara penanya yang dirahmati Allah, untuk permasalahan tersebut Imam An-Nawawi menjelaskan beberapa hukum terkait anggota badan yang terputus. Beliau berkata :

فَأَمَّا إذَا قُطِعَ عُضْوٌ مِنْ حَيٍّ كَيْدِ سَارِقٍ وَجَانٍ وَغَيْرِ ذَلِكَ فَلَا يُصَلَّى عَلَيْهِ

Artinya : “Adapun jika anggota badan orang hidup terputus, seperti maling yang dipotong tangannya atau pelaku kriminal dan lain sebagainya, maka (bagaian yang terpotong) tidak disholatkan.” (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab 5/254)

Dari penggalan petikan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa bagian tubuh yang diamputasi tidak disholatkan sebagaimana seorang muslim.

Masih di bab yang sama Imam An Nawawi memberikan penjelasan tambahan, beliau berkata :

وَنَقَلَ الْمُتَوَلِّي رَحِمَهُ اللَّهُ الِاتِّفَاقَ عَلَى أَنَّهُ لَا يُغَسَّلُ وَلَا يُصَلَّى عَلَيْهِ فَقَالَ لَا خِلَافَ أَنَّ الْيَدَ الْمَقْطُوعَةَ فِي السَّرِقَةِ وَالْقِصَاصِ لَا تُغَسَّلُ وَلَا يُصَلَّى عَلَيْهَا وَلَكِنْ تُلَفُّ فِي خِرْقَةٍ وَتُدْفَنُ

Artinya : “Al-Mutawalli –rahimahullah- menukil kesepakatan (para ulama) bahwa anggota badan yang terpotong tidak dimandikan dan tidak disholatkan. Dan dia berkata bahwa tidak ada perbedaan antara tangan yang terpotong karena kasus pencurian dan yang terpotong karena penerapan hukum qishash. Hukumnya tidak dimandikan, tidak disholati akan tetapi dibungkus dengan kain dan dikuburkan.” (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab 5/254)

Masih di dalam pembahasan yang sama, Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa hukum menguburkan bagian yang terpotong itu adalah sunnah.

قَالَ أَصْحَابُنَا رَحِمَهُمُ اللَّهُ وَالدَّفْنُ لَا يَخْتَصُّ بِعُضْوِ مَنْ عُلِمَ مَوْتُهُ بَلْ كُلُّ مَا يَنْفَصِلُ مِنْ الْحَيِّ مِنْ عُضْوٍ وَشَعْرٍ وَظُفْرٍ وَغَيْرِهِمَا مِنْ الْأَجْزَاءِ يُسْتَحَبُّ دَفْنُهُ وَكَذَلِكَ

Artinya : “Dan ulama-ulama kami (dari mazhab Syafi’i) –rahimahumullah- berpendapat bahwa penguburan tidak hanya terkhusus pada anggota badan orang yang sudah meninggal saja, akan tetapi segala sesuatu yang terpisah dari orang hidup, baik itu berupa anggota badan, rambut, kuku dan selainnya, maka disunnahkan untuk dikuburkan.” (Al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab 5/254)

Syaikh Abdul Azis bin Baz juga pernah ditanya dengan pertanyaan yang sama beliau menjawab :

الأمر واسع فليس لها حكم الإنسان ؛ ولا مانع من أن توضع في النفاية أو تدفن في الأرض احتراماً لها فهذا أفضل ، وإلا فالأمر واسع والحمد لله كما قلنا فلا يجب غسله ولا دفنه إلا إذا كان جنيناً أكمل أربعة أشهر.

Artinya : “Masalah ini cukup longgar, karena bagian yang terputus tersebut tidak bisa disamakan dengan hukum manusia. Maka tidak masalah jika ditaruh di tempat pembuangan sampah atau lebih baiknya dikubur sebagai bentuk pemuliaan bagi anggota tubuh itu. Walaupun tidak dikubur tidak masalah. Sebagaimana yang telah saya katakana bahwa tidak wajib dimandikan dan dikubur kecuali jika itu adalah janin yang berumur lebih dari 4 bulan.” (Majmu’ Fatawa wa Maqolaat Mutanawwi’ah Li Syaikh Abdul Azis bin Baz 9/436)

Dari pemaparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa bagian yang diamputasi karena penyakit memiliki hukum yang berbeda dengan manusia hidup. Sehingga hukum yang berlakupun berbeda. Tidak dimandikan, tidak disholati dan disunnahkan untuk dikubur. Disunnahkan untuk dikubur didasarkan pada hukum asal pemuliaan terhadap anak Adam yang termaktub dalam surat  Al-Isra ayat 70.

Wallahu a’lam bishshowab

Dijawab oleh : Ust Miftahul Ihsan Lc

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Apakah Bagian Tubuh yang Diamputasi Harus Disholatkan?”

  1. Terimakasih….semoga menjadi tambahan ilmu wawasan n pemahaman yg sangat bermanfaat n barakah…..dan semoga sebagai bagian shadaqah panjenengan……

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Al-Syabab Serang Markas Militer di Somalia, Ini Hasilnya

Pada hari Selasa (18/10) pejuang Al-Syabab cabang al-Qaidah di Somalia dan sekitarnya melancarkan serangan berskala besar di sebuah kota strategis dekat Mogadishu, menewaskan sedikitnya 10 orang. Demikian menurut keterangan versi pemerintah.

Jum'at, 21/10/2016 17:24 0

Indonesia

Gabungan 70 Ormas Islam se-Jatim Turun ke Jalan Tuntut Ahok Diadili

Gerakan Umat Islam Jawa Timur (GUIB Jatim) bersama 70 Ormas Islam se-Jatim pada Jum'at (21/10), menggelar aksi turun ke jalan untuk menyikapi kasus penistaan agama oleh Ahok.

Jum'at, 21/10/2016 16:25 0

Yaman

Gencatan Senjata Yaman Jadi Momentum Iran Selundupkan Senjata untuk Hutsi

Iran meningkatkan pengiriman senjata kepada pemberontak Syiah Hutsi di Yaman melalui Oman, meskipun terjadi kesepakatan gencatan senjata di negara itu. Demikian dikutip dari Middle East Eye, Kamis (20/10).

Jum'at, 21/10/2016 16:00 0

Suriah

Jet Tempur Turki Bombardir Milisi Kurdi Dukungan AS di Suriah

Pasukan udara Turki meluncurkan serangan udara tersengit menargetkan milisi Kurdi di wilayah Suriah. Dilaporkan sebanyak 200 militan Kurdi tewas akibat gempuran pada Rabu malam itu (19/10).

Jum'at, 21/10/2016 14:30 0

Suriah

Tiga Perwira Militer Rusia Terluka di Aleppo

Tiga tentara Rusia terluka oleh tembakan mujahidin di Aleppo

Jum'at, 21/10/2016 13:39 0

Suriah

Militer Assad Ancam Turki Jika Kembali Masuki Wilayah Udara Suriah

Militer Suriah mengancam akan "menurunkan" setiap jet tempur Turki yang memasuki wilayah udara Suriah. Hal itu dikatakan untuk merespon serangan udara Turki di Suriah utara.

Jum'at, 21/10/2016 12:38 0

Info Event

Ayo Berdonasi untuk Aktivis Masjid Penderita Tumor Bersama Tim Solidaritas Muslim

KIBLAT.NET, Tawangmangu – Tim Solidaritas Muslim pada Selasa (18/10) berangkat menuju ke kediaman Warsito (41...

Jum'at, 21/10/2016 12:01 0

Irak

Pertempuran Mosul: Satu Tentara AS Tewas terkena Bom Tanam

Sebuah ledakan bom di utara kota Mosul menewaskan seorang tentara Amerika Serikat. Demikian menurut laporan pejabat Departemen Pertahanan AS seperti dikutip dari Arabi21, Jum'at (21/10).

Jum'at, 21/10/2016 11:35 0

Indonesia

Oleh Mahasiswa, Jokowi dan JK ‘Dimakamkan’ dengan Tradisi Hindu

"Mari kita berikan piagam presiden tergagal kepada Jokowi-JK. Dan kita lakukan pemakaman menurut tradisi Hindu," kata sang orator, Bagus Tito Wibisono, dari Ketua BEM UNJ yang memimpin proses pemakaman itu di depan Istana Negara Jakarta pada Kamis (20/10). Sambil dibakar, para aksi memberikan do'a kepada keduanya kemudian menyanyikan lagu Gugur Bunga. Namun, lafal 'Pahlawan' diganti 'pembohong'.

Jum'at, 21/10/2016 11:22 0

Indonesia

Protes 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, IMM: Demokrasi di Indonesia Sudah Mati

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Taufan Putra Revolusi Korompot menegaskan bahwa demokrasi di Indonesia sudah mati.

Jum'at, 21/10/2016 11:06 0

Close