... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Pelecehan Ahok Terhadap Al-Quran Dalam Perspektif Ahli Tafsir

Foto: Ahok

“Jika berkata dalam kebaikan adalah perak, maka diam dari perkataan buruk adalah emas.” Demikian tutur nasehat dari Ibnul Mubarak yang termaktub dalam kitab Jami’u al-‘Ulum wa al-Hikam halaman 136. Sebuah petuah pendek yang mengajari kita untuk berhati-hati dalam berucap, karena berawal dari lisan, tidak sedikit yang kemudian harus menanggung penyesalan.

Akan tetapi, penyesalan ternyata bukan milik semua orang. Banyak manusia yang sudah berulangkali jatuh dalam kesalahan, namun mereka tak sedikitpun tergerak untuk berbenah. Satu diantaranya adalah orang nomor wahid di ibu kota negeri ini.

Tak hanya pedas terhadap lawan politik, kepada lawan agamanya pun setali tiga uang. Bahkan firman Allah tidak luput ia lawan. Statement terbaru yang menuai banyak kecaman adalah pernyataannya melecehkan ayat suci Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam dengan kalimat ‘Dibohongi pakai surat Al Maidah ayat 51.’ Bagi orang yang tidak paham dan tidak mengimani Al-Qur’an, tentu sangat tak beradab untuk ikut berkomentar tentang kandungannya.

Kita tidak akan berbicara dengan pasal atau ayat KUHP, karena terbukti ia begitu lemah melindungi kehidupan beragama. Kita pun tak ingin mengadili ‘Si Penghujat’ sebagaimana para politisi memanfaatkan moment ini hanya untuk pencitraan belaka. Akan tetapi kita tinjau dari ayat Al-Qur’an. Persoalan ini penting, terlebih lagi penghinaan ini dilakukan oleh orang non muslim. Itu sama saja menabuh genderang permusuhan dengan umat Islam. Tidak hanya menghina umat Islam Indonesia namun umat Islam seluruh dunia. Sehingga permohonan maaf pun tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini.

Baca halaman selanjutnya: Pelecehan Terhadap Islam...

Halaman Selanjutnya 1 2 3
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Taliban Kembali Tembak Jatuh Helikopter Afghan, 7 Orang Tewas

Taliban mengaku telah menembak jatuh sebuah helikopter militer di provinsi Baghlan, Afghanistan utara, Ahad (09/10), yang menewaskan tujuh orang penumpang di dalamnya.

Senin, 10/10/2016 19:25 0

Indonesia

Ahok Minta Maaf, Pemuda Muhammadiyah: Proses Hukum Harus Dilanjutkan!

Meski Ahok telah meminta maaf, Dahnil mendesak agar proses hukum tetap dijalankan. Sebab ditakutkan hal serupa akan terjadi lagi dan mengganggu keberagaman Indonesia.

Senin, 10/10/2016 19:02 0

Rusia

Terjawab, Ini Alasan Rusia Kirim Sistem Rudal S-300 ke Suriah

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengungkapkan alasan penyebaran sistem pertahanan udara S-300 di Suriah. Ia mengatakan hal itu untuk mengantisipasi aksi militer Amerika Serikat terhadap pasukan Assad.

Senin, 10/10/2016 15:40 0

Inggris

Warga Iraq di Inggris Dukung Intervensi Turki di Mosul

Warga Iraq di Inggris berkumpul di luar kantor Kedutaan Turki di London untuk menyampaikan dukungannya atas intervensi militer Turki di Iraq, terutama dalam perang di Mosul.

Senin, 10/10/2016 15:13 0

Afghanistan

Taliban Tembak Jatuh Helikopter Logistik Militer, Tujuh Tewas

Sementara itu, Dephan mengaku helikopter jenis M-17 itu jatuh akibat masalah teknis. Menurut pernyataan Dephan, insiden nahas itu terjadi pada pukul empat pagi waktu setempat di wilayah Baghlan, Kunduz Selatan.

Senin, 10/10/2016 15:00 0

Rohah

Ulama Ini Mengharapkan Kematian Anaknya, Kok Bisa?

Ibrahim menjawab, “Ya. Suatu ketika aku bermimpi dalam tidurku seolah-olah kiamat sudah tiba. Seolah-olah di tangan anak-anak kecil ada tempayang (buyung besar) yang berisi air. Mereka datang untuk memberikan minum kepada manusia. Hari itu adalah hari yang sangat terik panasnya, lalu aku katakan kepada salah satu dari mereka, “Isqinî min hâdzal mâ’...., berikanlah minum kepadaku dari air ini.”

Senin, 10/10/2016 14:35 0

Indonesia

Dipolisikan Pendukung Ahok, Buni Yani Adukan Balik Pelapor

Buni Yani melaporkan balik Kelompok Relawan Kota Adja (Ahok-Djarot) ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Sebelumnya, Yani sempat dilaporkan oleh pendukung Ahok karena dinilai melanggar UU ITE terkait video Ahok yang diduga melecehkan Al-Qur'an.

Senin, 10/10/2016 14:05 0

Suriah

Fath Al-Syam Terima Baiat Jundul Aqsha, Tapi dengan Syarat Ini

Melalui Twiit di akun pribadinya pada Ahad (09/10), Syafi'i menjelaskan keputusan gerakannya itu melihat sejumlah pertimbangan. Yang paling besar, tegas Syafi'i, menghentikan pertikaian antara sesama saudara mujahidin.

Senin, 10/10/2016 13:29 0

Malaysia

Turki Tingkatkan Kerjasama Militer dengan Malaysia

Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan pada Sabtu (09/10) bahwa setelah hubungan antara kedua negara akan lebih terstruktur dan terfokus bergerak untuk maju. Selain itu, kedua negara juga membicarakan kerja sama peningkatan dalam industri pertahanan serta bidang strategis lain yang menarik.

Senin, 10/10/2016 12:54 0

Artikel

Pemberontakan PKI di Madiun 1948 (Bag.3): Meletusnya Pemberontakan

Pemberontakan Madiun dimulai. Para penyerang membawa emblem dengan palu arit serta huruf-huruf WFYD-IUS. Serangan mereka berhasil, kemudian disusul dengan penjarahan, kepanikan di kalangan penduduk, penangkapan sewenang-wenang, tembak-menembak, dan ‘penyerbuan secara fasis’. Bendera merah putih disobek dan diganti dengan bendera palu arit, dan potret Sukarno diganti potret Musso.

Senin, 10/10/2016 12:32 0