... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

1 Tahun Gerakan Subuh Jamaah Nasional, FSLDK Serukan Kebangkitan Islam

Foto: Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus

KIBLAT.NET, Solo – Bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 H, pada Sabtu, (1/10), FSLDK Indonesia telah genap satu tahun menyelenggarakan Gerakan Subuh Jamaah Nasional (GSJN) yang digelar serentak di berbagai titik penjuru Indonesia setiap bulannya.

Gerakan Subuh Jamaah Nasional, atau akrab disingkat GSJN, adalah satu gerakan yang dilakukan untuk menekankan keistiqomahan dalam menjalankan sholat subuh berjamaah, dimulai dari civitas kampus sebagai representasi kaum intelektual di masyarakat.

Tema yang diangkat masih berkaitan dengan tema saat diluncurkannya gerakan pada 25 Oktober 2015, yaitu “Dari Dari Masjid Peradaban Indonesia Bangkit”. Di mana masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi juga menjadi tempat diambilnya keputusan-keputusan besar, tempat para sahabat menimba ilmu, juga tempat dimana musyawarah dan interaksi sosial dilaksanakan pada awal mula Islam berkembang.

GSJN ke-13 kali ini diselenggarakan di 36 titik di Indonesia dengan lebih dari 40 masjid kampus yang ikut serta. Mulai dari Aceh hingga Papua, di antaranya Masjid Kampus Universitas Bangka Belitung, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Gorontalo, STIKES Waluya Mandala Kendari, dan Masjid Besar Salman ITB Bandung.

Jumlah tersebut adalah jumlah terbanyak selama satu tahun penyelenggaraan GSJN. Hadirnya lebih dari 3.000 jamaah dalam GSJN kali ini menunjukkan kembalinya antusiasme jamaah, mengingat terjadi fluktuasi jumlah peserta dari bulan ke bulan. Bahkan ada beberapa peserta dari luar kota turut hadir dalam acara ini meski hujan terjadi di daerah Soloraya.

Pelaksanaan GSJN di Solo sendiri berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 7 juta yang nantinya akan diserahkan kepada Muslim di Palestina melalui Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP).

“Grafik menunjukkan bahwa jumlah peserta/jamaah GSJN di semua masjid penyelenggara terjadi fluktuasi di tiap bulannya selama setahun ini. Tinggi pada awal di-launching-nya, sempat turun, naik lagi di pertengahan, dan saat ini mulai naik lagi. Inilah yang akan tetap kita pantau, keistiqomahan menjadi poin yang harus dimiliki oleh seorang aktivis muslim,” tutur Hanafi Ridwan Dwiatmojo, Ketua FSLDK Indonesia, dalam sambutannya di GSJN yang diselenggarakan di Masjid Nurul Huda UNS.

“Kita berharap suatu saat nanti gerakan Subuh jamaah ini berjalan sebagai sebuah kebiasaan, sebagai sarana mencetak para pemimpin besar bangsa ini. Mohon doa kepada semuanya agar 15 hingga 20 tahun ke depan kami siap memimpin Indonesia. Saatnya berproses untuk bangkit. Bangkit untuk berjaya, membangun peradaban Indonesia,” tekan Hanafi atas gerakan ini dalam sambutannya.

Hanafi menambahkan bahwa saat ini dibutuhkan dukungan dari para asatidz, rektor, pimpinan perguruan tinggi, dan umat Islam pada umumnya. Upaya pendekatan kepada ormas keislaman, pemerintah, komunitas, dan takmir masjid-masjid di luar kampus terus dilakukan oleh FSLDK Indonesia dan FSLDK di masing-masing daerah agar kegiatan sholat Subuh berjamaah bisa turut dilaksanakan sehari-harinya di luar masjid kampus.

“Kegiatan GSJN ini merupakan salah satu cara kita untuk menguatkan iman. Karena sering kali kita dihadapkan oleh aktivitas dunia yang melenakan. Untuk menyiapkan kita menjadi generasi yang membanggakan, iman kita perlu ditingkatkan,” ujar Dr. M. Muchtarom pada pembukaan GSJN di Masjid Nurul Huda UNS.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Mahmoud Abbas Hadiri Pemakaman Peres, Hamas: Itu Penghinaan terhadap Bangsa Palestina

Partisipasi presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas dalam pemakaman mantan Perdana Menteri Israel Shimon Peres menuai kritikan tajam dari berbagai kalangan, termasuk Hamas.

Ahad, 02/10/2016 14:31 0

Turki

Turki Perpanjang Operasi Militer di Iraq dan Suriah Hingga 2017

Parlemen Turki menyetujui usulan untuk memperpanjang operasi militer terhadap organisasi teror di negara tetangga Suriah dan Iraq selama satu tahun lagi.

Ahad, 02/10/2016 12:50 0

Suriah

Aksi Solidaritas untuk Aleppo, dari Washington Hingga Copenhagen

Seluruh aksi solidaritas tersebut sama-sama mengusung slogan, "Global Solidarity With The Syirian Revolution".

Ahad, 02/10/2016 10:48 0

Suriah

Persatuan Ulama Dunia Surati Pemimpin Negara Muslim untuk Bantu Allepo

Segara turun tangan memecahkan krisis kemanusiaan ini, mencari inisatif untuk mematahkan blokade kota, mendesak dihentikannya penembakan tanpa pandang buluh,hingga memberikan rasa aman kepada warga sipil, dan menyalurkan makanan dan obat-obatan yang mereka perlukan.

Ahad, 02/10/2016 07:44 0

Artikel

PKI, Agama dan Soviet

Lenin menegaskan, "Sejauh yang partai proletariat sosialis perhatikan, agama bukanlah urusan pribadi. Partai kami adalah sebuah asosiasi perjuangan kelas, pejuang untuk emansipasi kelas pekerja. Asosiasi seperti itu tidak dapat dan tidak harus peduli untuk kurangnya kesadaran kelas, ketidaktahuan dalam bentuk keyakinan agama. Kita menuntut pembinasaan sepenuhnya Gereja sehingga dapat menyingkap kabut religius dengan senjata murni ideologis dan semata-mata ideologi, dengan media dan kata-kata.

Sabtu, 01/10/2016 20:25 0

Rusia

Rusia Kirim Lebih Banyak Jet Tempur ke Suriah

Rusia kembali mengirimkan lebih banyak jet tempur untuk meningkatkan kampanye udara di Suriah yang telah berjalan satu tahun. Jet tempur dilaporkan telah tiba di bandara Khmeimim, timur laut Latakia.

Sabtu, 01/10/2016 18:00 0

Somalia

Tentara Somalia Jadi Target Serangan AS, Washington Dituntut Bertanggung Jawab

Pemerintah Somalia meminta pertanggungjawaban Amerika Serikat atas serangan udara yang telah menewaskan 22 orang. Serangan itu diduga melanda fasilitas militer Galmudug di desa Jehdin, wilayah Mudug utara-tengah Somalia.

Sabtu, 01/10/2016 17:18 0

Munaqosyah

Ulama yang Menjadi Alat Legitimasi bagi Penguasa

Setelah berulang kali mereka gagal menyelewengkan teks-teks syariat, mereka mulai mencoba untuk menyelewengkan pemahaman terhadap nash-nash tersebut. Yaitu dengan cara membuat penafsiran alternatif atau mencari-cari ketergelinciran para ulama guna memberikan warna baru terhadap pemahaman nash syariat yang bertentangan dengan pemahaman salaf.

Sabtu, 01/10/2016 16:30 0

Eropa

Bulgaria Larang Muslimah Memakai Cadar di Tempat Umum

Salah satu negara Eropa kembali menegaskan pelarangan cadar bagi para muslimah. Yang terbaru, parlemen Bulgaria pada hari Jum'at (30/09) menegaskan bahwa cadar atau niqab tidak boleh digunakan di tempat umum.

Sabtu, 01/10/2016 15:52 0

Suriah

Rumah Sakit Bersalin di Aleppo Jadi Target Bom Fosfor

Sebuah bom fosfor putih dijatuhkan di sebuah fasilitas medis di timur Aleppo. Hal ini diungkapkan oleh The Independent Dokter Association (IDA), sebuah organisasi medis Suriah yang fokus menjalankan fasilitas kesehatan di Aleppo. Baik di kota atau desa sekitarnya.

Sabtu, 01/10/2016 14:51 0