... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Intai Jihadis, AS Bangun Pangkalan Drone di Niger

Foto: Pesawat tanpa awak (Drone)/Ilustrasi

KIBLAT.NET, Niger – Amerika Serikat mengumumkan, Jumat (30/09), membangun pangkalan pesawat tanpa awak senilai $ 100 juta di Kota Provinsi Agadez, Niger Tengah. Keberadaan pangkalan ini untuk mengintai para jihadis di wilayah Afrika.

Komando militer AS di wilayah Afrika, ketika dikonfirmasi Reuters, mengklaim pembangunan pangkalan pesawat pengintai itu atas permintaan dan koordinasi dengan pemerintah Niger. Keberadaan pangkalan udara ini dikatakan hanya sementara.

Militer AS menjelaskan, pangkalan ini berfungsi untuk mengumpulkan informasi dan pengintaian yang bertujuan mencegah ancaman keamanan dari wilayah Sahara dan sekitar Chad. Pembangunan ini diperkirakan menelan biaya $ 100 juta dan mungkin lebih.

Niger merupakan sekutu utama Barat dalam operasi melawan jihadis di wilayah Afrika Barat. Sejumlah tentara AS ditempat di Niger untuk kepentingan tersebut.

Sebagaimana diketahui, terdapat sejumlah kelompok jihadis yang aktif di sekitar Niger. Barat menggambarkan, kelompok yang paling mengancam gerilyawan yang berafiliasi dengan Al-Qaidah dan Boko Haram, yang berbaiat ISIS.

Kedua kelompok itu menjadi ancaman pemerintah setempat dan Barat. Hal itu karena mereka sepakat menyerang kepentingan Barat di Afrika.

Reporter: Suhli El-Izzi
Sumber: Reuters Arabic

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Mengenal Lahirnya Komunisme di Indonesia (Bag.3): Lahirnya Partai Komunis Indonesia

Kongres PKI di bulan Desember tersebut memang sangat dipengaruhi sikap Tan Malaka yang ingin bekerjasama dengan gerakan Islam. Selain itu, kongres ini juga membahas kemungkinan PKI ikut serta dalam Volksraad, suatu opsi yang beberapa tahun lalu mereka cela habis-habisan kepada Sarekat Islam.

Sabtu, 01/10/2016 10:12 1

Indonesia

Khotib Jumat Poso Seru Umat Islam Bantu Muslim Suriah

Sebagaimana diketahui beberapa pekan terakhir Kota Aleppo dibombardir pasukan Bashar Asad sehingga mengakibatkan ratusan warga sipil anak-anak dan wanita terbunuh. Membuat para dai kota Poso serentak menyampaikan kepedulian mereka lewat mimbar khotib jumat.

Sabtu, 01/10/2016 07:37 0

Artikel

Mengenal Lahirnya Komunisme di Indonesia (Bag.2): Sarekat Islam tanpa Islam?

Pengaruh kiri pada Sarekat Islam memang tak bisa dipungkiri. Perseteruan kedua kubu tidak bisa tidak juga saling mempengaruhi dan mencapai kompromi. Hubungan tarik-menarik antara kedua kubu ini tetap dijaga oleh Tjokroaminoto. Tjokroaminoto adalah sosok pemersatu di Sarekat Islam. Baginya kedua kubu ini tetap harus dijembatani oleh dirinya. Pada kongres nasional kedua Sarekat Islam tahun 1918, Tjokroaminoto mengakomodir kubu kiri dengan mengangkat Semaoen sebagai komisaris CSI dan Dharsono, sebagai propagandis resmi CSI.

Jum'at, 30/09/2016 19:14 0

Indonesia

45 Jemaah Haji Ilegal Masih Ditahan di Filipina

Para korban tersebut, lanjut Lukman, adalah mereka yang tidak tahu jika perbuatan menggelapkan identitas merupakan sebuah tindakan ilegal. Kendati begitu, terdapat juga kemungkinan dari unsur jamaah yang bukan sebagai korban dan tahu perbuatan mereka ilegal serta tetap melakukan penggelapan paspor.

Jum'at, 30/09/2016 18:49 0

Artikel

Mengenal Lahirnya Komunisme di Indonesia (Bag.1): Berawal dari Sarekat Islam

SI Semarang memiliki sikap yang berseberangan dengan CSI sejak Semaoen, memegang kendali Sarekat Islam Semarang. Semaoen, yang lahir tahun 1899, awalnya adalah seorang juru tulis di Staatsspoor. Ia kemudian bergabung dengan SI Surabaya tahun 1914 dan terpilih menjadi sekertarisnya. Tahun 1915, Semaoen bertemu dengan Sneevliet dan segera tertarik dengan aktivitasnya.

Jum'at, 30/09/2016 17:07 1

Manhaj

Hijrah Nabi dan Potret Ukhuwah Islamiyah

Setiap memasuki tahun baru hijriah, kita selalu diingatkan dengan kisah hijrahnya Nabi SAW dan para sahabatnya ke kota Madinah. Ada beragam hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa tersebut. Salah satunya tentang bagaimana Rasulullah SAW menunjukkan ikatan persaudaraan di dalam Islam.

Jum'at, 30/09/2016 17:05 0

Indonesia

IIBF 2016: Kedubes Saudi Arabia Bagikan Buku dan Mushaf Al-Qur’an Gratis

Selain buku, mushaf Al-Qur'an dengan tampilan lux terjemahan dan non terjemah juga bisa didapatkan dengan cuma-Cuma. Pengelola stand juga menyediakan penulis khath (khaththath) bagi para pengunjung yang namanya ingin ditulis dalam kaligrafi Arab yang indah. Kaligrafi nama ditulis dalam selembar kertas khusus yang kemudian bisa dibawa pulang oleh pengunjung.

Jum'at, 30/09/2016 14:15 0

Indonesia

Prof. Shalih bin Abdullah Asy-Syatsri: Bahasa Arab Sumber Memahami Islam

Pakar bahasa Arab yang juga dosen Universitas King Khalid, Prof. Dr. Shalih bin Abdullah Asy-Syatsri, menyatakan sangat penting bagi umat Islam untuk mempelajari dan memahami bahasa Arab.

Jum'at, 30/09/2016 14:09 0

Analisis

AS Perlu Tahu, Masalah Iraq Lebih Besar daripada ISIS

Kegagalan Iraq dalam mengatasi tiga di antara sejumlah tantangan negara yang paling sulit menyebabkan kelompok-kelompok perlawanan seperti ISIS mampu mendestabilisasi negara. Kombinasi antara sistem politik sektarian, hilangnya kedaulatan ke tangan asing, dan korupsi akut yang merajalela merupakan masalah yang tak terselesaikan pasca era invasi AS ke negara itu. Banyak yang beranggapan bahwa persoalan tersebut berhubungan langsung dengan kebijakan invasi militer Amerika itu sendiri.

Jum'at, 30/09/2016 13:16 0

Video Kajian

Sunnah Membaca Surat Qof Dalam Sholat dan Khutbah Jum’at [ Ust. A. Zain An Najah MA]

KIBLAT.NET – Sholat jumat merupakan sebuah kewajiban pekanan bagi seluruh muslim yang sudah baligh. Masjid...

Jum'at, 30/09/2016 10:01 0

Close