... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Ponpes Amanah Poso Ajarkan Santri Cara Bijak Gunakan Media Sosial

KIBLAT.NET, Poso – Dunia remaja saat ini tidak bisa menghindari dunia sosial media, di mana saat ini perkembangan smartphone telah berkembang pesat seolah telah menjadi kebutuhan aktifitas sehari-hari setiap orang untuk berkomunikasi. Aplikasi sosial mediapun terus berkembang dan bersaing menggait pengguna, hingga akhirnya banyak remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas hanya berawal dari chating pribadi, kemudian berujung janjian untuk ketemuan, namun ternyata tidak sesuai harapan seperti ketika berkomukiasi lewat sosial media.

Banyak kasus penipuan, pencemaran nama baik bahkan sampai pemerkosaan dan pembunuhan terjadi akibat salah memanfaatkan sosial media.

Melihat kondisi seperti ini, Pondok Pesantren Amanah Poso mengadakan seminar dengan tema “Plus Minus Sosial Media”. Sekitar 100 orang santri pukul 09.00 wita pagi itu mengikuti kegiatan dengan penuh antusias. Kegiatan diadakan pada 2/10/2016 bertepatan dengan 1 muharam di Masjid Al-Firdaus kompleks Pondok Pesantren Amanah Poso.

Beberapa hal penting disampaikan Pemateri terkait cara berkomukasi yang baik dan benar di sosial media, para santripun terlihat semangat mendengarkan penyampaian dari pemateri. Salah satu yang disampaikan pemateri adalah berhati-hati dalam mengupload data pribadi baik itu berupa bioadata, alamat, foto dan data pribadi lainnya karena bisa saja data-data tersebut disalah gunakan oleh orang-orang yang ingin berniat jahat di dunia maya.

“Kita harus berhati-hati menggunakan akun media sosial, data kita ternyata tersimpan di server database (bank data) jejejaring sosial media. Nah ketika biodata akun media sosial kita dapat diakses orang lain di mana foto-foto pribadi kita, alamat kita, nomor handphone kita dapat dilihat oleh seluruh orang dijejaring sosial media tersebut mungkin kita merasa ini adalah niat baik agar teman mengetahui kita namun di sinilah kelemahan dan orang berniat jahat dapat memanfaatkan data-data pribadi kita untuk kejahatannya misalnya penipuan, foto kita diedit terus disebar luaskan diinternet, dan lain sebagainya,” ungkap Teguh Triyono ,salah satu pemateri dalam seminar tersebut.

Selain itu juga disampaikan kelebihan sosial media dapat menjadi ajang silaturahmi dan komunikasi yang dapat menambah amal sholeh ketika hal itu digunakan oleh seorang yang baik.

“Jadi media sosial bisa digunakan untuk kebaikan misalnya untuk berdakwah, bersilaturahmi bertemu teman yang jarakanya jauh, jadi tergantung yang memakainya kita tidak bisa menghindari karena saat ini zamannya zaman cyber,” ungkap Ustadzah Ana Istiqomah, pengajar pondok Pensantren Amanah Putri sekaligus menjadi pemateri dalam seminar tersebut.

Acara berakhir sebelum waktu shalat dhuhur, para santri membubarkan diri dengan tertip kembali masuk ke asrama pondok pesantren. Dengan diadakan kegiatan seminar ini para santri Podok Pesantren Amanah Poso diharapkan dapat mengenali pemanfaatan internet dan sosial media untuk kebaikan dan tidak menyalahgunakan internet dan sosial media sebagai tempat untuk melakukan kemaksiatan dan kejahatan serta hal-hal negatif lainya. (Ahmad Sutedjo)


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Lagi, Taliban Beri “Kejutan” Pasukan Pemerintah di Kunduz

Dilansir dari Al-Jazeera, Senin (03/10), puluhan pejuang Taliban pada Ahad tengah malam (02/10) terlibat baku tembak dengan pasukan pemerintah di dalam pusat Kunduz. Sejumlah saksi mata mengatakan, sedikitnya tiga gedung berhasil diduduki para pejuang Taliban.

Selasa, 04/10/2016 11:03 0

Mesir

Keamanan Mesir Eksekusi Komandan IM dalam Operasi Penangkapan

Al-Jazeera melansir dari sumber anggota IM, pasukan keamanan menangkap Kamal yang aktif di Kantor Biro Bimbingan di pinggiran Kairo Timur pada Ahad. Sementara Syahatah merupakan teman dekatnya.

Selasa, 04/10/2016 10:17 0

Amerika

AS Akui Lancarkan Operasi Udara Targetkan Syaikh Abu Firaj Al-Mishri

“Sebuah serangan udara AS diluncurkan menargetkan Abu Al-Firaj Al-Mishri, komandan Al-Qaidah Suriah. Pentagon masih mengonfirmasi hasilnya,” kata pernyataan Departemen Pertahanan AS (Pentagon) seperti dilansir Reuters Arabic, Selasa (04/10).

Selasa, 04/10/2016 09:32 0

Suriah

Abu Al-Faraj Al-Mishri, Anggota Dewan Syariah Fath Al-Syam Gugur

“Syaikh Ahmad Salamah Abu Al-Faraj Al-Mishri, anggota Dewan Syura Jabhah Fath Al-Syam syahid akibat serangan udara koalisi internasional di pedesan Idlib Barat,” kata pernyataan JFA melalui Channel Telegramnya, @J_FSham, Senin malam.

Selasa, 04/10/2016 08:37 0

Video Kajian

Ketika Rasul Sakit [Ust. Abu Umar Abdillah]

KIBLAT.NET – Seluruh jalan kehidupan rasul merupakan sebuah perjalanan yang penuh hikmah bagi umatnya. Salah...

Selasa, 04/10/2016 08:21 0

Artikel

Pemberontakan Kaum Merah di Silungkang

Pada tahun 1924, SI Silungkang berubah menjadi Sarekat Rakyat. Meski Sarekat Rakyat sebenarnya secara struktural adalah organ di bawah PKI, namun rakyat Silungkang tak peduli. Dalam benak mereka, Sarekat Rakyat adalah Sarekat Islam. Bagi mereka yang terpenting adalah menolak pemerintah kolonial yang memberatkan dengan segala pajak dan penindasannya. Di bawah kondisi tertindas inilah, propaganda menuju pemberontakan menemui lahannya yang subur di Silungkang. Dan meletupnya pemberontakan hanya soal waktu saja.

Senin, 03/10/2016 19:08 0

Palestina

Israel Tuding Enam Warga Palestina Gabung ISIS

Pemerintah Israel menahan enam warga Palestina karena dituding bergabung dengan kelompok ISIS dan merencanakan sejumlah serangan di Israel, terutama di Yerusalem.

Senin, 03/10/2016 16:01 0

Opini

Politisasi Masjid

Melihat vitalnya fungsi masjid bagi persatuan dan pertahanan kaum muslimin, kaum munafikin sebagai antek kaum kafirin senantiasa mencoba untuk membajaknya. Perkara ini pernah terjadi pada zaman Rosululloh -shollallohu 'alaihi wa sallam-. Mereka (kaum munafikin) berupaya membangun masjid berdekatan dengan masjid Quba demi memecah belah dan menyimpangkan kaum muslimin dari petunjuk Nabi -shollallohu 'alaihi wa sallam.

Senin, 03/10/2016 15:13 0

Turki

Diduga Terlibat Kudeta, Polisi Turki Tangkap Saudara Gulen

Sebelumnya, polisi anti-teror Turki mulai mencarinya di distrik Gaziemir. Setelah menerima informasi dari pihak intelijen, Kutbettin ditangkap di rumah seorang kerabatnya.

Senin, 03/10/2016 13:45 0

Suriah

Dibantu Kurdi, Pasukan Assad Serang Oposisi di Aleppo

Pasukan gabungan itu mengklaim telah menebar ancaman kepada oposisi untuk meninggalkan posisi, sembari menjanjikan bala bantuan dan perlengkapan.

Senin, 03/10/2016 12:52 0

Close