... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Uji Materi Pasal Perzinaan, MUI Minta MK Pertimbangkan Hukum Islam 

Foto: Mursyidah Thahir.

KIBLAT. NET, Jakarta – Untuk kesepuluh kalinya, sidang uji materi pasal perzinaan berlangsung di gedung Mahkamah Konstitusi. Kali ini, Mursyidah Thahir mewakili Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan pendapat sebagai pihak terkait.

Di awal, Mursyidah menyampaikan bahwa hukum Islam yang bersumber dari Al-Qur’an, As-Sunnah dan ijtihad mengarah pada lima dharuriyat; yaitu melindungi agama, diri, harta, kehormatan dan akal. Maka, hukum Islam mengatur perilaku pribadi seperti hubungan suami istri.

“Larangan hubungan seksual tidak semata-mata dengan lawan jenis, tapi juga sesama jenis dan binatang,” katanya pada Selasa (03/10).

Mencermati pasal 284, lanjut dia, norma hukum pidana tidak mengancam setiap orang yang melakukan zina. Tapi hanya mengancam status pernikahan. Padahal perbuatannya sama untuk merusak moralitas.

“Ini menunjukkan lemahnya moral hukum. Oleh karena itu perlu perluasan makna zina,” tuturnya.

Anggota komisi fatwa MUI itu juga meminta agar pengertian zina dapat dikembalikan kepada pengertian yang semestinya. Yaitu bersenggama di luar nikah, baik diikat perkawinan atau tidak, baik dilakukan di ruang umum/pelacuran atau ruang privat.

“MUI memohon agar Mahkamah Konstitusi mempertimbangkan hukum Islam sebagai landasan untuk memperluas makna zina sesuai dengan asas Ketuhanan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Terkait uji materi pasal perzinaan ini, Mursyidah meneaskan bahwa MUI memberi dukungan kepada para pemohon.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Sempat Berkilah, NATO Akhirnya Akui Taliban Berhasil Kuasai Kunduz

Zabihullah Mujahid menyatakan bahwa saat ini Kunduz berada di bawah kontrol kuat Taliban. “Upaya-upaya tengah dilakukan untuk mengembalikan kehidupan normal di #Kunduz, sehingga semua warga bisa kembali bekerja. Para mujahidin memperlakukan masyarakat dengan baik,” jelas Mujahid.

Selasa, 04/10/2016 15:35 0

Suriah

Dokter Tanpa Batas Kecam Pemboman Rumah Sakit di Aleppo

Lembaga Medicens Sans Frontiers (MSF) atau biasa disebut Dokter Tanpa Batas mengecam keras serangan rezim Suriah dan Rusia terhadap fasilitas medis di Suriah dan Yaman.

Selasa, 04/10/2016 14:42 0

Timur Tengah

Liga Arab: Serangan Rezim Assad di Aleppo termasuk Kejahatan Perang

Liga Arab kembali menyeru masyarakat internasional untuk berpartisipasi untuk menghentikan kampanye pemboman di kota Aleppo.

Selasa, 04/10/2016 14:00 0

Suriah

Pengakuan Mengejutkan Relawan Wanita dalam Barisan Tentara Assad

Para relawan wanita yang bertempur dalam barisan Assad membuat pengakuan mengejutkan terkait kebejatan moral para tentara Suriah.

Selasa, 04/10/2016 13:20 0

Eropa

Pertama Kali, Swiss Tampung 30 Pengungsi Suriah

Pada 2015, pemerintah Swiss menyetujui untuk menampung 3.000 pengungsi Suriah. Kehadiran 30 pengungsi pada bulan Oktober 2016 ini adalah pertama kalinya sejak hal itu diumumkan.

Selasa, 04/10/2016 12:30 0

Info Event

Ponpes Amanah Poso Ajarkan Santri Cara Bijak Gunakan Media Sosial

Banyak kasus penipuan, pencemaran nama baik bahkan sampai pemerkosaan dan pembunuhan terjadi akibat salah memanfaatkan sosial media.

Selasa, 04/10/2016 11:35 0

Afghanistan

Lagi, Taliban Beri “Kejutan” Pasukan Pemerintah di Kunduz

Dilansir dari Al-Jazeera, Senin (03/10), puluhan pejuang Taliban pada Ahad tengah malam (02/10) terlibat baku tembak dengan pasukan pemerintah di dalam pusat Kunduz. Sejumlah saksi mata mengatakan, sedikitnya tiga gedung berhasil diduduki para pejuang Taliban.

Selasa, 04/10/2016 11:03 0

Mesir

Keamanan Mesir Eksekusi Komandan IM dalam Operasi Penangkapan

Al-Jazeera melansir dari sumber anggota IM, pasukan keamanan menangkap Kamal yang aktif di Kantor Biro Bimbingan di pinggiran Kairo Timur pada Ahad. Sementara Syahatah merupakan teman dekatnya.

Selasa, 04/10/2016 10:17 0

Amerika

AS Akui Lancarkan Operasi Udara Targetkan Syaikh Abu Firaj Al-Mishri

“Sebuah serangan udara AS diluncurkan menargetkan Abu Al-Firaj Al-Mishri, komandan Al-Qaidah Suriah. Pentagon masih mengonfirmasi hasilnya,” kata pernyataan Departemen Pertahanan AS (Pentagon) seperti dilansir Reuters Arabic, Selasa (04/10).

Selasa, 04/10/2016 09:32 0

Suriah

Abu Al-Faraj Al-Mishri, Anggota Dewan Syariah Fath Al-Syam Gugur

“Syaikh Ahmad Salamah Abu Al-Faraj Al-Mishri, anggota Dewan Syura Jabhah Fath Al-Syam syahid akibat serangan udara koalisi internasional di pedesan Idlib Barat,” kata pernyataan JFA melalui Channel Telegramnya, @J_FSham, Senin malam.

Selasa, 04/10/2016 08:37 0

Close