Pria Bersenjata Bunuh 14 Syiah Afghanistan Saat Rayakan Hari Asyura

KIBLAT.NET – Setidaknya 14 orang tewas ketika pria bersenjata menembaki kaum Syiah yang berkumpul di sebuah kuil di ibukota Afghanistan Kabul untuk merayakan hari Asyura, kata para pejabat, Selasa (11/10).

Tiga belas dari korban tewas itu merupakan warga sipil dan seorang polisi. Sementara itu, 36 orang terluka, kata juru bicara Departemen Dalam Negeri Sediq Sediqqi.

Serangan dimulai sebelum pukul 15:30 GMT, kata polisi, dengan saksi melaporkan ledakan diikuti oleh tembakan.

“Orang-orang berkumpul di dalam kuil untuk menyembah ketika penyerang tiba, pertama mereka menembak polisi di gerbang kuil dan kemudian mereka masuk ke halaman,” kata Sardar Hedayat.

Laporan awal menyebutkan jumlah penyerang ada tiga, tetapi Sediqqi mengatakan pasukan khusus polisi yang berada di TKP menyatakan bahwa hanya satu pria bersenjata. Penyerang mengenakan seragam polisi, kata Jamshid Jan, yang menyaksikan serangan itu.

Serangan itu terjadi di salah satu kuil terbesar di Kabul saat kaum Syiah berkumpul untuk memperingati hari Asyura. Hari Asyura dalam keyakinan mereka, dirayakan untuk memperingati kematian Husein bin Ali Ra..

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab. Juru bicara Taliban membantah terlibat dalam serangan itu.

Reporter: Salem
Sumber: huffingtonpost

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat