... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gelar Mukernas, Jamaah Ansharus Syariah Bangun Kemampuan Perjuangkan Syariat Islam

Foto: Jamaah Ansharus Syariah

KIBLAT.NET, Bekasi – Jamaah Ansharusy Syariah menggelar Musyawarah Kerja Nasional pada Sabtu-Ahad (1-2 Oktober 2016) di Islamic Center, Bekasi. Tema yang diangkat dalam Mukernas kali ini adalah “Membangun Kemauan dan Kemampuan Jama’ah yang Handal dan Kompetitif Dalam Memperjuangkan Syariat Islam.”

Juru bicara Jamah Ansharus Syariah Ustadz Abdurrahim Baasyir menyatakan Mukernas tersebut menghasilkan poin-poin berikut:

Pertama, bahwa bagian dari tuntutan iman seorang Mukmin adalah kesiapan dirinya untuk memperjuangkan tegaknya Islam dan Dienullah (Iqomatuddien). Karena beriqomatuddien adalah merupakan perintah Allah yang dipesankan kepada para Rasul Ulul Azmi. Allah SWT berfirman:

شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَنْ يُنِيبُ (١٣)

Dia telah mensyari´atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. (Qs. Asyuro 42:13)

Kedua, konsep Iqomatuddien yang merupakan bagian dari bentuk ibadah kepada Allah SWT hendaknya dilaksanakan sesuai yang dicontohkan Rasulullah SAW. Dan konsep beliau dalam beriqomatuddien adalah dengan Dakwah dan Jihad fisabilillah yang diamalkan sesuai kondisi dan situasinya yang tepat.

“Dakwah yang dilaksanakan dengan hikmah dan mau’idzah hasanah (Ilmu dan Nasehat) dilengkapi dengan kelembutan serta sabar dan Akhlaqul Karimah sebagai bekal dalam upaya mengajak ummat manusia menuju cahaya Hidayah Allah SWT. Dan kemudian jalan Jihad fisabilillah yang dilaksanakan dengan lisan, harta dan jiwa demi tegaknya Kalimah Allah di Negeri tercinta ini,” ujar Ustad Abdurrahim dalam pers rilis tertulisnya kepada Kiblat.net.

BACA JUGA  Kemenag: Diperlukan Khutbah Jumat yang Relevan dengan Perkembangan Zaman

Jamaah Ansharusy Syariah adalah Jamaah yang diwujudkan untuk upaya Iqomatuddien (menegakkan Dienullah) dengan menjalankan konsep Rasulullah SAW. Dan sebagai salah satu wadah bagi ummat Islam di negeri ini guna ikut bergabung dalam kafilah perjuangan penegakan dienul Islam dalam kehidupan masyarakat negeri ini.

Ditegaskan pula, Jamaah Ansharusy Syariah bukan sebuah kelompok jamaah yang terafiliasi dengan kelompok manapun di belahan dunia, namun Jamaah Ansharusy Syariah adalah bagian dari kesatuan Ummat Islam di dunia ini, membangun persaudaraannya dengan sesama Muslim dimanapun dan apapun latar belakang pemikirannya.

“Hari ini Jamaah Ansharusy Syariah telah selesai melaksanakan Musyawarah Kerja Nasional yang merumuskan Program-program kerja untuk dilaksanakan pada tahun 1438-1440H. Program-program tersebut telah dibahas dan disahkan oleh Amir Jamaah serta Insya Allah siap dilaksanakan oleh jajaran pengurus dan anggota Jamaah Ansharusy Syariah,” sebutnya.

Dalam Musyawarah Kerja Nasional ini, Jamaah Ansharusy Syariah telah melakukan evaluasi dan perbaikan pada berbagai bagian dari program kerja yang selama ini dilaksanakan guna memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh jamaah demi membentuk struktur jamaah yang handal, kompetitif, kokoh dan menghasilkan kinerja terbaik dari para anggotanya sesuai batas kemampuan sebagaimana yang di perintahkan Allah SWT :

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَأَنْفِقُوا خَيْرًا لأنْفُسِكُمْ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan berinfaqlah dengan infaq yang terbaik untuk dirimu. Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung. (Qs. Attaghabun 64:16)

Jamaah Ansharusy Syariah berharap dapat menjadi salah satu elemen umat Islam di Indonesia yang berperan dalam gerak nyata di masyarakat demi mengajak dan mengembalikan kehidupan masyarakat Muslim di negeri ini bukan hanya berkehidupan yang Islami serta diridhoi Allah SWT saja.

BACA JUGA  Fraksi PKS Nilai Keputusan Politik Pemerintah Oligarkis dan Minim Diskusi

Tetapi juga menjadi masyarakat Muslim yang siap dan sadar akan kewajibannya untuk ikut berupaya memperjuangkan tegaknya nilai-nilai Syariat Allah SWT di Bumi Indonesia demi mencapai kehidupan di negeri berkah yang “Baldatun Thayyibatun wa rabbun Ghafuur”.

Terakhir, Jamaah Ansharusy Syariah membuka pintu selebar-lebarnya untuk bekerjasama dengan berbagai lembaga atau elemen ummat Islam di negeri ini, atas dasar ta’awun alal birri wa taqwa, demi tegaknya izzatul Islam wal muslimin dan tanpa tendensi apapun atau kepentingan pribadi sesaat selagi bentuk kerjasama tersebut sesuai dengan nilai-nilai Syariat Islam.

 

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Mahmoud Abbas Hadiri Pemakaman Peres, Hamas: Itu Penghinaan terhadap Bangsa Palestina

Partisipasi presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas dalam pemakaman mantan Perdana Menteri Israel Shimon Peres menuai kritikan tajam dari berbagai kalangan, termasuk Hamas.

Ahad, 02/10/2016 14:31 0

Turki

Turki Perpanjang Operasi Militer di Iraq dan Suriah Hingga 2017

Parlemen Turki menyetujui usulan untuk memperpanjang operasi militer terhadap organisasi teror di negara tetangga Suriah dan Iraq selama satu tahun lagi.

Ahad, 02/10/2016 12:50 0

Suriah

Aksi Solidaritas untuk Aleppo, dari Washington Hingga Copenhagen

Seluruh aksi solidaritas tersebut sama-sama mengusung slogan, "Global Solidarity With The Syirian Revolution".

Ahad, 02/10/2016 10:48 0

Suriah

Persatuan Ulama Dunia Surati Pemimpin Negara Muslim untuk Bantu Allepo

Segara turun tangan memecahkan krisis kemanusiaan ini, mencari inisatif untuk mematahkan blokade kota, mendesak dihentikannya penembakan tanpa pandang buluh,hingga memberikan rasa aman kepada warga sipil, dan menyalurkan makanan dan obat-obatan yang mereka perlukan.

Ahad, 02/10/2016 07:44 0

Artikel

PKI, Agama dan Soviet

Lenin menegaskan, "Sejauh yang partai proletariat sosialis perhatikan, agama bukanlah urusan pribadi. Partai kami adalah sebuah asosiasi perjuangan kelas, pejuang untuk emansipasi kelas pekerja. Asosiasi seperti itu tidak dapat dan tidak harus peduli untuk kurangnya kesadaran kelas, ketidaktahuan dalam bentuk keyakinan agama. Kita menuntut pembinasaan sepenuhnya Gereja sehingga dapat menyingkap kabut religius dengan senjata murni ideologis dan semata-mata ideologi, dengan media dan kata-kata.

Sabtu, 01/10/2016 20:25 0

Rusia

Rusia Kirim Lebih Banyak Jet Tempur ke Suriah

Rusia kembali mengirimkan lebih banyak jet tempur untuk meningkatkan kampanye udara di Suriah yang telah berjalan satu tahun. Jet tempur dilaporkan telah tiba di bandara Khmeimim, timur laut Latakia.

Sabtu, 01/10/2016 18:00 0

Afrika

Tentara Somalia Jadi Target Serangan AS, Washington Dituntut Bertanggung Jawab

Pemerintah Somalia meminta pertanggungjawaban Amerika Serikat atas serangan udara yang telah menewaskan 22 orang. Serangan itu diduga melanda fasilitas militer Galmudug di desa Jehdin, wilayah Mudug utara-tengah Somalia.

Sabtu, 01/10/2016 17:18 0

Munaqosyah

Ulama yang Menjadi Alat Legitimasi bagi Penguasa

Setelah berulang kali mereka gagal menyelewengkan teks-teks syariat, mereka mulai mencoba untuk menyelewengkan pemahaman terhadap nash-nash tersebut. Yaitu dengan cara membuat penafsiran alternatif atau mencari-cari ketergelinciran para ulama guna memberikan warna baru terhadap pemahaman nash syariat yang bertentangan dengan pemahaman salaf.

Sabtu, 01/10/2016 16:30 0

Eropa

Bulgaria Larang Muslimah Memakai Cadar di Tempat Umum

Salah satu negara Eropa kembali menegaskan pelarangan cadar bagi para muslimah. Yang terbaru, parlemen Bulgaria pada hari Jum'at (30/09) menegaskan bahwa cadar atau niqab tidak boleh digunakan di tempat umum.

Sabtu, 01/10/2016 15:52 0

Suriah

Rumah Sakit Bersalin di Aleppo Jadi Target Bom Fosfor

Sebuah bom fosfor putih dijatuhkan di sebuah fasilitas medis di timur Aleppo. Hal ini diungkapkan oleh The Independent Dokter Association (IDA), sebuah organisasi medis Suriah yang fokus menjalankan fasilitas kesehatan di Aleppo. Baik di kota atau desa sekitarnya.

Sabtu, 01/10/2016 14:51 0

Close
CLOSE
CLOSE