... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Al-Syabab Serang Markas Militer di Somalia, Ini Hasilnya

Foto: Al-Syabab Somalia

KIBLAT.NET, Mogadishu – Pada hari Selasa (18/10) pejuang Al-Syabab cabang al-Qaidah di Somalia dan sekitarnya melancarkan serangan berskala besar di sebuah kota strategis dekat Mogadishu, menewaskan sedikitnya 10 orang. Demikian menurut keterangan versi pemerintah.

Para saksi mata melaporkan, serangan dimulai dengan sebuah mobil yang sarat dengan bahan peledak menghantam markas polisi menewaskan sedikitnya 4 perwira polisi. Kemudian baku tembak sengit terjadi antara pejuang-pejuang Al-Syabab dengan pasukan Somalia di kota strategis Afgoye yang berjarak 30 km di sebelah barat daya ibukota Mogadishu.

Target utama serangan tersebut adalah sebuah pos polisi dan beberapa pos militer yang menyimpan banyak senjata dan amunisi. Kontak senjata terdengar cukup keras dari seluruh penjuru kota. Para pejuang al-Syabaab kemudian melakukan manuver mundur sebelum pasukan Uni Afrika (AMISOM) tiba di lokasi.

Pejabat polisi lokal bernama Abdul Qadir Said mengatakan via telepon bahwa para penyerang sudah mundur meninggalkan kota, sementara ia mengklaim situasi telah berangsur normal di bawah kontrol penuh pasukan pemerintah Somalia. “Kami tidak memiliki angka yang pasti mengenahi jumlah korban, namun sejauh ini kami melihat ada lebih dari 10 orang, termasuk warga sipil yang tewas dalam serangan tersebut,” katanya.

Dari pihak AMISOM mengkonfirmasi melalui Twitter, bahwa sebuah bom mobil digunakan untuk menyasar pos polisi, namun pasukan Somalia sudah siap siaga di posisi masing-masing sambil menunggu pasukan bantuan datang. Sejumlah saksi mata mengatakan, pejuang-pejuang al-Syabaab meninggalkan kota, sementara mayat-mayat tergeletak berserakan di beberapa luas jalan.

BACA JUGA  Dua Helikopter Prancis Kecelakaan Saat Sergap Jihadis Mali, 13 Tentara Tewas

Menurut keterangan seorang warga bernama Abdirisak Isgowe, “Pejuang-pejuang al-Syabaab pergi meninggalkan kantor polisi dan sejumlah lokasi lainnya yang sebelumnya berhasil mereka kuasai siang dan sore ini. Ada banyak mayat dan saya melihat ada 11 di antaranya berada di sekitar wilayah kami. Pasukan Somalia dan AMISOM saat ini sudah berada di beberapa titik di kota.” Seorang warga lainnya bernama Fadumo Wariri mengatakan sebagian besar korban tewas akibat terkena ledakan, dan mayoritas adalah tentara Somalia.

Baca halaman selanjutnya: Pernyataan Al-Syabab...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gabungan 70 Ormas Islam se-Jatim Turun ke Jalan Tuntut Ahok Diadili

Gerakan Umat Islam Jawa Timur (GUIB Jatim) bersama 70 Ormas Islam se-Jatim pada Jum'at (21/10), menggelar aksi turun ke jalan untuk menyikapi kasus penistaan agama oleh Ahok.

Jum'at, 21/10/2016 16:25 0

Info Event

Ayo Berdonasi untuk Aktivis Masjid Penderita Tumor Bersama Tim Solidaritas Muslim

KIBLAT.NET, Tawangmangu – Tim Solidaritas Muslim pada Selasa (18/10) berangkat menuju ke kediaman Warsito (41...

Jum'at, 21/10/2016 12:01 0

Indonesia

Oleh Mahasiswa, Jokowi dan JK ‘Dimakamkan’ dengan Tradisi Hindu

"Mari kita berikan piagam presiden tergagal kepada Jokowi-JK. Dan kita lakukan pemakaman menurut tradisi Hindu," kata sang orator, Bagus Tito Wibisono, dari Ketua BEM UNJ yang memimpin proses pemakaman itu di depan Istana Negara Jakarta pada Kamis (20/10). Sambil dibakar, para aksi memberikan do'a kepada keduanya kemudian menyanyikan lagu Gugur Bunga. Namun, lafal 'Pahlawan' diganti 'pembohong'.

Jum'at, 21/10/2016 11:22 0

Indonesia

Protes 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, IMM: Demokrasi di Indonesia Sudah Mati

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Taufan Putra Revolusi Korompot menegaskan bahwa demokrasi di Indonesia sudah mati.

Jum'at, 21/10/2016 11:06 0

Indonesia

Hari Ini, Umat Islam Poso Turun ke Jalan Gelar Aksi Tuntut Ahok Dipidana

Umat Islam Poso pada Rabu, (19/10/2016) pun turut mengecam pernyataan Ahok yang menghina Al Quran surat Al Maidah ayat 51. Bertempat di masjid Nurul Jannah Kelurahan Moengko Dewan Perwakilan Daaerah (DPW) Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Poso mengundang puluhan Ormas Islam untuk mengadakan rapat yang membahas langkah dan menyatukan persepsi dalam menyikapi penghinaan yang dilakukan Ahok.

Jum'at, 21/10/2016 10:45 0

Indonesia

Pleidoi Kasus Mojokerto: Dari Senapan Angin, Hidroponik Hingga Tuduhan JI

Jaksa penuntut umum menuduh Anam terlibat dalam tindak pidana terorisme, dan mendakwanya dengan dua pasal. Pria yang ditangkap di Mojokerto tersebut didakwa dengan Pasal 15 jo pasal 7 dan pasal 15 jo pasal 9 Perpu No.1 tahun 2002 sebagaimana telah disahkan menjadi UU nomor 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme menjadi undang-undang.

Jum'at, 21/10/2016 09:53 0

Artikel

Sekongkol di Cikokol

Ada-ada saja ulah netizen Indonesia. Bukannya takut dan tercekam, setiap kali peristiwa (yang dianggap) teror terjadi, selalu saja ada meme-meme guyon. Tak terkecuali dalam insiden penusukan beberapa anggota polisi oleh Sultan Aziansyah (SA) di Cikokol kemarin, 20/10/2016.

Jum'at, 21/10/2016 09:30 0

Rohah

Weleh! Sapi Ini Jalani Persidangan karena Diduga Membunuh Orang

Seekor sapi betina harus berhadapan dengan pengadilan Jerman karena membunuh seorang wanita berusia 57 tahun. Sapi bernama Verona itu diduga membunuh seorang wanita yang tengah berjalan-jalan di dekat kota Greinfenstein bersama anjingnya pada tahun 2011.

Kamis, 20/10/2016 20:30 0

Manhaj

Nahi Munkar, Harga Mati!

amar makruf nahi munkar menjadi wajib bagi setiap umat ini. Bahkan barometer kebaikan umat ini sangat bergantung pada komitmen mereka dalam menjalankan kewajiban tersebut.

Kamis, 20/10/2016 20:00 0

Indonesia

Mahasiswa IKIP Angkatan 66 Minta Ahok Ditangkap

"Ahok menghina agama, makanya Ahok harus dihukum karena menghina agama. KPK juga harus bertindak soal Sumber Waras," tuturnya.

Kamis, 20/10/2016 19:29 0

Close