... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Khotib Jumat Poso Seru Umat Islam Bantu Muslim Suriah

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Poso – Jumat, 30/09/2016 beberapa Khotib di kota Poso menyerukan peduli dan simpati terhadap muslim Suriah . Hal ini disampaikan serentak di beberapa masjid di kota Poso dan Poso Pesisir. Para khotib menyampaikan keutamaan ukhuwah islamiyah dan pentingnya saling tolong menolong sesama kaum muslimin.

Sebagaimana diketahui beberapa pekan terakhir Kota Aleppo dibombardir pasukan Bashar Asad sehingga mengakibatkan ratusan warga sipil anak-anak dan wanita terbunuh. Membuat para dai kota Poso serentak menyampaikan kepedulian mereka lewat mimbar khotib jumat.

Salah satu khotib di Masjid Arrahim kelurahan Moengko Poso Kota menyampaikan gambaran betapa menderitanya kaum muslimin di Suriah terkhusus Aleppo yang telah dibombardir oleh rezim Assad dan sekutunya terutama Rusia sejak tahun 2011 hingga kini.

“Jamaah shalat jumat yang dimuliakan Allah , saat ini kita yang hidup di Indonesia masih merasakan aman melaksanakan ibadah kepada Allah, tidur malam masih nyeyak tapi hal ini berbeda dengan saudara-saudara kita di Suriah yang yang selalu merasa was-was hingga tidurnya tidak lagi nyenyak dan nyawapun terancam bisa sewaktu – waktu terkena peluru atau bom,” ungkap Ustadz Abu Zahra khotib Jumat di Masjid Arrahim Poso

Selain itu di Masjid Nurul Imam Pasar Lama Poso juga disampaikan tentang empat point tuntutan ukhuwah islamiyah yaitu yang pertama mencintai saudaranya selama diatas jalan keimanan, kedua menolong saudaranya yang terdzalimi, kerjasama dalam kebaikan dan taqwa dan mendoakan kebaikan dan meminta ampun setelah kematian saudaranya.

BACA JUGA  Kemenag Sebut Pendataan Majelis Taklim Untuk Permudah Pembinaan

“Di masjid Nurul Iman Pasar lama, ana sampaikan tentang tuntutan ukhuwah islamiyah yaitu mencintai saudaranya selama diatas jalan keimanan, menolong saudaranya yang terzalimi, nah di poin ini ana kupas dan tekankan tentang keutamaan membantu saudara muslim kita di suriah,” ungkap Ustadz Ridwan Fadhil

Diakhir khutbah para khotib mendoakan dan bermohon meminta kepada Allah kemenangan dan pertolongan untuk para mujahidin dan kaum muslimin dinegeri syam khususnya di Suriah.

Seruan untuk para khatib Jumat menyampaikan pembantaian umat Islam di Aleppo sebelumnya disampaikan oleh Persatuan Ulama Dunia (IUMS). Sekjen IUMS, Syaikh DR. Ali Qara Daghi memaparkan bahwa pentingnya peran ulama, khatib, dan para imam dalam menyelamat umat Islam dari kezaliman dan penindasan para penguasa.

“Teruntuk para ulama, hendaklah berada di barisan terdepan umat yang marah, dan mendesak agar diangkatnya kezhaliman dan penindasan di Suriah sekitarnya,” tegas Syaikh Qara Daghi.

Para khatib dihimbau mengkhususkan hari Jum’at esok, untuk menceritakan perjuangan dan ketabahan rakyat Suriah dalam menghadapi pembantaian Bashar dan sekutunya. Di hari yang sama, Majelis Islam Suriah menyerukan diselenggarakannya aksi solidaritas massal guna menentang pembantaian sipil Aleppo yang digelar serempak di seluruh dunia.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Mengenal Lahirnya Komunisme di Indonesia (Bag.2): Sarekat Islam tanpa Islam?

Pengaruh kiri pada Sarekat Islam memang tak bisa dipungkiri. Perseteruan kedua kubu tidak bisa tidak juga saling mempengaruhi dan mencapai kompromi. Hubungan tarik-menarik antara kedua kubu ini tetap dijaga oleh Tjokroaminoto. Tjokroaminoto adalah sosok pemersatu di Sarekat Islam. Baginya kedua kubu ini tetap harus dijembatani oleh dirinya. Pada kongres nasional kedua Sarekat Islam tahun 1918, Tjokroaminoto mengakomodir kubu kiri dengan mengangkat Semaoen sebagai komisaris CSI dan Dharsono, sebagai propagandis resmi CSI.

Jum'at, 30/09/2016 19:14 0

Artikel

Mengenal Lahirnya Komunisme di Indonesia (Bag.1): Berawal dari Sarekat Islam

SI Semarang memiliki sikap yang berseberangan dengan CSI sejak Semaoen, memegang kendali Sarekat Islam Semarang. Semaoen, yang lahir tahun 1899, awalnya adalah seorang juru tulis di Staatsspoor. Ia kemudian bergabung dengan SI Surabaya tahun 1914 dan terpilih menjadi sekertarisnya. Tahun 1915, Semaoen bertemu dengan Sneevliet dan segera tertarik dengan aktivitasnya.

Jum'at, 30/09/2016 17:07 1

Manhaj

Hijrah Nabi dan Potret Ukhuwah Islamiyah

Setiap memasuki tahun baru hijriah, kita selalu diingatkan dengan kisah hijrahnya Nabi SAW dan para sahabatnya ke kota Madinah. Ada beragam hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa tersebut. Salah satunya tentang bagaimana Rasulullah SAW menunjukkan ikatan persaudaraan di dalam Islam.

Jum'at, 30/09/2016 17:05 0

Amerika

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Dalang Kudeta Turki

Penkhotbah Turki yang tinggal di Amerika Serikat, Fethullah Gulen, mengeluarkan pernyataan mengejutkan terkait percobaan kudeta Turki bulan Juli lalu. Gulen mengatakan dalang di balik kudeta adalah presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Jum'at, 30/09/2016 16:28 0

Suriah

Karena Seringnya Pemboman, Anak-Anak di Aleppo Harus Bersekolah di Bunker

Beberapa murid, seperti Nidal al-Aboud (13 th) dengan terpaksa harus bersekolah di bawah tanah (bunker). Bangunan sekolah Nidal telah hancur, sama seperti ribuan bangunan lainnya di seluruh Suriah sejak perang dimulai lima setengah tahun lalu.

Jum'at, 30/09/2016 14:51 0

Yaman

Tentara Yaman dan Jet Koalisi Saudi Gempur Pemberontak Hutsi di Taiz

Tentara dan Angkatan Perlawanan Rakyat Yaman melancarkan serangan terhadap pemberontak Syiah Hutsi dan sekutunya, pengikut Ali Abdullah Saleh di Taiz.

Jum'at, 30/09/2016 13:50 0

Analisis

AS Perlu Tahu, Masalah Iraq Lebih Besar daripada ISIS

Kegagalan Iraq dalam mengatasi tiga di antara sejumlah tantangan negara yang paling sulit menyebabkan kelompok-kelompok perlawanan seperti ISIS mampu mendestabilisasi negara. Kombinasi antara sistem politik sektarian, hilangnya kedaulatan ke tangan asing, dan korupsi akut yang merajalela merupakan masalah yang tak terselesaikan pasca era invasi AS ke negara itu. Banyak yang beranggapan bahwa persoalan tersebut berhubungan langsung dengan kebijakan invasi militer Amerika itu sendiri.

Jum'at, 30/09/2016 13:16 0

News

Ini Komentar Taliban Untuk Debat Calon Presiden Amerika Serikat

"Hal utama yang kita ingin, yang harus dilakukan presiden Amerika Serikat berikutnya adalah belajar dari kesalahan para pendahulu mereka. Mengapa mereka dibenci seluruh dunia?...

Jum'at, 30/09/2016 11:24 0

Arab Saudi

Kongres Tolak Veto Obama, Arab Saudi Bereaksi

Para keluarga korban serangan 11 September menuding Arab Saudi mendukung para pembajak pesawat yang menghantam gedung WTC. Namun Arab Saudi menolak tudingan itu.

Jum'at, 30/09/2016 11:05 0

Irak

Pemikir Barat: Jangan Kalahkan ISIS Dulu

KIBLAT.NET – Jangan kalahkan ISIS dulu. Sebab ketika ISIS dikalahkan, etnis dan warga Irak akan...

Jum'at, 30/09/2016 10:32 0

Close