... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Fikih Puasa Muharram

Foto: Muharram

Sekarang kita telah memasuki bulan Suro. Nama ini begitu populer di kalangan orang Jawa, meskipun tak menutup kemungkinan banyak penduduk Indonesia lainnya yang mengenalnya. Bulan yang dinamakan Suro ini, tak lain adalah Bulan Muharram menurut kalender Islam.

Datangnya Bulan Muharram tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi umat Islam. Selain termasuk salah satu bulan haram, di dalamnya pun tedapat amalan yang sangat mulia; puasa ‘Asyura. Puasa sendiri memiliki keutamaan yang sangat besar bagi pelakunya, karena ibadah puasa adalah rahasia antara hamba dan Rabbnya. Bagi orang yang berpuasa juga akan disediakan pintu surga yang khusus untuk mereka. Inilah kenikmatan di akhirat yang dikhususkan bagi orang yang berpuasa.

Agar peluang memanen pahala tidak terlewatkan begitu saja, penting bagi kita untuk mengetahui seluk beluk ibadah ini, yang dikabarkan oleh Rasulullah bisa menghapuskan dosa-dosa kita setahun yang lalu.

KEUTAMAAN PUASA BULAN MUHARRAM

Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram). Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim, no. 1163).

Hadits di atas menunjukkan keutamaan puasa di Bulan Muharram secara umum, termasuk di dalamnya adalah puasa Asyura. Imam an-Nawawi  berkata, “Hadits ini merupakan penegasan bahwa sebaik-baik bulan untuk berpuasa adalah pada Bulan Muharram.” (Syarh Shahih Muslim, 8/55).


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: PUASA ‘ASYURA...

Halaman Selanjutnya 1 2 3 4
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Lagi, Aparat Mesir Tembak Mati Petinggi Ikhwanul Muslimin

Seorang petinggi Ikhwanul Muslimin, Mohamed Kamal (61 th) tewas ditembak aparat keamanan Mesir pada Senin (03/10) kemarin.

Selasa, 04/10/2016 19:25 0

News

Pemberontakan PKI di Madiun 1948 (Bag.1): Hatta dan Oposisi

Pasca Indonesia merdeka, politik di tanah air terus bergerak dinamis. Kabinet naik dan jatuh karena persoalan politik. Persoalan semakin rumit ketika Belanda melancarkan serangan militernya ke Indonesia. Upaya diplomasi dilakukan, termasuk melalui perjanjian Renville yang ditandatangani Perdana Menteri Amir Syarifoedin dari sayap kiri. Namun sebuah peristiwa pemberontakan akan mengguncang republik yang baru lahir, yaitu pemberontakan di Madiun 1948.

Selasa, 04/10/2016 18:58 0

Turki

Erdogan Syaratkan Pembebasan Mursi untuk Normalisasi Hubungan Turki-Mesir 

Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan menolak normalisasi hubungan dengan Mesir bila mantan presiden Muhammad Mursi dan pendukungnya tidak dibebaskan dari penjara. Demikian kata Erdogan dalam wawancara dengan presenter Saudi, Jamal Khashoggi, Ahad (02/10) lalu.

Selasa, 04/10/2016 17:58 0

Irak

Khalifah ISIS Dikabarkan Sakit Parah Setelah Diracun

Abu Bakar Al-Baghdadi dilaporkan sakit parah setelah seorang tak dikenal meracuni makanannya di kawasan Be'aaj, provinsi Ninawa, Iraq. Tiga komandan ISIS lainnya juga mengalami hal serupa.

Selasa, 04/10/2016 17:05 0

Amerika

Pentagon Bikin Video Rekayasa Jihadis, Disebar Jadi Alat Pelacak dan Barang Bukti

Ada yang menarik mengapa Pentagon menggunakan format RealMedia, karena player format tersebut akan secara otomatis terhubung ke internet. Videonya nge-link ke sebuah akun Google Analytics, dan melalui akun inilah Pentagon akan mendapatkan IP address setiap komputer yang menyetel propaganda buatan.

Selasa, 04/10/2016 16:17 0

Indonesia

Soal Uji Materi Pasal Perzinaan, MUI Minta MK Pertimbangkan Hukum Islam 

Anggota komisi fatwa MUI itu juga meminta agar pengertian zina dapat dikembalikan kepada pengertian yang semestinya. Yaitu bersenggama di luar nikah, baik diikat perkawinan atau tidak, baik dilakukan di ruang umum/pelacuran atau ruang privat.

Selasa, 04/10/2016 15:46 0

Irak

Sempat Berkilah, NATO Akhirnya Akui Taliban Berhasil Kuasai Kunduz

Zabihullah Mujahid menyatakan bahwa saat ini Kunduz berada di bawah kontrol kuat Taliban. “Upaya-upaya tengah dilakukan untuk mengembalikan kehidupan normal di #Kunduz, sehingga semua warga bisa kembali bekerja. Para mujahidin memperlakukan masyarakat dengan baik,” jelas Mujahid.

Selasa, 04/10/2016 15:35 0

Suriah

Dokter Tanpa Batas Kecam Pemboman Rumah Sakit di Aleppo

Lembaga Medicens Sans Frontiers (MSF) atau biasa disebut Dokter Tanpa Batas mengecam keras serangan rezim Suriah dan Rusia terhadap fasilitas medis di Suriah dan Yaman.

Selasa, 04/10/2016 14:42 0

Timur Tengah

Liga Arab: Serangan Rezim Assad di Aleppo termasuk Kejahatan Perang

Liga Arab kembali menyeru masyarakat internasional untuk berpartisipasi untuk menghentikan kampanye pemboman di kota Aleppo.

Selasa, 04/10/2016 14:00 0

Suriah

Pengakuan Mengejutkan Relawan Wanita dalam Barisan Tentara Assad

Para relawan wanita yang bertempur dalam barisan Assad membuat pengakuan mengejutkan terkait kebejatan moral para tentara Suriah.

Selasa, 04/10/2016 13:20 0

Close