Hubungan Mesir-Rusia Semakin Mesra, Keduanya Upayakan Latihan Militer Bersama

KIBLAT.NET, Moskow – Rusia dan Mesir berencana mengadakan latihan militer bersama pada pertengahan Oktober ini. Latihan juga akan melibatkan armada udara dari kedua negara.

“Latihan militer Rusia-Mesir akan dilangsungkan pada pertengahan Oktober 2016 di wilayah Mesir,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, Selasa (11/10).

Latihan yang disebut “Protectors of Friendship-2016” ini akan diikuti 500 tentara, 15 pesawat dan helikopter dan 10 unit senjata berat. Kementerian menyebutkan bahwa latihan ini sebagai bentuk kontra-terorisme.

“Beberapa pasukan penerjun akan dikirimkan dari udara. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, mereka turun di gurun Mesir,” kata kementerian itu.

Tahun lalu Rusia dan Mesir mengadakan latihan angkatan laut gabungan pertama di Mediterania, yang diikuti iring-iringan kapal perang penjelajah Laut Hitam, Russian cruiser Moskva.

Keputusan latihan bersama ini muncul sehari setelah media Rusia melaporkan bahwa pemerintah Mesir sedang melakukan pembicaraan terkait pembangunan pangkalan udara Rusia di seluruh negeri, termasuk sebuah pangkalan udara di pantai Mediterania dekat perbatasan dengan Libya.

Hubungan Moskow dan Kairo membaik ditandai dukungan Mesir kepada Rusia yang mengajukan resolusi kepada Dewan Keamanan PBB terkait pemboman yang tak berhenti di Suriah. Sembilan negara mendukung resolusi itu, meskipun akhirnya tidak diterima.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Middle East Eye

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat