... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Hijrah Nabi dan Potret Ukhuwah Islamiyah

Foto: Hijrah

KIBLAT.NET – Setiap memasuki tahun baru hijriah, kita selalu diingatkan dengan kisah hijrahnya Nabi SAW dan para sahabatnya ke kota Madinah. Ada beragam hikmah yang bisa kita petik dari peristiwa tersebut. Salah satunya tentang bagaimana Rasulullah SAW menunjukkan ikatan persaudaraan di dalam Islam.

Sebagaimana disebutkan dalam sejarah, setibanya Rasulullah SAW di Madinah, yang pertama kali beliau lakukan setelah membangun masjid adalah mempersaudarakan antara orang-orang Muhajirin dan Anshar. Persaudaraan tersebut berlangsung di rumah Anas bin Malik. Mereka yang dipersaudarakan oleh Rasulullah berjumlah tujuh puluh orang. Separuh dari golongan Muhajirin dan separuhnya lagi dari golongan Anshar.

Beliau mempersaudarakan para sahabat atas dasar saling bantu membantu dan bahu membahu. Bahkan sampai saling mewarisi ketika ada yang meninggal dunia. Padahal tidak ada hubungan darah di antara mereka. Keadaan seperti ini pun terus berlangsung hingga terjadinya peristiwa Badar. Yakni ketika Allah Ta’ala menurunkan firman-Nya:

وَأُولُو الأرْحَامِ بَعْضُهُمْ أَوْلَى بِبَعْضٍ فِي كِتَابِ اللَّهِ

“Dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris mewarisi) di dalam Kitab Allah.” (QS. Al-Ahzab: 6)

Setelah itu, hak waris mewarisi dikembalikan lagi kepada asas pertalian darah saja, bukan karena adanya ikatan persaudaraan. (Zadul Ma’ad, III/63)

Baca halaman selanjutnya: Potret Persaudaraan Para...

Halaman Selanjutnya 1 2 3
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Dalang Kudeta Turki

Penkhotbah Turki yang tinggal di Amerika Serikat, Fethullah Gulen, mengeluarkan pernyataan mengejutkan terkait percobaan kudeta Turki bulan Juli lalu. Gulen mengatakan dalang di balik kudeta adalah presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Jum'at, 30/09/2016 16:28 0

Suriah

Karena Seringnya Pemboman, Anak-Anak di Aleppo Harus Bersekolah di Bunker

Beberapa murid, seperti Nidal al-Aboud (13 th) dengan terpaksa harus bersekolah di bawah tanah (bunker). Bangunan sekolah Nidal telah hancur, sama seperti ribuan bangunan lainnya di seluruh Suriah sejak perang dimulai lima setengah tahun lalu.

Jum'at, 30/09/2016 14:51 0

Indonesia

IIBF 2016: Kedubes Saudi Arabia Bagikan Buku dan Mushaf Al-Qur’an Gratis

Selain buku, mushaf Al-Qur'an dengan tampilan lux terjemahan dan non terjemah juga bisa didapatkan dengan cuma-Cuma. Pengelola stand juga menyediakan penulis khath (khaththath) bagi para pengunjung yang namanya ingin ditulis dalam kaligrafi Arab yang indah. Kaligrafi nama ditulis dalam selembar kertas khusus yang kemudian bisa dibawa pulang oleh pengunjung.

Jum'at, 30/09/2016 14:15 0

Indonesia

Prof. Shalih bin Abdullah Asy-Syatsri: Bahasa Arab Sumber Memahami Islam

Pakar bahasa Arab yang juga dosen Universitas King Khalid, Prof. Dr. Shalih bin Abdullah Asy-Syatsri, menyatakan sangat penting bagi umat Islam untuk mempelajari dan memahami bahasa Arab.

Jum'at, 30/09/2016 14:09 0

Yaman

Tentara Yaman dan Jet Koalisi Saudi Gempur Pemberontak Hutsi di Taiz

Tentara dan Angkatan Perlawanan Rakyat Yaman melancarkan serangan terhadap pemberontak Syiah Hutsi dan sekutunya, pengikut Ali Abdullah Saleh di Taiz.

Jum'at, 30/09/2016 13:50 0

Analisis

AS Perlu Tahu, Masalah Iraq Lebih Besar daripada ISIS

Kegagalan Iraq dalam mengatasi tiga di antara sejumlah tantangan negara yang paling sulit menyebabkan kelompok-kelompok perlawanan seperti ISIS mampu mendestabilisasi negara. Kombinasi antara sistem politik sektarian, hilangnya kedaulatan ke tangan asing, dan korupsi akut yang merajalela merupakan masalah yang tak terselesaikan pasca era invasi AS ke negara itu. Banyak yang beranggapan bahwa persoalan tersebut berhubungan langsung dengan kebijakan invasi militer Amerika itu sendiri.

Jum'at, 30/09/2016 13:16 0

News

Ini Komentar Taliban Untuk Debat Calon Presiden Amerika Serikat

"Hal utama yang kita ingin, yang harus dilakukan presiden Amerika Serikat berikutnya adalah belajar dari kesalahan para pendahulu mereka. Mengapa mereka dibenci seluruh dunia?...

Jum'at, 30/09/2016 11:24 0

Arab Saudi

Kongres Tolak Veto Obama, Arab Saudi Bereaksi

Para keluarga korban serangan 11 September menuding Arab Saudi mendukung para pembajak pesawat yang menghantam gedung WTC. Namun Arab Saudi menolak tudingan itu.

Jum'at, 30/09/2016 11:05 0

Irak

Pemikir Barat: Jangan Kalahkan ISIS Dulu

KIBLAT.NET – Jangan kalahkan ISIS dulu. Sebab ketika ISIS dikalahkan, etnis dan warga Irak akan...

Jum'at, 30/09/2016 10:32 0

Video Kajian

Sunnah Membaca Surat Qof Dalam Sholat dan Khutbah Jum’at [ Ust. A. Zain An Najah MA]

KIBLAT.NET – Sholat jumat merupakan sebuah kewajiban pekanan bagi seluruh muslim yang sudah baligh. Masjid...

Jum'at, 30/09/2016 10:01 0

Close